Piala Walikota Surabaya 2022 Dibatalkan

0
39

Debatbola.com – Dalam rangka mengisi jeda sebelum dimulainya musim baru, banyak beberapa pihak yang mengadakan kompetisi pramusim. Salah satunya Pemkot Surabaya yang sudah menjadwalkan kompetisi Piala Walikota Surabaya 2022. Kompetisi tersebut yang sekaligus dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya ke-729.

Pertandingan dalam kompetisi Piala Walikota Surabaya 2022 merupakan salah kompetisi pramusim yang ditunggu. Namun sayang sekali kompetisi tersebut harus dibatalkan meskipun perencanaannya sudah matang. Pembatalan itu tentu membuat kecewa terutama untuk supporter yang sudah menunggu klubnya berlaga.

Harus Dibatalkan
Hari jadi kota Surabaya tahun 2022 ini, rencananya akan diisi oleh kompetisi salah satunya dalam bidang olahraga sepak bola. Kompetisi tersebut menjadi salah bagian dari acara peringatan HJKS ke-729. Pertandingan bertajuk Piala Walikota Surabaya 2022 itu akan dilaksanakan pada bulan Juni nanti.

Rencananya, akan ada 4 klub yang semuanya berasal dari Liga 1 yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Klub yang dimaksud yaitu Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, Persis Solo serta Bali United. Keempat klub tersebut dijadwalkan akan bertanding dari tanggal 4 sampai 9 Juni mendatang.

Diantara 4 klub tersebut, Persebaya yang akan menjadi tuan rumah di Piala Walikota Surabaya. Karena Persebaya menjadi tuan rumah, Stadion Gelora Bung Tomo kemudian dipersiapkan menjadi lokasi pertandingan. Semakin dekat dengan tanggal yang telah ditentukan, kabarnya persiapan sudah mulai rampung.

Menjelang hari dimulainya turnamen, pihak penyelenggara justru memberikan pengumuman yang mengejutkan. Turnamen yang pelaksanaannya tinggal menghitung hari tersebut terpaksa dibatalkan oleh pihak penyelenggara. Kabarnya ada alasan teknis yang membuat Piala Walikota Surabaya tersebut tidak bisa dilaksanakan.

Amir Burhanudin selalu wakil ketua dari Asprov PSSI Jatim adalah pihak yang mengabarkan pembatalan turnamen tersebut. Menurut Amir, pembatalan tersebut dikarenakan alasan teknis yaitu berdekatan dengan turnamen pramusim yang dijadwalkan oleh PSSI. Sebagai pihak yang bertanggung jawab, Amir juga menyampaikan maaf pada Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Pelaksanaan Piala Walikota Surabaya tersebut memang berdekatan dengan jadwal turnamen pramusim yang diselenggarakan oleh PSSI. Sejak beberapa waktu lalu, PSSI telah menjadwalkan adanya Piala Presiden 2022 yang diselenggarakan tanggal 11 Juni. Turnamen tersebut pastinya juga diikuti 4 klub peserta Piala Walikota Surabaya.

Karena waktunya yang sangat mepet, pihak penyelenggara memilih membatalkan acara di Surabaya itu. Langkah tersebut diambil agar keempat klub itu bisa fokus dalam turnamen Piala Presiden 2022. Belum lagi Piala Presiden tahun ini digunakan sebagai persiapan Liga 1 musim 2022-2023.

Pertemuan Paling Ditunggu Harus Tertunda
Dalam turnamen Piala Walikota Surabaya tahun ini, sebenarnya ada satu pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu. Laga antara Persebaya dengan PSIS Semarang sudah sangat ditunggu terutama oleh para supporter Bajul Ijo. Pasalnya dalam skuad PSIS ada Taisei Marukawa dan Alie Sesay.

Seperti yang diketahui Taisei Marukawa dan Alie Sesay dulunya merupakan legiun asing Persebaya. Kini kedua pemain tersebut telah pindah ke PSIS Semarang di bursa transfer kemarin. Pertandingan di Piala Walikota Surabaya seharusnya menjadi laga pertama dengan kedua mantan pemainnya itu.

Kepindahan Taisei Marukawa dan Alie Sesay memang sempat membuat heboh beberapa waktu lalu. Terutama kepindahan Marukawa yang tiba-tiba dan tepat setelah Liga 1 musim kemarin berakhir. Sontak Marukawa mendapat cemoohan para Bonek karena kecewa dengan pilihan pemain asal Jepang tersebut.

Pertandingan di Piala Walikota Surabaya seharusnya menjadi kepulangan perdana kedua pemain itu ke Kota Surabaya. Marukawa dan Sesay akan melawan klub yang membesarkan namanya untuk pertama kali. Namun karena turnamen tersebut dibatalkan, otomatis kunjungan kembali Marukawa dan Sesay juga harus tertunda.

Piala Walikota Surabaya memang harus dibatalkan, namun pihak penyelenggara berjanji akan kembali menyelenggarakan turnamen tersebut. Turnamen Piala Walikota Surabaya akan diatur ulang jadwalnya meskipun bukan dalam event HJKS. Kemungkinan turnamen tersebut akan dimulai dalam rangka persiapan Stadion GBU dalam event Piala Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here