Piala Presiden 2022 Siap Digelar di Jawa Tengah

0

Debatbola.com – Setelah sekian lama, akhirnya Piala Pramusim yang memang ditunggu-tunggu sudah ada di depan mata. PT. LIB sudah mengumumkan secara resmi pelaksanaan Piala Pramusim yang kini dinamai Piala Presiden 2022 tersebut. Bahkan lokasi dari pelaksanaan kompetisi tersebut juga sudah ditentukan.

Sesuai dengan perkiraan, Piala Presiden 2022 akan dilaksanakan di Jawa Tengah tepatnya kota Solo. Setidaknya ada 2 Stadion yang sudah ditentukan menjadi lokasi dari turnamen tersebut. Namun rupanya ada yang kurang setuju dengan pemilihan lokasi tersebut dan mengirimkan kritik pada PSSI.

Telah Siap Digelar
Sebelumnya, PSSI dan PT. LIB telah memberi bocoran jika kompetisi pramusim akan dilaksanakan sebelum Liga utama berjalan. Sedangkan untuk lokasinya, Pulau Jawa terpilih sebagai lokasi dari kompetisi yang akan berjalan sebentar lagi. Berdasarkan pengumuman yang keluar, kota Solo menjadi tuan rumah bagi kompetisi pramusim tersebut.

Baru-baru ini Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka telah meresmikan kota Solo sebagai host Piala Presiden 2022. Selaku Walikota, Gibran menyambut dengan baik adanya kompetisi pramusim tersebut. Namun untuk jumlah tim yang akan ikut dalam Piala Presiden 2022, masih belum diketahui.

PSSI dan PT. LIB juga telah memilih dua stadion besar di Jawa Tengah untuk menjadi lokasi pertandingan di kompetisi tersebut. Stadion Manahan terpilih sebagai tuan rumah dengan satu lagi stadion tambahan yaitu Jatidiri. Saat ini, tim pelaksanaan kompetisi Piala Presiden 2022 tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Penunjukan Stadion Manahan sebagai tuan rumah dari Piala Presiden rupanya bukanlah pertama kalinya. Pada tahun 2018 lalu, Stadion Manahan juga terpilih menjadi host dari seri kompetisi Piala Presiden tersebut. Saat itu, kompetisi dimenangkan oleh Persija Jakarta dan Bali United sebagai runner up.

Berdasarkan keterangan dari Gibran, pembukaan kompetisi Piala Presiden akan dilaksanakan di Stadion Jatidiri. Sedangkan khusus untuk penutupan, akan dilaksanakan di Stadion Manahan. Namun Gibran masih belum bisa memastikan bagaimana detail dari upacara pembukaan kompetisi pramusim tersebut.

Lebih lanjut Gibran mengatakan jika pelaksanaan dari Piala Presiden 2022 tersebut tidak akan mengganggu berjalannya Piala Walikota Solo. Namun harus ada pembicaraan lanjutan kembali mengenai kompetisi lokal tersebut agar tidak berbenturan dengan Piala Presiden. Meskipun begitu, pelaksanaan Piala Walikota Solo akan dilaksanakan sesuai yang telah direncanakan.

Borneo FC Kirimkan Kritik Pedas
Sebelumnya, memang ada wacana dari PT. LIB untuk melakukan kompetisi pramusim tersebut di luar Jawa. Kabarnya, Kalimantan menjadi opsi paling kuat jika kompetisi tersebut dilaksanakan selain di Pulau Jawa. Sebagai salah satu tim di Kalimantan, Borneo FC tentu menyambut baik kabar tersebut.

Kini pihak Borneo kembali kecewa karena lagi-lagi penghelatan kompetisi pramusim tersebut dilakukan di Pulau Jawa. Bahkan Dandri Dauri selaku manajer klub Borneo menanggapi dengan negatif kabar tersebut. Menurutnya Panpel Piala Presiden seharusnya tidak selalu menyelenggarakan event di Pulau Jawa dan Bali saja.

Borneo FC kabarnya ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah di Piala Presiden tahun ini. Hal tersebut dikarenakan masyarakat daerah seperti di Kalimantan membutuhkan hiburan besar seperti kompetisi tersebut. Kompetisi tersebut juga membutuhkan suasana baru agar tidak membuat bosan penontonnya.

Lebih lanjut Dandri Dauri juga mengatakan jika Kalimantan Timur selaku calon ibukota baru memiliki stadion besar. Tidak tanggung-tanggung, ada 4 stadion berkapasitas besar yang bisa digunakan sebagai tempat kompetisi tersebut dilaksanakan. Diantara 4 stadion tersebut, Stadion Segiri bahkan baru saja diverifikasi oleh pihak PSSI dan PT. LIB.

Meski telah ajukan diri sebagai tuan rumah di Piala Presiden 2022, nyatanya Borneo FC belum menerima undangan resmi dari kompetisi pramusim itu. Selama ini, pihak Borneo mengetahui hal itu dari informasi yang beredar di media. Namun Borneo berharap kompetisi pramusim itu tetap berjalan karena klub tersebut sudah melakukan persiapan.

Seperti yang diketahui, Piala Presiden pertama kali dihelat pada tahun 2015 lalu dengan Persib sebagai pemenang pertamanya. Saat ini Arema yang memegang status sebagai juara bertahan dan sudah menang sebanyak dua kali. Sangat menarik untuk dilihat siapa yang akan memenangkan kompetisi tersebut di musim ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version