Piala Presiden 2022 PSM Makassar Menang Lawan Arema FC, Berikut Catatan Pentingnya

0
28

Debatbola.com – PSM Makassar berhasil menang di laga perdana Grup D Piala Presiden 2022. Hasil tersebut merupakan langkah awal mencapai pemimpin klasemen grup yang akan lolos di babak selanjutnya. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang bisa diambil dari kemenangan PSM Makassar terhadap Arema FC Kemarin

Pelatih Memuji Reza Arya Pratama
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares memuji performa dari Reza Arya Pratama yang merupakan penjaga gawang PSM Makassar ketika berhadapan dengan Arema FC kemarin malam. Pasalnya pemain tersebut benar-benar berjasa terhadap kemenangan PSM Makassar dari Arema FC.

Arema FC padahal bermain sangat baik dan sering menekan PSM Makassar. Terlebih ketika Arema FC dalam keadaan tertinggal, tuan rumah semakin menggencarkan serangan-serangan mematikannya. Namun hebatnya adalah pertahanan PSM Makassar dan Reza Arya Pratama yang sebagai tembok terakhir PSM Makassar mampu menggagalkan serangan Arema FC.

Bernardo Tavares menjelaskan bahwa serangan Arema FC semakin intens dan sering menciptakan peluang. Akan tetapi penjaga gawang PSM Makassar tampil dengan sangat baik, tercatat dia dua kali menggagalkan arah bola tepat sasaran ke gawang.

Kepemimpinan Wasit Disindir
Dalam waktu yang sama, pelatih PSM Makassar yang kebetulan baru pertama kali berkiprah di dunia sepak bola Indonesia menyindir kepemimpinan wasit. Kala itu Nusur Fadilah yang memimpin jalannya pertandingan memberi keputusan aneh.

Padahal menurutnya juga, dalam pertandingan bisa saja wasit memberikan keputusan yang salah. Namun wasit dalam pertandingan kemarin berkali-kali memberikan keputusan aneh yang merugikan PSM Makassar. Salah satu yang terlihat adalah pemain PSM Makassar dinilai offside ketika mendapat peluang mencetak gol.

Pelatih PSM Makassar juga menambahkan, apabila terdapat VAR akan terlihat jelas bagaimana posisi pemain Arema FC dan PSM Makassar sehingga tidak akan ada keputusan yang kurang tepat. Meskipun menang, pelatih PSM Makassar tetap memberikan penilaian kinerja wasit, karena persoalan ini bukan kalah menang, namun benar dan salah.

Berterima Kasih Kepada Suporter
Terima kasih juga diberikan kepada supporter PSM Makassar. Pasalnya terdapat sekelompok supporter yang meluangkan waktunya dan berkorban tenaga untuk membela klub kesayangan jauh-jauh ke Stadion Kanjuruhan.

Rizky Eka Pratama yang kebetulan mendampingi sang pelatih mengungkapkan bahwa kemenangan tersebut dikarenakan pemain yang bermain baik dan supporter yang memberi semangat. Dirinya juga mewakili seluruh pemain mengucapkan terima kasih kepada supporter PSM Makassar.

Apa yang diucapkan Rizky Eka Pratama ada benarnya. Pasalnya pemain juga akan lebih semangat dan lebih menghargai permainan ketika ada yang rela berkorban waktu tenaga untuk mendukung timnya bertanding. Selain itu supporter dapat memberikan energi positif dalam diri setiap pemain.

Bakat Wiljan Pluim Membawa Kemenangan
Wiljan Pluim merupakan pemain yang sangat berbakat dan menjadi pemain asing paling lama yang berseragam PSM Makassar. Pemain dari Belanda ini sudah membela PSM Makassar sejak tahun 2016. Dengan skillnya yang di atas rata-rata, mantan pemain Willem II ini menjadi salah satu gelandang terbaik di kompetisi Liga 1 Indonesia.

Sejauh ini Wiljan Pluim sudah berlaga lebih dari 129 laga dan berhasil menorehkan 30 gol. Tentu ini merupakan catatan yang termasuk baik bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang. Selama karirnya di PSM Makassar, dirinya pernah berkontribusi membawa PSM Makassar berada di peringkat 2 Liga 1 2018.

Selain itu PSM Makassar pernah meraih trofi Piala Indonesia 2018/2019 berkat kontribusi pemain yang satu ini. Meskipun usianya sudah 33 tahunan, pemain ini masih memiliki kekuatan fisik dan mobilitas yang tinggi. Bahkan sementara ini dirinya menjadi pencetak gol terbanyak di timnya tersebut dengan 7 gol di 30 laga.

Dalam laga kemarin malam, pemain yang satu ini berhasil membobol gawang tuan rumah, Arema FC. Wiljan Pluim mencetak gol dengan cepat pada menit awal babak pertama yang mengubah skor menjadi 1-0. Tanpa gol dari Wiljan Pluim tentu PSM Makassar tidak akan menang lawan Arema FC kemarin malam.

Jadwal Piala Presiden 2022 di Grup D
Grup D sendiri terdiri dari 4 tim yaitu Arema FC, PSM Makassar, Persikabo 1973, dan Persik Kediri. Pertandingan Grup D mempertemukan semua klub dan akan digelar 6 laga di Stadion Kanjuruhan, Malang. Berikut jadwal lengkapnya :

11 Juni 2022 : Arema FC vs PSM Makassar dilaksanakan pukul 20.30 WIB.
12 Juni 2022 : Persikabo 1973 vs Persik Kediri dilaksanakan pukul 16.00 WIB.
15 Juni 2022 : PSM Makassar vs Persikabo 1973 dilaksanakan pukul 16.00 WIB.
15 Juni 2022 : Persik Kediri vs Arema FC dilaksanakan pukul 20.30 WIB.
19 Juni 2022 : PSM Makassar vs Persik Kediri dilaksanakan pukul 16.00 WIB.
19 Juni 2022 : Persikabo 1973 vs Arema FC dilaksanakan pukul 20.30 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here