Piala Asia Keuntungan Indonesia Lawan Tim Kuat Yordania Dan Kuwait

0
102

Debatbola.com – Sebentar lagi Indonesia akan menghadapi Yordania dan Kuwait dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Pasalnya Indonesia berada dalam satu grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal. Banyak sekali keuntungan Indonesia yang akan didapatkan ketika mengalahkan Yordania dan Kuwait di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Peringkat FIFA

Laga antara Indonesia melawan Yordania dan Kuwait dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 dapat meningkatkan peringkat FIFA. Perlu diketahui, saat ini Yordania berada di peringkat 90 FIFA dan Kuwait 143 FIFA. Di sisi lain, Indonesia menempati peringkat 160 FIFA. Apabila dalam laga tersebut Indonesia menang, maka peringkat FIFA Indonesia akan meningkat pesat.

Peringkat FIFA akan sangat penting mengingat salah satu bukti harga diri suatu tim sepak bola di suatu negara. Perkiraan apabila menang melawan kedua negara tersebut, peringkat Indonesia akan naik 10-20 tingkat. Sebagai contoh sederhana ketika dulu Indonesia menang lawan Taiwan, peringkat Indonesia naik 10 tingkat. Padahal Taiwan tidak lebih kuat dari Yordania dan Kuwait.

2. Menjadi Sejarah Baik Indonesia

Kemenangan terhadap Yordania dan Kuwait tentunya akan menjadi sejarah yang baik untuk Indonesia. Pasalnya apabila menang terhadap kedua negara tersebut, Indonesia akan lolos ke Piala Asia setelah terakhir tahun 2004. Kala itu Indonesia berada di satu grup dengan Yaman, Arab Saudi, dan Bhutan.

Sama seperti saat ini, Yordania dan Kuwait merupakan negara dari Asia Barat, satu wilayah dengan Yaman dan Arab Saudi. Kemudian Bhutan sama dengan Nepal yang berasal dari Asia Selatan. Pada tahun 2004 Indonesia berada di bawah Arab Saudi sehingga lolos ke Piala Asia 2004.

3. Aksi Balas Dendam

Sebelumnya Indonesia pernah bertemu Yordania dengan hasil kekalahan telak 1-4. Momen Kualifikasi Piala Asia 2023 tentunya bisa menjadi aksi balas dendam Indonesia terhadap Yordania dan Kuwait. Karena Indonesia selalu mendapat catatan buruk dari kedua negara ini di ajang sepak bola Asia. Apabila menang, tentunya ini menjadi pembuktian harga diri Indonesia.

Meskipun sebelumnya sering kalah dengan tim asal Timur Tengah, namun saat ini Indonesia memiliki kekuatan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Skill dan tingkat kepercayaan diri Indonesia saat ini meningkat. Tentu bukan hal sulit untuk bisa balas dendam atas kekalahan Timnas Indonesia sebelumnya. Namun di sisi lain, Yordania dan Kuwait adalah tim yang solid.

4. Bisa Menyesuaikan

Negara-negara di Timur Tengah memiliki gaya permainan yang hampir mirip antara satu dengan lainnya. Dengan sering berhadapan dengan tim kuat asal Asia, tentu ini menjadi keuntungan bagi Indonesia di ajang Piala Asia 2023. Tinggal kedepannya disesuaikan dengan strategi dari Tim Nasional Indonesia.

Kuwait dan Yordania bisa menjadi batu loncat untuk melawan tim lebih berat lagi seperti Arab Saudi. Tim sepak bola Arab Saudi merupakan salah satu tim terkuat di kawasan Asia Barat. Ketika nanti lolos ke Piala Asia 2023, Indonesia sudah bisa menyesuaikan dengan permainan negara kuat di Asia Barat.

5. Memiliki Pelatih Berpengalaman Menang Lawan Tim Asia

Skuad Garuda belum pernah memiliki catatan baik untuk mengalahkan Yordania. Penyebabnya sangat banyak, salah satunya adalah pengalaman pelatih yang dimiliki Indonesia kala itu. Namun sekarang ini, Indonesia memiliki pelatih yang sangat berpengalaman di ajang Piala Asia, yang tentunya belum pernah dimiliki pelatih Indonesia lain.

Shin Tae-yong memiliki pengalaman baik ketika anak didiknya, Korea Selatan U-23 mampu mengalahkan Yordania. Dengan kemenangan tersebut Korea Selatan U-23 mampu menembus perempat final Piala Asia U-23 2016. Tentu ini menjadi salah satu modal penting yang dimiliki Indonesia. Terlebih Shin Tae-yong saat ini mampu membangun tim yang solid.

Dengan pasukan dan pelatih yang dimiliki Indonesia saat ini, bukan tidak mungkin Indonesia dapat memasuki ajang Piala Asia dan memenangkannya. Ini karena Indonesia memiliki pelatih berkelas dan pemain yang banyak bermain di liga luar negeri. Tentu ini akan memberatkan tim-tim Asia menang atas Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here