Phil Foden Pahlawan Kemenangan Man City

0
309

Debatbola.com – Sempat tertinggal lebih dulu, Manchester City kembali berhasil mengalahkan Borussia Dortmund pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2020/21. Gelandang muda City, Phil Foden, jadi pahlawan kemenangan.

Dortmund unggul lewat gol yang dicetak pemuda Inggris, Jude Bellingham. Riyad Mahrez lantas menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti. Gol Foden yang jadi pengakhir asa Dortmund datang pada menit ke-90.

Gol Foden ini seolah mengulang apa yang terjadi pada leg pertama. City juga berhasil menang dengan skor sama 2-1 dan gol kedua The Citizens pun dicetak oleh pemain berusia 20 tahun tersebut.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, tak terkejut dengan kontribusi besar Foden. Sejak awal, pelatih asal Spanyol itu percaya akan kemampuan Phil Foden dan berfirasat Foden akan melakukan sesuatu.

“Anda akan mengetahuinya bahwa dia adalah pria yang tidak bersembunyi. Dia selalu menciptakan sesuatu. Dia dinamis saat menyerang, kemampuan bertahannya pun berkualitas pada ruang sempit,” tutur Pep usai pertandingan.

“Dia masih belajar untuk tidak bermain satu sentuhan, dia bisa melakukan lebih banyak sentuhan lalu mengambil keputusan. Dia mencetak dua gol penting, gol kedua di Etihad dan hari ini membantu kami ke semi-final. Dia pemain penting yang membuat kami menghadapi PSG nanti.”

Pep sendiri mengaku bahwa sebenarnya strategi yang ia terapkan tak berjalan dengan baik. Namun ia langsung mengubah strategi setelah 15 menit pertandingan berjalan.

“Dortmund memulai pertandingan dengan baik, kami berencana menekan tapi tidak berjalan dengan baik. Kami mengubahnya setelah 10-15 menit dan memainkan para pemain sayap lebih ke dalam, biasanya mereka bermain lebih melebar. Karena itulah kami bisa membuat lebih banyak koneksi dengan para pemain gelandang.”

“Di babak kedua kami tak mendapatkan serangan, kami menciptakan cukup banyak peluang dan akhirnya kami bisa lolos ke semi-final, yang kedua dalam sejarah klub.

Manchester City akan menghadapi Paris Saint-Germain pada babak empat besar. PSG sendiri lolos ke semifinal setelah menaklukkan sang juara bertahan, Bayern Munich.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here