Peterborough 0-3 Leeds Gol Menakjubkan Bamford Menerangi Pertandingan Piala FA

0
35

Debatbola.com – Moment kebrilian Patrick Bamford menerangi jalur mulus Leeds saat mereka dengan mudah meraih kemenangan 3-0 di markas Peterborough dalam Piala FA. Pemain depan ini hanya mendapatkan start keduanya di musim ini saat manajer Daniel Farke melakukan sejumlah perubahan.

Bamford memberikan respon dengan mencetak gol spektakuler segera setelah babak kedua dimulai untuk menggandakan keunggulan yang telah diberikan oleh gol pertama Ethan Ampadu untuk Leeds. Kapten Ampadu kemudian mengamankan kemenangan itu di menit-menit akhir karena hasratnya untuk mencetak gol terus berlanjut.

Kedua pencetak gol ini merupakan dua dari hanya lima pemain yang tetap bermain dari pertandingan kemenangan di Kejuaraan Sky Bet melawan Birmingham pada Tahun Baru, karena Farke melakukan rotasi skuatnya. Namun, hal tersebut tidak menghambat Leeds karena mereka mendapatkan tiga peluang bersih dalam tujuh menit pertama.

Dua sundulan Bamford – satu melebar dari sudut dan satu ditepis oleh kiper Posh, Fynn Talley – ditemani oleh peluang terbaik saat Talley berhasil menyelamatkan tembakan Archie Gray setelah mencoba memberikan umpan kepada pemain Leeds tersebut. Tim League One teratas, Peterborough, mulai merepotkan para tamu, dengan Ricky-Jade Jones berusaha menyelesaikan umpan silang Ephron Mason-Clark yang melebar, sebelum Hector Kyprianou gagal mengarahkan sundulan ke gawang dari umpan silang Jadel Katongo.

Tidak mengherankan ketika kebuntuan dipecahkan pada menit ke-34, meskipun sedikit yang bisa memprediksi bahwa Ampadu akan menjadi pencetak gol dengan membuka akun golnya untuk Leeds dengan melepaskan tembakan melewati Talley setelah tendangan bebas Jaidon Anthony dada oleh Bamford. Terobosan itu tidak terjadi tanpa kontroversi karena pemain Peterborough protes bahwa bola mati diambil sebelum wasit Sam Allison meniup peluitnya, tetapi gol tetap berdiri dan Josh Knight mendapatkan kartu kuning karena protesnya.

Kyprianou kemudian melepaskan tembakan lebar dalam kekacauan di depan gawang saat Peterborough mencoba merespons dengan cepat sebelum Allison kembali menjadi pusat perhatian empat menit sebelum jeda – tidak mengambil tindakan ketika Wilfried Gnonto terjatuh akibat tantangan dari Knight di kotak penalti.

Winger Italia itu terkejut karena tidak mendapatkan penalti yang akan menyebabkan pengusiran untuk Knight, sementara Peterborough United merasa Allison seharusnya memberikan kartu kuning kedua kepada Gnonto, yang baru saja mendapat kartu kuning karena menginjak bola. Jumlah pemain dan skor tetap tidak berubah menuju babak kedua, tetapi tidak bertahan lama berkat kebrilian Bamford saat ia menerima umpan panjang Ampadu dengan dada sebelum berbalik dan melepaskan voli spektakuler ke sudut atas dari jarak 25 yard.

Gol ini tanpa ragu merupakan salah satu gol terbaik dalam koleksi 115 golnya dan memastikan kendali penuh Leeds atas pertandingan ini semakin kuat. Anthony dicegah mencetak gol ketiga pada menit ke-60 oleh penyelamatan ciamik Talley, sementara Peterborough jarang terlihat seperti bergabung dengan tim non-League Sutton dan tim divisi rendah lainnya seperti Newport dan Crawley yang berhasil mengalahkan Leeds dalam kompetisi ini dalam beberapa tahun terakhir. Nasib tuan rumah tersegel ketika Ampadu naik ke udara untuk menyundul sudut dari Dan James pada menit ke-90.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here