Pesta Gol dan Kejutan di Kualifikasi Piala Dunia Afrika

0
56

Debatbola.com – Pada babak kualifikasi Piala Dunia Afrika yang berlangsung pada hari Senin, Pantai Gading menunjukkan kelasnya dengan kemenangan impresif 2-0 atas Gambia di Dar-es-Salaam. Gol-gol dari Christian Kouame dan Seko Fofana menjadi penentu kemenangan bagi Pantai Gading yang memaksa Gambia menjadi tuan rumah karena stadion mereka dianggap tidak layak untuk pertandingan internasional.

Namun, keberhasilan tak hanya diraih oleh Pantai Gading; empat negara lain, yakni Guinea Khatulistiwa, Guinea Bissau, Kenya, dan Madagaskar, juga meraih sukses sebagai tim tandang dalam pertandingan grup yang berlangsung. Pantai Gading kini memuncaki Grup F, setara dengan enam poin bersama Gabon yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, Kenya mengukuhkan posisinya di urutan ketiga dengan raihan tiga poin setelah menang 5-0 atas Seychelles. Pertandingan ini diadakan di Abidjan, Pantai Gading, karena Seychelles termasuk dalam 19 negara Afrika yang dilarang menggunakan stadion kandang mereka.

Michael Olunga tampil sebagai bintang dengan mencetak dua gol dalam enam menit pertama saat Kenya menyerang dengan penuh semangat. Masoud Juma menambah satu gol sebelum jeda, sedangkan Rooney Onyango dan Benson Omala menyumbangkan dua gol lagi di babak kedua. Kemenangan ini menjadi catatan indah untuk Kenya yang baru saja keluar dari larangan FIFA selama dua tahun.

Guinea Khatulistiwa, dengan kapten mereka, Emilio Nsue, berhasil mengamankan kemenangan tandang dengan skor 1-0 melawan Liberia yang bermain dengan sepuluh pemain. Nsue juga menjadi pahlawan dalam pertandingan kandang melawan Namibia pada hari Rabu, membuat Guinea Khatulistiwa memimpin di Grup H.

Guinea Bissau meraih kemenangan di Grup A melawan Djibouti, dengan striker berbasis Swiss, Mauro Rodrigues, menjadi pahlawan pencetak gol. Sementara itu, Madagaskar menang 3-0 melawan Chad di Grup I berkat brace dari Njiva Rakotoharimalala dan gol di waktu tambahan dari Loic Lapoussin.

Namun, tak semua favorit meraih kemenangan. Di Grup I, Mali terkejut dengan hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang melawan Republik Afrika Tengah. Kamory Doumbia mencetak gol untuk Mali pada menit ke-76, tetapi keunggulan tersebut hanya bertahan selama dua menit sebelum Geoffrey Kondogbia menyamakan kedudukan.

Perlu diingat bahwa hanya juara grup yang akan melangkah ke babak final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Sementara empat posisi runner-up terbaik akan mendapatkan kesempatan melalui dua turnamen play-off yang menentukan nasib mereka. Selasa akan menjadi babak kualifikasi yang lebih seru dengan 15 pertandingan, termasuk debut Maroko, semifinalis Piala Dunia terakhir di Qatar. Mereka akan menghadapi Tanzania di Dar-es-Salaam dalam pertandingan Grup E yang akan menjadi sorotan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here