Pertemuan Indonesia VS Timor Leste Dalam FIFA Matchday Menjadi Kesempatan Baik

0

Debatbola.com – Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste dalam laga FIFA Match Day 27 dan 30 Januari 2022. Laga ini dapat menentukan peringkat dunia sebuah negara dalam poin sepakbola. Sehingga setiap tim akan bermain dengan sebaik mungkin karena laga ini menjadi salah satu penentu harga diri sebuah negara dalam olahraga sepakbola.

Sebelumnya dalam laga Piala AFF 2020 Timor Leste dan Indonesia berada dalam satu kompetisi namun keduanya tidak berhadapan. Meskipun demikian, dalam Piala AFF 2022 terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian di kompetisi tersebut. Tim Nasional Indonesia berhasil mencapai partai final dalam kompetisi tersebut. Sementara itu Tim Nasional Timor Leste hanya menjadi juru kunci Grup A dalam fase grup.

PSSI Kesulitan Mencari Lawan

Sebenarnya Timor Leste bukan merupakan lawan yang diharapkan oleh pelatih Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Disisi lain PSSI mengalami beberapa kendala dalam mencarikan lawan untuk Tim Nasional Indonesia. PSSI telah mencoba melobi beberapa negara namun belum mendapat kesepakatan yang baik.

Awalnya Tajikistan menjadi salah satu target sebagai lawan Tim Nasional Indonesia, namun akhirnya tidak jadi. Alasannya adalah saat ini Tajikistan belum memiliki pelatih kepala yang menjadi salah satu kriteria lawan dalam ajang internasional. Bangladesh juga pernah menjadi salah satu kandidat lawan Indonesia namun dibatalkan. Alasannya adalah Sebagian besar pemain dari tim Bangladesh belum mendapatkan Vaksin Covid-19 dosis 2.

Akhirnya Timor Leste menjadi negara yang dipilih PSSI karena yang paling siap menghadapi Indonesia dalam laga FIFA Matchday. Sebelum bertanding, Kehadiran tim ini juga tidak bisa dibilang mudah meskipun kedua negara sudah sepakat untuk bertanding. Tim Nasional Timor Leste juga harus menjalani karantina di Jakarta selama 14 hari.

Dalam urutan peringkat FIFA, kedua negara ini memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Tim Nasional Indonesia menempati peringkat 164 dari seluruh Negara anggota FIFA. Sedangkan untuk Tim Nasional Timor Leste menempati peringkat 196 FIFA dari seluruh anggota yang tercatat di FIFA.

Tim Nasional Indonesia tidak boleh memandang rendah kekuatan Timor Leste karena perbedaan posisi peringkat tidak terlalu jauh. Sementara itu, ini menjadi pertemuan pertama antara Shin Tae-yong dengan Fabio Magrao. Laga tersebut dapat menjadi menarik mengingat strategi kedua pelatih memiliki gaya permainan berbeda dari Korea Selatan dengan Negeri Samba.

Kesempatan Baik Untuk Shin Tae-yong

Pelatih asal Negeri Ginseng yang satu ini terkenal gemar memainkan pemain muda. Hal ini jelas terlihat ketika Indonesia berlaga dalam ajang Piala AFF sebelumnya. Tidak hanya itu, dalam laga internasional lainnya Shin Tae-yong juga sering memainkan pemain muda, contohnya adalah dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Shin Tae-yong menyadari bahwa negara yang akan berhadapan dengan Tim Nasional Indonesia tidak terlalu bagus. Namun disisi lain Indonesia tidak memiliki pilihan lain yang sesuai kriteria selain Timor Leste. Meskipun demikian, dalam laga ini setiap tim harus memberikan perlawanan terbaik karena setiap kemenangan akan mempengaruhi peringkat tim di FIFA.

Sayangnya dalam laga tersebut Indonesia tidak bisa menghadirkan pemain terbaiknya karena tanpa didukung pemain yang bermain di luar negeri. Meskipun demikian, Indonesia masih memiliki pemain dengan prestasi luar biasa yang tidak bisa dianggap remeh. Shin Tae-yong memanggil 26 pemain dalam laga melawan Timor Leste nanti.

Pertandingan ini bisa menjadi persiapan untuk laga Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2022, serta Kualifikasi Piala Asia 2023. Hal ini menjadi kesempatan bagi Shin Tae-yong melatih mental para pemain terutama pemain muda Tim Nasional Indonesia. Semoga pertandingan ini dimenangkan Indonesia supaya peringkat FIFA menjadi lebih baik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version