Persik Rekrut Pemain Anyar Karena Kebutuhan, Begini Track Record Arthur

0
42

Debatbola.com – Persik Kediri secara resmi mengumumkan bahwa Arthur Irawan telah menjadi bagian dari tim. Anggota baru itu akan bergabung untuk laga lanjutan Seri 3 Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021-2022. Pihak manajemen Persik menegaskan bahwa perekrutan Arthur ini sudah sesuai dengan kebutuhan klub. Lantaran memang terdapat anggapan bahwa bergabungnya Arthur ini tidak terlepas dari faktor Danilo Fernando.

Arthur Dipilih Lantaran Kebutuhan Klub

Yahya Alkatiri, manajemen Tim Macan Putih mengatakan bahwa perekrutan Arthur Irawan memang bukan mengada-ada. Klub membutuhkan pemain berpengalaman dalam Liga 1 Indonesia. Pemain berusia 28 tahun itu bergabung dalam Persik Kediri seusai bergabungnya Danilo sebagai Direktur Teknik.

Sebelumnya, dua sosok itu berkolaborasi di PSS Sleman. Arthur Irawan mengisi posisi bek kanan, sedangkan Danilo sebagai manajer timnya. Akan tetapi, keduanya akhirnya memilih keluar dari Tim Super Elang Jawa itu. Eksodus itu pun hampir bersamaan dengan keluarnya Marco Grascia Paulo yang ada dalam jajaran Direksi klub. Selain itu juga bersamaan dengan Irfan Bachdim yang saat ini membela Persis Solo.

Dari sisi teknisnya, keberadaan Arthur Irawan ini jelas menambah kedalaman skuat Persik. Javier Roca setidaknya kini memiliki stok pemain yang melimpah dalam sektor fullback. Dalam musim ini, Persik memiliki 4 fullback yang dapat bermain di sisi kiri maupun kanan. Keempatnya adalah Ibrahim Sanjaya, Yudha Febrian, Dany Saputra dan Agil Munawar. Alkatiri mengatakan bahwa kini klub memiliki banyak opsi di sektor kiri. Dirinya yakin Arthur akan cepat beradaptasi.

Arthur Irawan memang pemain belakang yang serba bisa. Bek berusia 28 tahun itu dapat memberikan alternatif lain di posisi tengah sebagai pemain gelandang. Arthur memang belum lama ini memilih untuk meninggalkan tugasnya di PSS Sleman seusai mendapat desakan dari sebagian besar suporter menyusul konflik internal yang ada di dalam klub.

Kini, Arthur telah bergabung dengan Persik Kediri dan ikut berlatih di Yogyakarta. Dirinya akan menjalani latihan Persik di bawah naungan pelatih Javier Roca. Debut perdana Arthur Irawan diprediksi akan berlangsung pada pekan ke-18 dan 19 Liga 1 Indonesia. Tepatnya ketika Persik Kediri melawan Borneo FC dan Tira Persikabo.

Track Record Arthur Irawan

Pemain yang memiliki nama lengkap Arthur Irawan ini pernah mencuri perhatian klub La Liga, Espanyol saat mengikuti laga di Inggris pada 2011 silam. Espanyol pun kemudian mencoba kemampuan Arthur itu selama kurang lebih dua bulan.

Usai melakukan percobaan itu, Arthur Irawan pun mendapatkan kontrak berdurasi empat musim dari Espanyol pada November 2011. Namun, dirinya tidak ikut memperkuat tim senior melainkan berada di Espanyol B. Sayangnya, kiprah Arthur bersama Espanyol tidak berjalan mulus.

Arthur Irawan membela Los Periquitos dari 2012 hingga 2013. Dirinya hanya tampil dalam delapan laga dengan waktu bermain selama 198 menit saja. Kemudian di Januari 2014, dirinya bergabung dengan Malaga B dan bermain di Tercera Division, kasta keempat laga sepakbola Eropa. Bergabung di Malaga B, dirinya tidak selalu menjadi pilihan utama.

Selama itu Irawan berganti-ganti klub dan akhirnya 2016 pulang ke Indonesia. Arthur yang berstatus tanpa klub mengikuti latihan bersama dengan Persija Jakarta. Kemudian pada Maret 2017, dia teken kontrak dengan Macan Kemayoran.

Paruh 2017, dirinya dipinjamkan ke Borneo. 2018 Arthur bergabung dengan Persebaya, dan 2019 ikut Badak Lampung FC. Pada 2020 Arthur hijrah ke PSS Sleman. Sayangnya, karir yang dirintis Arthur dalam dunia sepak bola tak kunjung bersinar. Kini, Arthur resmi menjadi bagian dari klub Persik Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here