Persija Resmi Rekrut Ondrej Kudela

0
34

Debatbola.com – Sejak beberapa waktu lalu, The Jakmania terus bertanya-tanya mengenai pemain asing yang akan direkrut Persija. Pasalnya pemain itu akan menjadi pengganti Marko Simic yang resmi keluar beberapa waktu lalu. Kini teka-teki tersebut telah terjawab setelah Persija resmi memperkenalkan pemain asing barunya.

Menjelang dimulainya Piala Presiden 2022, Persija resmi memperkenalkan Ondrej Kudela sebagai rekrutan barunya. Tidak main-main, pemain yang berposisi sebagai pemain bertahan itu merupakan salah satu punggawa Timnas Republik Ceko. Persija mengontrak Kudela dengan kontrak yang cukup panjang serta gaji fantastis.

Pengganti Marko Simic
Persija rupanya tidak ingin main-main dalam merekrut pemain asing untuk memperkuat klubnya di musim depan. Sejak beberapa waktu lalu, Ondrej Kudela sempat dikaitkan dengan Persija. Akhirnya klub bertajuk Macan Kemayoran itu resmi memperkenalkan Ondrej Kudela ke publik sebagai rekrutan baru.

Berposisi sebagai pemain bertahan, Ondrej Kudela bukanlah pemain sembarangan. Kudela merupakan punggawa Timnas Ceko yang kini masih memperkuat negaranya di Liga Negara UEFA. Kabarnya, dalam waktu dekat pemain berusia 35 tahun itu akan segera merapat ke Jakarta.

Bukan hanya salah satu punggawa Timnas Republik Ceko, Ondrej Kudela juga memiliki banyak pengalaman di kancah Eropa. Dari total 3 kompetisi teratas di Liga Eropa, Kudela sudah pernah merasakan ketiganya termasuk Liga Champions. Terakhir kali Ondrej Kudela berpartisipasi di Liga Champions yaitu di musim 2019-2020 lalu bersama Slavia Praha.

Ondrej Kudela merupakan pemain asing kedua yang dimiliki oleh Persija setelah sebelumnya merekrut Makan Konate di musim lalu. Pemain berusia 35 tahun itu akan digunakan sebagai pengganti Marko Simic yang resmi keluar. Persija memang tidak memberikan perpanjangan kontrak pada Simic dan 2 pemain asing lainnya.

Sebagai pelatih, Thomas Doll yakin jika kedatangan Ondrej Kudela bisa memperkuat Persija terutama di lini belakang. Meskipun berusia 35 tahun, pertahanan dari Kudela cukup solid serta bagus dalam mendistribusikan bola ke depan. Dengan pengalaman yang dimilikinya, para pemain muda Persija bisa belajar banyak darinya.

Ketika ditanya mengenai kesediaan untuk bermain bersama Persija oleh Thomas Doll, Kudela mengaku sangat antusias. Pemain berusia 35 tahun itu ingin mencoba tantangan baru di Asia terutama bergabung dengan Persija. Ondrej Kudela juga mengaku senang dengan The Jakmania yang dimiliki oleh Persija.

Kontrak dan Gaji Fantastis
Persija berkesempatan merekrut Ondrej Kudela dari Slavia Praha secara gratis di musim ini. Pasalnya, kontrak pemain bertahan itu akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2022 nanti bersama klubnya. Situasi tersebut tentu sangat menguntungkan Persija mengingat harga pasar Kudela sangatlah tinggi.

Berdasarkan data dari transfermarkt, setidaknya membutuhkan dana sebesar 10 miliar rupiah untuk gaji Kudela pertahunnya. Dibandingkan pemain-pemain Indonesia, harga pasaran tersebut tentu sangat tinggi. Belum lagi kabarnya Persija siap mengontrak Ondrej Kudela selama 3 tahun lamanya.

Pihak Persija sendiri memang tidak main-main dengan niatnya mengontrak Ondrej Kudela. Klub kebanggaan Jakmania itu telah mengontrak Kudela dengan biaya 31 miliar rupiah untuk masa kontrak 3 tahun lamanya. Jika dihitung, maka Ondrej Kudela akan menerima 800-900 juta rupiah untuk setiap bulannya.

Dengan besaran harga pasaran tersebut, pemain Republik Ceko itu menjadi pemain termahal di Persija dan bahkan di Liga 1. Selama ini, pemain asing dengan kontrak termahal masih dipegang oleh salah satu punggawa milik Persib Bandung, Nick Kuipers yang didatangkan pada tahun 2019 lalu memiliki nilai pasar sebesar 7,39 miliar rupiah.

Penyebab mahalnya harga Ondrej Kudela tentu saja dikarenakan deretan prestasi yang telah ditorehkan pemain tersebut. Ondrej Kudela pernah menjuarai Liga Ceko serta Piala Ceko sebanyak 3 kali dengan 2 kali sampai ke perempat final Liga Europa dan sempat merasakan Liga Champions. Belum lagi statusnya sebagai pemain Timnas juga meningkatkan harga pasarannya.

Bergabung dengan Persija, Ondrej akan resmi meninggalkan Slavia Praha setelah mengabdi selama 5 tahun lamanya. Bukan hanya pertama kali berkarir di Asia, Persija akan menjadi klub pertamanya di luar Republik Ceko. Sejak berkarir sebagai pemain sepak bola, Kudela memang belum pernah berkarir di luar negaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here