Persija Resmi Pecat Angelo Alessio, Ini Penggantinya

0
107

Debatbola.com – Hari Rabu 19 Januari 2022 manajemen Persija dengan pelatih Angelo Alessio resmi mengakhiri kerja sama. Pemecatan pelatih asal Italia ini dikarenakan performa dari tim Macan Kemayoran yang tidak kunjung membaik. Hingga pekan ke 20, Persija hanya duduk di posisi 8 klasemen dengan mengantongi 29 poin.

Terlepas dari hasil kurang baik, Mohamad Prapanca selaku Presiden Persija mengucapkan terima kasih kepada Coach Angelo Alessio karena telah berjuang membangun Persija. Selain itu juga dibawah asuhannya, Angelo Alessio telah berani memasukkan pemain muda untuk tampil di Liga 1.

Menurut Prapanca, keputusan pemecatan pelatih yang juga pernah menjadi Asisten Antonio Conte ini resmi karena alasan profesional. Diharap kedepannya, Persija mampu memberikan perubahan dengan menjadi lebih baik.

Karir Angelo Alessio Bersama Persija

Sejak didatangkan pada awal musim 2021/2022, pelatih asal Italia ini telah melakoni 20 pertandingan. Persija mampu memperoleh 7 kemenangan, 8 imbang dan 5 kali kekalahan. Hingga berita ini dirilis, Persija Jakarta berada di peringkat 8 klasemen liga 1. 

Hasil buruk di dua pertandingan terakhir dengan kekalahan melawan Persipura Jayapura serta hasil imbang saat melawan Persela Lamongan, membuat Manajemen Persija memutuskan untuk memecat Angelo Alessio.

Selama menangani Tim Macan Kemayoran, Angelo Alessio berhasil menggaet setidaknya 7 pemain anyar. Adapun mereka yaitu Makan Konate, Samuel Christianson, Ikhwan Ciptadi, Ahmad Bustomi, Ifan Jauhari, Ichsan Kurniawan dan Syahrian Abimanyu. 

Total biaya belanja yang digelontorkan tim Macan Kemayoran hingga 13 Milyar Rupiah. Sayangnya, dana besar yang sudah dikeluarkan belum mampu memenuhi ekspektasi manajemen dan juga pendukung setia tim Persija.

Coach Sudirman Menjadi Juru Taktik Baru

Tidak butuh waktu lama setelah pemecatan Angelo Alessio, Persija langsung menunjuk Sudirman sebagai pelatih pengganti. Coach Sudirman bukan sosok baru di dalam Persija, sebelumnya dia merupakan asisten pelatih Angelo Alessio. 

Penunjukan Sudirman sebagai pelatih baru diharap mampu mengangkat performa Persija. Sudirman tentunya juga sudah mengetahui karakter tiap pemain, sehingga tidak perlu melakukan adaptasi.

Prestasi Coach Sudirman Bersama Persija

Coach Sudirman pernah menjabat sebagai pelatih kepala klub Persija sebelum manajemen merekrut Angelo Alessio. Selama menjabat sebagai pelatih kepala, Coach Sudirman pernah membawa Persija menuju panggung juara piala menpora 2021. Meskipun dengan skuad seadanya, tim Persija dibawah asuhannya mampu bersaing dengan tim-tim besar lainnya.

Awalnya Sudirman pernah mengalami kendala regulasi yang diterapkan PSSI. Saat itu pelatih yang telah mengantongi lisensi AFC pro yang dapat menjadi pelatih tim yang berlaga di Liga 1. Sementara Sudirman hanya mengantongi lisensi A AFC. Setelah PSSI merevisi regulasi dan memperbolehkan pelatih berlisensi A AFC, maka presiden klub memberikan kembali kursi kepelatihan kepada Coach Sudirman.

Pasca dipecatnya Angelo Alessio, pelatih yang akrab disapa Coach Jend ini mengemban tugas yang cukup berat. Bagaimana tidak, dia dituntut oleh manajemen maupun suporter untuk mengangkat tim Macan Kemayoran menjadi lebih baik. Meskipun demikian, dia siap bertanggung jawab dan berusaha agar tim kesayangan warga Jakarta mampu bersaing di papan atas klasemen Liga 1.

Pada sisa pertandingan Liga 1 yang akan dilakoninya bersama Persija, Pelatih Sudirman berharap besar pada kekompakan Marko Simic dan rekrutan anyar Makan Konate. Hingga saat ini Makan Konate masih belum menemukan performa terbaiknya. Ia pun berharap kedepannya Konate mampu menjadi roh permainan tim.

Meskipun saat ini posisi Persija terpaut jauh dengan Bhayangkara FC yang berada di puncak klasemen, setidaknya dibawah asuhan Coach Sudirman, Persija dapat bersaing di papan atas bersama tim-tim elit lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here