Persija Cari Pelatih Baru untuk Liga 1

0
263

Debatbola.com – Permainan Persija di bawah asuhan Sudirman sepanjang Piala Menpora 2021 nyaris sempurna. Hanya kalah pada pertandingan pertama, Persija berhasil tak terkalahkan hingga partai final.

Di partai puncak, Persija Jakarta bahkan dua kali mengalahkan tim unggulan, Persib. Menang 2-0 di leg pertama, Macan Kemayoran taklukkan Maung Bandung dengan skor 2-1 pada leg kedua.

Salah satu kunci keberhasilan Persija menjadi juara adalah pertahanan mereka yang kokoh. Sudirman seolah mereplikasi apa yang dibuat oleh pelatih asal Brasil, Stefano Cugurra Teco, yang membawa Persija juara pada Liga 1 2018 silam.

Ada persamaan gaya bermain antara Persija asuhan Sudirman dan Teco. Keduanya sama-sama mengandalkan pressing agresif, serangan balik mematikan, dan pertahanan yang sulit ditembus.

Meski begitu, Sudirman tak akan memimpin Persija saat Liga 1 Indonesia bergulir nanti. Bukan soal kualitas taktikalnya, melainkan ia terbentur regulasi yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru. Liga 1 2021 nanti setiap klub wajib dilatih oleh pelatih berlisensi AFC Pro atau setara, sementara Sudirman masih satu level di bawahnya, yakni lisensi A.

Situasi ini pun membuat manajemen Persija mulai mencari pelatih anyar untuk Liga nanti. Untuk Sudirman sendiri akan tetap berada di Persija dengan jabatan asisten pelatih.

“Terkait pelatih, ini lagi masa rehat. Tapi kami sudah membidik beberapa pelatih dan tentunya berdiskusi dengan Coach Dirman dan manajemen. Ada beberapa kandidat pelatih dan nanti akan kami umumkan begitu sudah mengerucut pilihannya,” tutur Muhammad Prapanca, presiden Persija.

“Coach Dirman sekali lagi tetap menjadi tim. Ia nantinya akan membantu pelatih baru untuk beradaptasi. Sekaligus menyampaikan perkembangan tim selama menjalani turnamen Piala Menpora,.”

Sudirman sendiri tak masalah dengan situasi ini. Ia menghormati regulasi yang ada. Oleh karena itu selain akan menjadi asisten pelatih Persija, ia pun akan segera meningkatkan level lisensi kepelatihannya agar tak menghadapi situasi seperti ini di kemudian hari.

“Tentunya, teman-teman saya sudah duluan melatih di Liga 1 dan duluan punya sertifikat AFC Pro. Bagi saya, yang terpenting adalah fokus pada pekerjaan saya. Saat ini saya akan melanjutkan tugas saya yakni evaluasi yang nantinya diberikan ke pelatih baru tersebut,” kata Sudirman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here