Persiapan Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Asia, Duo Naturalisasi Sudah Terlihat

0
38

Debatbola.com – Timnas Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia mendatang. Agenda terdekat Timnas Indonesia saat ini adalah pertandingan melawan Bangladesh. Untuk itu persiapan dari latihan, naturalisasi, dan segalanya sedang dijalani Timnas Indonesia.

Dua pemain calon naturalisasi Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, sudah tampak ikut bergabung dalam sesi latihan Timnas Indonesia di Kota Bandung, Jumat (27/5/2022). Keduanya berlatih meski bukan bagian dari skuad yang akan dipersiapkan menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba internasional pada 1 Juni mendatang.

Pertama Kali Berlatih Bersama Timnas
Duo pemain naturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat baru kali pertama melakoni latihan bersama Timnas Indonesia. Hal ini bisa dimaklumi mengingat kedua pemain selama ini menjalani proses naturalisasi yang tidak bisa dibilang mudah dan sebentar. Proses penaturalisasian memang sangat ketat dan lama.

Selain Jordi Amat dan Sandy walsh, ada Elkan Baggot juga yang akhirnya mengikuti latihan bersama. Bedanya adalah Elkan Baggot merupakan pemain yang sudah dipanggil Shin Tae-yong termasuk 29 pemain lainnya. Berbeda dengan 2 pemain yang belum secara resmi dipanggil pelatih asal Negeri Ginseng tersebut.

Shin Tae-yong juga sedikit bercerita bahwa Sandy Walsh dan Jordi Amat merupakan pemain yang berbakat dalam sepak bola. Namun hingga kini Jordi Amat baru selesai istirahat setelah hampir tiga minggu. Sedangkan untuk Sandy Walsh baru saja menjalani operasi dan butuh pemulihan.

Latihan Terpisah
Meskipun sudah terlihat berlatih di Bandung bersama Timnas Indonesia, faktanya Sandy Walsh melakoni latihan khusus dan terpisah. Pemain ini melakoni latihan ringan bersama Syahrian Abimanyu sebagai partner latihan. Hal ini dikarenakan Sandy Walsh baru saja menjalani operasi karena cedera dan sedang dalam proses recovery seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sebenarnya bukan hanya Sandy Walsh yang cedera, melainkan ada nama Egy Maulana Vikri yang juga cedera. Pemain FK Senicha tersebut cedera ketika memperkuat Timnas Indonesia dalam SEA Games Vietnam 2021 kemarin. Namun Egy sudah mulai membaik dan bisa berlatih normal kata Shin Tae-yong.

Banyak Pemain Absen
Dalam sesi latihan di Bandung kemarin, banyak pemain Timnas Indonesia yang tidak ikut hadir latihan. Tercatat ada 6 pemain yang absen, pemain tersebut diantaranya adalah Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan, dan Ernando Ari.

Witan Sulaeman sebenarnya sudah bergabung dengan rekan satu timnya ketika di Jakarta, namun sedang mempersiapkan pernikahannya. Sedangkan Saddil Ramdani sedang menjalani ujian skripsi, dan untuk Ricky Kambuaya sedang ada urusan keluarga.

Untuk Evan Dimas sendiri dikabarkan sedang mengalami cedera sehingga tidak bisa ikut latihan. Sementara itu Shin Tae-yong menjelaskan bahwa Pratama Arhan akan bergabung dengan Timnas Indonesia sekitar tanggal 29-30 mendatang.

Program Latihan Tidak Terganggu
Meskipun ada beberapa pemain yang absen latihan, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa program latihan tidak terganggu. Semua sudah diatur sesuai skema yang ada, sehingga lengkap atau tidaknya pemain tidak terlalu mengganggu skema latihan yang ada.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga menjelaskan bahwa kemarin di Jakarta sudah latihan pemulihan. Sedangkan latihan di Bandung kemarin fokus ke latihan umpan-umpan pendek dan panjang. Jadi setiap pemain tetap bisa latihan secara maksimal meskipun ada yang tidak ikut latihan pada sesi kemarin.

Jadwal Pertandingan Timnas
Agenda terdekat Timnas Indonesia adalah laga uji coba melawan Bangladesh pada 1 Juni mendatang. Kemudian satu pekan setelahnya Indonesia akan memulai Kualifikasi Piala Asia 2023 fase grup. 8 Juni Indonesia akan berhadapan dengan Kuwait.

3 hari setelahnya akan berhadapan dengan Yordania pada 11 Juni. Kemudian pertandingan terakhir melawan Nepal 14 Juni. Apabila Indonesia memuncaki klasemen grup otomatis akan melaju ke babak selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here