Persebaya Tolak Bermain Turnamen Pramusim Di Bandung

0
39

Debatbola.com – Menjelang dimulainya turnamen pramusim, PT. LIB bersama PSSI telah mengumumkan jadwal kick off serta format dari kompetisi tersebut. Kedua pengurus Liga tersebut juga sudah menentukan lokasi untuk tuan rumah dari masing-masing grup. Terbaru, drawing dari masing-masing grup juga telah rampung dilakukan.

Grup yang menjadi sorotan tentu saja Grup C dengan adanya Persebaya dan Persib Bandung dalam grup tersebut. Belum lagi penunjukan Bandung sebagai tuan rumah dari grup C selama babak penyisihan berlangsung. Persebaya rupanya keberatan dengan pengajuan itu sehingga menyurati pihak PT. LIB.

Tak Ingin Bermain Di Bandung
Sejak pengumuman hasil drawing, grup C langsung menjadi sorotan lantaran seperti grup neraka dengan berisi klub-klub kuat. Bagaimana tidak, Persebaya bersama dengan Persib, Bali United serta Bhayangkara FC berada dalam grup tersebut. Dapat dipastikan seberapa ketat persaingan dalam Grup C itu.

Berdasarkan keputusan dari PT. LIB dan PSSI, tuan rumah dari grup C adalah kota Bandung. Babak penyisihan grup yang kemungkinan akan berlangsung selama 10 hari tersebut akan berlangsung di Bandung untuk semua pertandingannya. Baru setelah itu pemenang fase grup akan lanjut ke babak selanjutnya.

Rupanya pihak Persebaya kurang setuju dengan keputusan PSSI dan PT. LIB yang menunjuk Bandung sebagai tuan rumah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yahya Alkatiri selaku Manajer dan perwakilan dari Persebaya. Dikhawatirkan penunjukan Bandung bisa membawa masalah baru yang bisa menghambat jalannya turnamen.

Seperti yang telah diketahui, Bonek sebagai pendukung fanatik Persebaya memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Bobotoh. Dengan kedekatan tersebut, Yahya khawatir Bonek dari seluruh daerah akan berkumpul di kota Bandung. Gelombang masa dari para Bonek yang dipastikan bukan hanya dari Surabaya tentu akan menjadi masalah tersendiri.

Yahya Alkatiri bahkan menggambarkan kedatangan Bonek ke kota Bandung seperti halnya bedol desa. Belum lagi babak penyisihan tersebut dilaksanakan dalam waktu 10 hari dan bukan hanya sehari dua hari. Masa Bonek dalam jangka waktu yang cukup lama itu tentu akan menyulitkan kamtibmas di kota tersebut.

Situasi dipastikan semakin tidak terkendali jika ada kekacauan selama pertandingan berlangsung yang berakibat kericuhan. Dengan banyaknya masa baik dari pihak Bonek maupun Bobotoh tentu akan sangat merepotkan pihak keamanan. Bahkan kemungkinan bisa mengganggu jalannya turnamen Pramusim itu.

Surati PT. LIB
Demi mencegah masalah yang cukup besar selama turnamen pramusim berlangsung, Yahya kemudian mengajukan permintaan khusus pada PT. LIB. Permintaan tersebut diberikan dalam bentuk surat yang katanya sudah dikirim pada operator Liga tersebut. Yahya meminta agar PT. LIB meninjau kembali kota Bandung sebagai venue dari grup C.

Dalam surat yang diajukan oleh pihak Persebaya, Yahya memberikan dua pilihan untuk PT. LIB. Jika Persebaya tetap di berada di grup C, maka venue pertandingan harus dipindah dari kota Bandung. Untuk solusi pertama ini, Yahya mengajukan Surabaya sebagai venue dari grup C atau bisa ditempatkan di luar Pulau Jawa.

Persebaya juga mengajukan tawaran lain jika tawaran yang pertama ditolak oleh PT. LIB selaku operator Liga. Klub tersebut mengajukan pindah grup jika venue grup C tetap berada di kota Bandung. Untuk grup yang ingin ditempati oleh Persebaya adalah Grup B yang venuenya berada di Pulau Kalimantan.

Solusi tersebut diajukan untuk mencegah keluarnya Bonek dari kota Surabaya dan membuat gelombang masa di kota lain yang menjadi venue. Jika berada diluar Pulau terutama Kalimantan, gelombang masa Bonek yang hadir tidak akan sebanyak jika masih di Pulau Jawa. Yahya berharap permintaan tersebut segera diproses oleh PT. LIB agar tidak ada masalah kedepannya.

Namun hingga kini pengajuan dari Persebaya itu belum juga mendapat respon dari PT. LIB. Pihak Persebaya sangat berharap pengajuannya itu segera direspon oleh PT. LIB dan mendapat persetujuan. Pasalnya jadwal kick off yang direncanakan tanggal 11 Juni sudah tidak lama lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here