Perjalanan Pelatih Lokal yang Berhasil Mempersembahkan Gelar Timnas Indonesia

0
49

Debatbola.com – Bima Sakti menambah daftar nama pelatih lokal yang sukses membawa Indonesia juara setelah berhasil meraih trofi Piala AFF U-16 2022. Pada pertandingan final, Garuda Muda sukses mengubur impian rival mereka, Vietnam untuk meraih trofi tersebut. Gol Kafiatur Rizky berhasil membuat Indonesia unggul 1-0 dan berhak atas trofi Piala AFF U-16 2022.

Fakta unik mengenai daftar pelatih lokal ini menambah dua nama sebelumnya yang juga berhasil membawa Indonesia meraih trofi, khususnya dalam 10 tahun terakhir. Tentu hal ini cukup membanggakan saat pelatih asing masih sulit membawa Indonesia juara. Berikut deretan pelatih lokal yang berhasil mempersembahkan gelar timnas Indonesia:

Indra Sjafri – AFF U-19 2013 dan AFF U-22 2019

Pria asal Sumatra Barat ini berhasil membawa Timnas U-19 menjadi pemenang Piala AFF U-19 2013. Pada laga pertama, Garuda Muda menang meyakinkan terhadap Brunei Darussalam dengan skor 5-0. Selanjutnya, Evan Dimas dkk kembali memenangkan pertandingan ketika bertemu Myanmar dengan skor 2-1. Sayangnya, pada laga ketiga mereka kalah dari Vietnam dengan skor tipis 1-2.

Evan Dimas kembali membuat berjaya usai menjadi aktor kemenangan atas Thailand dengan mencetak trigol pada pertandingan tersebut, meski pada laga terakhir fase grup hanya bermain imbang 1-1 dengan Malaysia. Hal itu tak membuat langkah Garuda Muda gagal lolos ke babak semifinal karena berhasil finish sebagai runner up grup.

Pada babak semifinal, skuat asuhan Indra Sjafri berhasil mengandaskan Timor Leste dengan skor 2-0 lewat gol Ilham Udin dan Hargianto. Hasil tersebut memastikan Indonesia melangkah ke final dan bertemu dengan Vietnam. Laga final berjalan ketat karena dalam waktu 90 menit bermain imbang 0-0 dan harus lanjut adu penalti. Beruntung mereka sukses mengalahkan Vietnam 7-6. Dan menjadi juara.

Tak sekali, Indra Sjafri kembali sukses membawa Indonesia meraih trofi ketika menjadi pelatih Timnas U-22. Pria yang kini menjabat sebagai direktur teknik itu berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF U-22 2019, usai melumat Tim Gajah Putih dengan skor 2-1 di Phnom Penh Stadium, Kamboja.

Fakhri Husaini – AFF U-16 2018

Selain Indra Sjafri, nama Fakhri Husaini merupakan sosok yang juga berhasil mempersembahkan trofi untuk Indonesia. Ia mengawal David Maulana dkk saat berkompetisi di Piala AFF U-16 2018. Mereka memulai kompetisi dengan menghancurkan Filipina 8-0. Selanjutnya, Indonesia kembali meraih kemenangan usai mengalahkan Myanmar 2-1.

Skuat asuhan Fakhri kembali melumat lawannya ketika bertemu Vietnam melalui kemenangan 4-2. Dua gol Bagus Kahfi dan satu gol Sutan Zico berhasil membawa Indonesia memenangkan laga usai mengandaskan Timor Leste 3-0. Mereka menuntaskan kegemilangan di fase grup dengan menang 4-0 atas Kamboja.

Dengan raihan sempurna, Garuda Muda berhasil melenggang ke babak semifinal karena bertengger di puncak klasemen, ditemani Myanmar. Pada babak semifinal, David Maulana dkk ditantang Malaysia. Meski laga berlangsung dengan tensi tinggi, mereka berhak lolos ke babak final karena menang 1-0 melalui gol Bagus Kahfi.

Pada partai puncak, Indonesia bertemu dengan lawan kuat Thailand. Laga harus berlangsung hingga penalti karena imbang 1-1 pada waktu normal. Keempat algojo yang dipilih sukses menjalankan tugasnya dan membawa Garuda Muda meraih juara Piala AFF U-16 2018.

Bima Sakti – AFF U-16 2022

Nama terakhir yang berhasil membawa Garuda Nusantara juara adalah Bima Sakti. Ia sukses mengomandoi Timnas U-16 saat bermain di Piala AFF U-16 2022. Perjalanannya dimulai dengan kemenangan 2-0 melawan Filipina. Pertandingan selanjutnya berhasil diraih dengan kemenangan meyakinkan 9-0 atas Singapura.

Laga terakhir di fase grup, Indonesia bertemu lawan tangguh sekaligus rival mereka Vietnam. Ketegangan berlangsung sejak awal pertandingan, Arkhan Kaka dkk terus menggempur pertahanan lawan. Namun, tak terduga Vietnam malah unggul lebih dulu. Untung saja sisa pertandingan, mereka berhasil membalikkan keadaan dengan menang 2-1.

Kebobolan lebih dulu juga terjadi ketika Iqbal dkk menghadapi Myanmar di babak semifinal. Namun, mereka kembali menyamakan skor dan memenangkan laga lewat penalti 5-4. Babak final, mereka kembali berjumpa Vietnam. Tensi panas tersaji akibat permainan keras yang dilakukan Vietnam.

Hal itu tak membuat mereka gentar untuk menjadi jawara Piala AFF U-16 2022 usai menang 1-0 lewat gol Kafiatur Rizky. Kemenangan dan prestasi itu melambungkan nama Bima Sakti. Ini adalah raihan trofi pertama dirinya setelah pensiun sebagai pemain dan berkarier sebagai pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here