Perbedaan Pertahanan Juventus Era Pirlo dan Sarri

Debatbola.comJuventus mengalahkan Sampdoria dengan skor 3-0 saat memulai Serie-A 2020/2021, Senin (21/9). Kemenangan Juventus diiringi dengan kejutan dari pelatih barunya, Andrea Pirlo, saat memilih pemain skuat utama pada laga ini. Salah satunya adalah ketika memainkan Gianluca Frabotta sebagai bek sayap kiri.

 Selain Frabotta, Pirlo juga memainkan Weston McKennie di sektor tengah sejak menit awal. Sementara Aaron Ramsey tampak lebih diberi keleluasaan saat bermain di lapangan. Dampaknya, Juventus memiliki kualitas lebih dalam penguasaan bola dan menyerang.

“Kami melihat beberapa ide baru yang diterapkan oleh pelatih dan stafnya. Cara baru untuk menafsirkan pertandingan. Sekarang kami punya banyak antusiasme yang baik dalam penguasaan bola maupun tanpa bola. Perbedaan yang besar terletak pada cara kami menyerang dan mengambil inisiatif,” ujar Leonardo Bonucci, bek tengah Juventus, kepada Sky Sport Italia.

Ia juga menceritakan perbedaan gerakan pemain saat dilatih Pirlo maupun dengan Maurizio Sarri. Ketika bersama Sarri, pemain Juventus bergerak lebih jauh di pertahanan. Sementara Pirlo lebih menginstruksikan untuk melawan dengan satu lawan satu.

Bonucci mengaku tugasnya di lini belakang lebih mudah di bawah arahan Pirlo. “Memberi kami lebih banyak kebebasan untuk menjadi agresif dan sering memenangkan bola. Apalagi kami punya empat gelandang tengah dengan karakteristik yang tepat untuk bermain seperti ini,” terang Bonucci.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo kembali mencetak rekor baru. Yaitu selalu mencetak gol di Liga dalam 19 musim ketika menjebol gawang Sampdoria. Ronaldo menyumbang satu gol di antara tiga gol yang ada pada laga tersebut. Penyerang asal Portugal itu mencetak gol pada menit ke-88′

Gol didapatkan setelah Ronaldo di kotak penalti, menyambut umpan dari Ramsey. Ronaldo yang tanpa kawalan kemudian menendang bola memakai kaki kanannya sehingga mengarah ke sudut gawang Sampdoria. Sementara dua gol Juventus lainnya dicetak Dejan Kuluisevski (13′) dan Bonucci (78′).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here