Perbandingan Gol Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Kompetisi Copa dan Euro

0
255
Perbandingan Gol Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Kompetisi Copa dan Euro

Debatbola.com – Nama besar Lionel Messi selalu dibandingkan dengan performa seorang nama besar lainnya yakni Cristiano Ronaldo. Maklum saja, kedua bintang dunia tersebut telah berhasil membuktikan diri akan skill mereka sebagai striker andalan di level klub maupun timnas masing-masing. Keduanya juga kerap kali mendapatkan penghargaan terkait jumlah gol yang berhasil dilesakkan.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi dua bintang sepakbola yang diyakini akan melegenda sepanjang sejarah timnas Portugal dan Argentina. Keduanya tampil apik dan membawa nama masing-masing klub ataupun negaranya di semua kompetisi elit dunia. Termasuk dalam perhelatan Euro, Copa Amerika, hingga Piala Dunia.

Namun, dibalik semua gol yang berhasil dilesakkan Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo, ternyata sejarah mencatatkan lain. Meski memiliki performa yang sebanding, ternyata ada perbedaan dari jumlah gol mereka sepanjang kompetisi elit tersebut berlangsung di Amerika maupun Eropa. Lantas, siapa pemenang atau pencetak gol terbanyak diantara Messi dan Ronaldo?

Messi dan Aksi Golnya

Lionel Messi disebut bocah ajaib yang memiliki performa mirip dengan mendiang bintang Argentina, Diego Armando Maradona. Penampilan sang pemain Barcelona tersebut dianggap kuat dan menjadi pilar penting bagi tim Catalan maupun timnas Argentina. Tampil di Copa America 2021 kali ini, performa Messi masih menggila meski sang striker sudah berusia cukup tua.

Lionel Messi sanggup menuntaskan sekitar 19 caps bersama timnas dalam gelaran Piala Dunia. Sebanyak 19 pertandingan timnas Argentina tersebut, La Pulga sukses menghasilkan enam gol. Tak hanya itu, secara performa timnas sang pemain berhasil memperkuat Argentina dalam putaran Final Piala Dunia 2014 silam hingga akhirnya kalah dari Jerman.

Dari dua kompetisi lainnya yakni Copa America sejak pertandingan di tahun 2007 silam hingga 2021 saat ini, Lionel Messi mencakup gol sebanyak sepuluh ke kandang lawan. Menjalani 30 kali pertandingan, tampaknya pemain Barcelona tersebut sudah cukup besar dalam memberikan kontribusinya di level timnas.

Cristiano Ronaldo dan Golnya

Setelah mengetahui jumlah gol milik Lionel Messi, inilah catatan sejarah gol Cristiano Ronaldo. Pemain Portugal tersebut turun dalam 17 pertandingan di Piala Dunia yang berlangsung selama empat tahun. Dari semua pertandingan tersebut, Ronaldo sukses menghasilkan tujuh gol dan membawa Portugal ke semifinal Piala Dunia 2006 silam.

Prestasi lain yang bisa dilihat dari total gol milik Cristiano Ronaldo adalah di ajang Piala Eropa. Sang pemain melakoni 24 pertandingan dengan jumlah 14 gol. Inilah yang membuat namanya menjadi Top Skor Piala Eropa sepanjang masa. Tak hanya itu, dirinya juga sukses membawa timnas Portugal menjadi juara Piala Eropa tahun 2016 lalu.

Dari perbandingan tersebut, gol milik Cristiano Ronaldo berkisar di angka 21 gol dari 41 penampilannya. Artinya, jumlah tersebut masih lebih unggul dibandingkan dengan Lionel Messi. Catatan ini juga mengukuhkan Cristiano Ronaldo lebih banyak menghasilkan gol dibandingkan Messi meski jumlah pertandingan Messi jauh lebih sedikit.

Penampilan Cristiano Ronaldo dalam gelaran Euro 2020 kali ini juga tampilan sangat menawan. Sang pemain masih berhasil memberikan kontribusi besar bagi timnas Portugal dengan membuktikan performanya tak pernah menurun sepanjang 90 menit pertandingan. Selain itu, Ronaldo juga mengantarkan timnas Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Lionel Messi juga menunjukkan prestasi gemilang meskipun jumlah gol yang dihasilkannya masih belum sebanding dengan Ronaldo. La Pulga tampil dominan dengan timnas Argentina pada perhelatan Copa America tahun ini. Hal tersebut juga membuatnya berhasil membawa Argentina ke babak berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here