Peraturan Baru FIFA dan Kemungkinan Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

0
93

Jika melihat perkembangan Timnas di era Shin Tae-yong saat ini, bukan tidak mungkin Timnas dapat bermain di ajang piala dunia sebagai mimpi belaka. Sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan ini, Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang luar biasa. Tak ayal satu persatu target yang diemban oleh Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dapat terpenuhi.

Banyak gebrakan baru yang secara mengejutkan para pecinta sepakbola Indonesia. Salah satunya adalah mampu menjadi finalis Piala AFF 2020 meskipun dengan diisi pemain muda yang dapat dibilang minim pengalaman Internasional. Hal tersebut tentu memberikan angin segar dan optimisme masyarakat Indonesia untuk dapat bermain di ajang turnamen terbesar di dunia. Setidaknya untuk Piala Dunia 2026 mendatang.

Peraturan Baru FIFA Menguntungkan Negara Asia

Peluang Timnas Indonesia untuk dapat tampil di Piala Dunia 2026 semakin terbuka lebar. Terlebih dengan peraturan baru yang dikeluarkan oleh FIFA. Peraturan baru ini berkaitan dengan penambahan jumlah slot negara peserta Piala Dunia yang bakal digelar di 3 negara, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko ini.

Dalam peraturan Baru ini FIFA akan menambah menjadi 48 negara dari jumlah awal hanya 32 negara. Adanya penambahan slot sebanyak 16 negara ini, negara Asia mendapat jatah 4 slot tambahan yang artinya pada pagelaran tersebut Asia bakal mengirim 8 negara sebagai perwakilan. Dengan adanya peraturan baru ini tentu harus dimaksimalkan oleh Indonesia untuk menjadi salah satu perwakilan Asia.

Cara Yang Dapat Ditempuh Timnas Indonesia Agar Tampil Di Piala Dunia 2026

Meskipun demikian, bukan berarti langkah Indonesia untuk dapat meraih mimpi tersebut menjadi mudah. Banyak tantangan dan tugas berat yang harus dicapai selama 4 tahun kedepan. Mampukah Timnas Indonesia mencapai target tersebut? Berikut beberapa kondisi yang bisa membuat Indonesia tampil di Piala Dunia 2026:

1. Harus Lolos Piala Asia 2023

Tugas berat yang harus dihadapi Indonesia dalam waktu dekat ini yaitu harus mampu lolos dari babak kualifikasi dan tampil dalam Piala Asia 2023. Event akbar di benua Asia ini dapat dijadikan batu loncatan bagi Timnas untuk dapat tampil di Piala Dunia 2026. 

Apabila ditinjau dari bakal calon pesaing dalam babak kualifikasi, peluang Timnas Indonesia untuk dapat tampil dalam putaran final piala Asia terbuka cukup lebar. Pada putaran kualifikasi Piala Asia yang dijadwalkan berlangsung pada 8 hingga 14 Juni diharapkan para pemain baik yang bermain di luar negeri maupun dalam negeri dapat memberikan kontribusi terbaiknya. 

Selain itu PSSI juga sedang dalam proses melakukan naturalisasi pemain keturunan agar dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia. Setidaknya ada empat pemain naturalisasi yang ditargetkan dapat mengisi daftar pemain Garuda pada ajang tersebut. Mereka yaitu Ragnar Oratmangoen, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Mees Hilgers.

2. Mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026

Langkah Indonesia untuk dapat tampil di Piala Dunia 2026 akan terbuka lebar apabila berhasil mencapai minimal perempat final Piala Asia 2023. Akan tetapi jika target tersebut gagal direalisasikan masih ada cara lain yaitu mengikuti kualifikasi Piala Dunia. 

Babak kualifikasi Piala Dunia 2026 rencana bakal diadakan pada tahun 2024 hingga 2025. Mengingat waktu kualifikasi yang terbilang masih cukup lama, perlu rasanya PSSI dan juga jajaran pelatih melakukan sinergi guna mematangkan rencana besar lolos putaran Final 2026 mendatang.

3. Pindah Zona Pasifik Oceania

Alternatif lain yang dapat dilakukan timnas agar dapat lolos Piala Dunia 2026 adalah dengan pindah dari Zona Asia ke Zona Pasifik Oceania. Indonesia dapat mengisi slot yang ditinggalkan Australia pada zona ini. 

Akan tetapi jika benar-benar pindah ke zona Pasifik Oceania, Indonesia harus memperebutkan 1 slot yang ada. Selain itu juga diharuskan untuk melakukan playoff melawan peringkat 5 Zona Amerika Latin (Conmebol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here