Peran Penting Solskjaer di Balik Ketajaman Haaland

Debatbola.com – Musim 2019/20 menjadi musimnya Erling Haaland. Pemain berusia 19 tahun itu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu penyerang terbaik Eropa musim ini.

Haaland total mencetak 40 gol dan 9 asis dari total 33 laga yang dimainkannya. Konsistensinya dalam membobol gawang lawan pun membuatnya hijrah dari RB Salzburg ke Borussia Dortmund pada awal tahun 2020 dengan nilai transfer 20 juta euro.

Menariknya, dalam ketajaman Haaland tersebut terdapat peran besar manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Haaland menjelaskan bahwa Solskjaer yang sempat jadi pelatihnya di Molde memberikan dasar penting untuk mencetak gol.

“Ketika aku melihat masa lampau, pada awal tahun 2018, itu menjadi titik balik bagi karierku. Itu terjadi sebelum pertandingan melawan SK Brann, saat [Ole Gunnar] Solskjaer dan aku berlatih penyelesaian akhir,” tukas Haaland pada Eurosport.

“Aku ingat dia mengajariku beberapa aturan dasar. Yang pertama soal sentuhan, saya tidak boleh menggunakan terlalu banyak kekuatan atau terlalu berusaha menghancurkan gawang atau kiper dengan bola.”

Haaland membeberkan bahwa dirinya tidak langsung bisa mempraktikkannya di lapangan sehingga ia sempat tetap kesulitan mencetak gol. Tapi Solskjaer terus memberikannya kepercayaan dan mengajari hal-hal lain perihal mencetak gol.

“Aku berlatih soal itu, tapi masih gagal mencetak gol. Namun setidaknya masukannya selama latihan sudah tertanam dalam pikiranku. Dia telah mengajariku banyak hal untuk tetap tenang dan juga waspada ketika bola datang. Setelah itu, kita bisa punya peluang untuk cetak gol. Dia layak mendapatkan banyak pujian karena telah mengajariku.”

Kedekatan Haaland dan Solskajaer tersebut sempat membuat rumor Haaland akan menyusul Solskjaer ke Manchester United pada bursa transfer dingin yang lalu mencuat. Namun Haaland lebih memilih Dortmund untuk melanjutkan kariernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here