Pep Guardiola Siap Tinggalkan Manchester City Demi Latih Timnas

0
93

Debatbola.com – Pelatih ternama yang kini membesut Manchester City, Pep Guardiola baru-baru ini membocorkan rencananya di masa depan setelah tugasnya di Etihad Stadium usai. Pelatih 50 tahun ini berencana untuk menukangi tim nasional.

Pengalaman Baru

Nama Josep Guardiola merupakan salah satu nama dari banyak pelatih dengan prestasi gemilang di dunia kepelatihan. Sejak tahun 2016 lalu hingga saat ini pria asal Spanyol ini masih aktif menjadi pelatih dari Manchester City. Kedatangannya di Etihad Stadium membawa berkah yang sangat luar biasa. Sebab dia mampu menyumbangkan berbagai gelar dari berbagai kompetisi untuk tim berjuluk ‘The Citizens’ ini.

Jika ditotal, mantan pelatih Barcelona ini sudah menghadirkan 10 trofi untuk Manchester City. Termasuk tiga kali gelar juara Liga Premier Inggris. Bahkan dengan sentuhan tangan dinginnya, timnya mampu berlaga di babak final Liga Champions musim 2020/2021 kemarin.

Pada awal tahun 2021 kemarin, Guardiola diketahui memperbarui kontrak melatihnya hingga tahun 2023 mendatang. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan sang pelatih ingin mencari suasana baru dalam karirnya setelah masa tugasnya usai.

Kode Ingin Istirahat

Saat ini Manchester City bersama Pep Guardiola masih menjadi suatu kesatuan yang mampu mendominasi klasemen atas di Liga Premier. Bisa dibilang klub ini menjadi pesaing gelar yang sangat tangguh. Namun yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan, dan setiap awal akan menemui akhirnya. Kata-kata ini nampaknya cocok untuk menggambarkan tentang apa yang akan dilakukan Josep Guardiola kedepannya.

Guardiola sempat mengutarakan niatannya untuk istirahat sejenak dari melatih klub usai masa tugasnya di Manchester City berakhir di tahun 2023 mendatang. Kabar ini dirangkum dari media olahraga asal Spanyol, Marca. Mereka mengabarkan jika sang pelatih akan menjajal level baru dengan melatih tim nasional. Namun dengan satu catatan, jika kesempatan itu datang untuknya di suatu hari nanti.

Masih bersumber dari sumber media inter303 yang sama, Guardiola menuturkan jika dirinya butuh waktu istirahat setelah tujuh tahun menjadi juru racik Manchester City. Dia butuh waktu untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan karirnya selama ini sebagai pelatih dan juga kembali belajar dari pelatih lainnya.

Tampil di Kancah Internasional

Lebih lanjut mantan pelatih dari Bayern Munchen dan juga Barcelona ini menjabarkan jika dirinya memiliki keinginan untuk menjadi pelatih sebuah tim nasional. Pelatih yang akrab disapa ‘Pep’ ini mengaku ingin menukangi timnas dan tampil di kompetisi Internasional seperti Euro, Copa Amerika, atau bahkan Piala Dunia.

Akan tetapi semua impiannya itu akan dia lakukan setelah proses istirahatnya sudah selesai dia nikmati. Guardiola juga mengungkapkan kepada Marca jika dirinya pasti akan menyukai rencananya ini dan akan menikmati statusnya sebagai pelatih dari sebuah tim nasional di masa yang akan datang.

Peluang Tim Yang Akan Dilatih

Pep Guardiola merupakan pelatih dengan tipikal pendirian yang sangat kuat. Pria asal Spanyol ini sudah terjun di dunia kepelatihan sejak tahun 2008 silam dan Barcelona menjadi tim pertama yang dia latih. Dengan adanya kabar jika sang pelatih ingin menukangi tim nasional, maka ada beberapa negara yang sudah bisa memulai mendekatinya.

Wajar jika pelatih ini menjadi sosok yang menarik dengan segudang prestasi yang dimilikinya selama ini. Di belahan Eropa, Guardiola bisa saja dipepet oleh negaranya sendiri, Timnas Spanyol ketika masa baktinya di Manchester City usai. Sebab Luis Enrique yang saat ini menjadi pelatih tim Matador akan menghabiskan kontrak melatihnya pada tahun 2022 mendatang.

Selain negaranya sendiri, Inggris juga berpeluang memakai jasanya mengingat sang pelatih sudah berkiprah selama tujuh tahun di Liga Premier Inggris. Bahkan tidak menutup kemungkinan tim dari negara Timur Tengah seperti Qatar hingga Arab Saudi tertarik menggunakan jasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here