Penjualan Chelsea Bakal Selesai Sebelum Deadline di Akhir Mei

0

Debatbola.com – Pasca melalui drama yang cukup panjang, takeover kepemilikan Chelsea hampir dikatakan komplit. Roman Abramovich lengser, dan penggantinya adalah Todd Boehly. Peresmian sudah dilakukan oleh pihak klub. Sekarang, semua proses alih kepemilikan ini kabarnya bakal selesai sebelum deadline di akhir Mei.

Sudah Diresmikan Klub

Drama panjang pergantian pemilik Chelsea akhirnya selesai dengan terkonfirmasinya pemilik klub baru pasca lengsernya Roman Abramovich. Todd Boehly adalah nama sang pemilik baru tersebut. Boehly merupakan CEO dan ketua Elridge Industries dan sebelumnya menjadi kandidat kuat suksesor Abramovich.

Sabtu (6/5) waktu setempat, alih tangan kepemilikan Chelsea resmi terkonfirmasi lewat pernyataan klub sendiri. Akuisisi ini dilakukan oleh Clearlake Capital yang dipimpin oleh Boehly. Lewat pernyataan resminya, Clearke Capital diketahui menginvestasikan dana total sebesar 2,5 miliar poundsterling.

Tidak hanya itu, Chelsea juga mengonfirmasi bahwa pemilik baru akan menginvestasikan 1,75 miliar poundsterling dana tambahan untuk kepentingan klub. Antara lain untuk renovasi Stamford Bridge dan Kingsmeadow, juga untuk pendanaan Chelsea Foundation. Intinya, kedatangan pemilik baru Chelsea sudah diresmikan.

Menunggu Persetujuan Pemerintah

Walaupun secara resmi, kepemilikan Chelsea sudah berpindah tangan, proses akuisisi lebih lanjut ternyata belum selesai. Memang, Boehly secara resmi telah menjadi pemilik baru Chelsea. Tetapi, menurut The Independent, ia masih harus menunggu adanya pengesahan dari Liga Inggris dan pemerintah Inggris.

Dari laporan yang sama, dapat dipahami bahwa pemerintah memberi deadline sampai dengan tanggal 31 Mei 2022. Ini sesuai dengan masa berlaku aturan khusus yang kini diberikan kepada Chelsea untuk tetap bisa beroperasi. Proses akuisisi harus sudah selesai sebelum deadline tersebut.

Deadline yang ditetapkan adalah tanggal 31 Mei 2022, tetapi The Independent memahami bahwa proses bisa berjalan lebih cepat. Laga terakhir Chelsea di Liga Inggris adalah pada 22 Mei 2022. The Independent meyakini ada kemungkinan proses akuisisi rampung sebelum tanggal tersebut.

Setelah diresmikan pihak klub, Todd Boehly rencananya bakal menemui Thomas Tuchel dan Emma Hayes, pelatih Chelsea pria dan wanita. Tujuan utama ia bertemu keduanya tentu membahas soal akuisisi ini. Boehly akan melakukan pertemuan ini sebagai langkah penting dalam proses akuisisi.

Masih Beroperasi di Bawah Sanksi

Adapun sebelum proses akuisisi ini benar-benar rampung, Chelsea masih tetap berada dalam sanksi pemerintahan Inggris. Sebagai informasi, sanksi inilah yang membuat Abramovich pada akhirnya memilih menjual klub. Sanksi ini dijatuhkan karena Abramovich diketahui punya kaitan dengan Vladimir Putin, presiden Rusia.

Pada 2 Maret, Abramovich menjual klub dan sanksi membuat Abramovich harus cepat menemukan pembeli. Boehly pernah menawar senilai sekitar 3 miliar poundsterling dan ditolak. Tetapi akhirnya, Boehly dan para partnernya seperti Mark Walter dan Hansjörg Wyss akhirnya memenangkan penawaran.

Bukan Alasan Kehilangan Fokus

Semenjak proses akuisisi, Chelsea sempat tampil bagus, tetapi mereka kali ini belum pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir. Thomas Tuchel mengungkapkan tidak ada alasan tim tampil buruk karena memikirkan takeover kepemilikan ini. Sang pelatih ingin memperbaiki performa tim kedepannya.

“Saya pikir alih kepemilikan bukanlah alasan untuk kehilangan fokus.” Kata Tuchel pasca laga kontra Wolverhampton yang berakhir seri. “Kami sudah membuktikan ketika situasi ini muncul, bahwa kami masih bisa fokus. Di sini, kami melakukan pekerjaan kami dan berusaha lebih baik.”

Pekan ini, Chelsea ditahan Wolverhampton yang membuat posisi di tabel klasemen makin dipepet rival-rival. Setelahnya, Chelsea akan menghadapi Leeds United berbekal catatan tanpa menang di tiga laga. Tapi Tuchel mengaku ia akan berusaha membawa timnya kembali ke performa terbaik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version