Pendapat Klopp dan Guardiola Soal Virus Corona

0
322
Pendapat Klopp dan Guardiola Soal Virus Corona

Debatbola.com  – Virus Corona telah membuat sejumlah pertandingan ditunda hingga digelar tanpa penonton. Bahkan Serie A Italia terpaksa dihentikan untuk sementara karena di Italia sudah lebih dari 200 jiwa melayang karena virus mematikan ini.

Oleh karenanya virus corona masih meneror liga-liga lainnya yang masih berjalan. Seruan untuk menghentikan liga di berbagai kompetisi pun sudah mulai nyaring terdengar demi menghindari semakin banyaknya korban jiwa karena virus yang bermula dari Tiongkok ini.

Pertandingan-pertandingan Liga Champions, yang mempertemukan kesebelasan-kesebelasan berbagai negara Eropa, akan bergulir pada pekan ini. Sejumlah pertandingan sudah dipastikan digelar tanpa penonton.

Pihak-pihak yang terlibat langsung di pertandingan, baik itu pemain maupun pelatih, punya kekhawatirannya sendiri terkait virus corona ini. Manajer Liverpool, Juergen Klopp, misalnya, ia merasa tak masalah jika seandainya kompetisi sepakbola dihentikan sementara waktu selama masih adanya ancaman dari virus corona.

“Apapun yang akan diputuskan, jelas kami akan menerimanya, tapi aku masih belum menemukan alasan masuk akal dari semuanya saat ini,” kata Juergen Klopp merespons kans laga Liverpool melawan Atletico Madrid digelar tanpa penonton.

“Kita butuh waktu untuk mendapatkan solusi. Aku tak tahu betul apakah pertandingan tanpa penonton akan membantu. Masalahnya meski penonton tidak ada di stadion, mereka bisa menonton bersama di sebuah ruangan tertutup, jadi aku masih tak yakin keputusan mana yang lebih baik. Yang jelas, ada banyak hal yang lebih penting dari sepakbola dan kami menyadarinya di situasi sekarang. Kita punya keluarga, teman, anak, orang tua, yang ingin mereka sehat.”

Di tempat lain, manajer Manchester City, Pep Guardiola, juga menilai bahwa sebuah pertandingan sepakbola harus digelar dengan adanya penonton. Ia tahu bahaya dari virus corona ini, tapi ia berharap para pengambil keputusan tetap bisa mengambil keputusan yang tidak merugikan klub dan penonton.

“Kami menyadari betapa bahayanya virus ini karena ini sudah terjadi di Italia,” kata Pep Guardiola. “Liga dihentikan, di Spanyol mereka akan menjalani laga tanpa penonton selama dua minggu ke depan dan aku rasa hal itu akan terjadi juga di sini.”

“Tapi jika ditanya soal sepakbola tanpa penonton, mereka adalah alasan kami melakukan pekerjaan ini, untuk banyak orang. Jika orang-orang tidak bisa datang, maka itu aneh. Aku tak suka bermain di Liga Champions, di Premier League, atau di kompetisi apapun jika tanpa penonton.”

Di Premier League, laga Manchester City melawan Arsenal diputuskan untuk ditunda karena Presiden Olympiakos, yang jadi lawan Arsenal dua pekan lalu, positif corona. Meskipun begitu, mereka melanjutkan Premier League seperti biasa sesuai jadwal kecuali pada laga tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here