Pemilihan Skuad Shin Tae-Yong Pancing Penasaran Media Thailand

0
69
Timnas Indonesia

Debatbola.com – Pasukan timnas Indonesia akan segera memulai petualangannya lagi di World Cup 2022 Qualifiers AFC. Untuk bertarung di tiga laga pamungkas Grup G, pelatih Shin Tae-yong sudah merilis nama 28 punggawa yang akan ia bawa. Pemilihan pemain Shin Tae-Yong itupun menarik perhatian dari media Negeri Gajah Putih.

Perubahan Drastis Usia Skuad

Gelaran World Cup Qualifiers AFC akan kembali dimulai dan Indonesia bakal kembali ikut berpartisipasi meramaikan gelaran ini. Indonesia sudah tampil buruk di lima laga pembuka Grup G. Pasalnya, dari lima laga pembuka yang sudah dilakoni, tim Garuda selalu gagal mendapatkan poin.

Alhasil di tiga laga mendatang, Shin Tae-Yong sepertinya hendak melakukan sejumlah perubahan dalam skuadnya. Perubahan paling menarik dalam skuad Shin Tae-Yong adalah mengenai perubahan rata-rata umur. Dalam daftar skuad terbarunya, terlihat jelas bahwa pelatih asal Negeri Ginseng lebih mengandalkan para pemain muda.

Seperti dikutip dari Bola.com, Shin Tae-Yong dilaporkan telah merilis 28 nama untuk dimasukkan ke dalam timnas Indonesia. Dari 28 nama itu, hanya empat punggawa yang berumur di atas 25 tahun, sedang sisanya berumur lebih muda. Rata-rata usia pemain Indonesia pun tercatat berada di angka 22,4 tahun.

Era Baru Tim Garuda

Kebijakan Shin Tae-Yong yang percaya pada para punggawa muda dan mencoret beberapa pemain berpengalaman pun menarik perhatian berbagai media. Salah satu media yang tertarik menyoroti hal ini adalah Siam Sport, media asal Negeri Gajah Putih, Thailand. Siam Sport menyebut bahwa Shin Tae-Yong akan membawa tim Garuda ke era timnas modern.

Dilansir dari DebatBola.com, Siam Sport menuturkan, Shin Tae-yong berniat meregenerasi skuad Indonesia. Media Thailand itu pun memuji sang juru taktik dengan menyebutnya disiplin dan tegas. Itu terlihat dari keberanian Shin Tae-Yong mendepak beberapa nama punggawa senior, terutama yang kurang disiplin.

Alasan Rombak Skuad

Apa yang diungkapkan oleh Siam Sport ternyata benar demikian adanya. Pasalnya, Shin Tae-Yong sendiri sebelumnya pernah menyebut alasannya merombak skuad Indonesia. Seperti dilansir dari Indosport, Shin Tae-Yong mengatakan bahwa ia memang ingin melakukan regenerasi dalam skuadnya.

Macetnya Liga Indonesia selama setahun lebih menurut Shin Tae-Yong membuat para pemain mengalami penurunan kondisi fisik. Karenanya, ia ingin memanggil para pemain muda guna meningkatkan kualitas fisik dan mental. Dengan fisik dan mental yang kuat, maka semua laga di Kualifikasi Piala Dunia akan berjalan sedikit lebih mudah.

Selain ingin meningkatkan kualitas fisik dan mental para punggawa muda, Shin Tae-yong juga mengatakan bahwa ia ingin meningkatkan motivasi dalam timnya. Hasil minor di lima laga sebelumnya tentu saja membuat motivasi tim menurun. Karenanya, Shin Tae-Yong ingin membawa nama-nama baru baru yang lebih segar, serta memiliki motivasi baru pula.

Hadapi Lima Bentrok

Di World Cup Qualifiers AFC sendiri, Indonesia menempati Grup G putaran kedua. Tim Garuda menempati grup ini bersama dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, beserta Uni Emirat Arab. Dengan lima kali tumbang dari lima laga, Indonesia pun harus tercecer di peringkat dasar klasemen.

Kini, Indonesia hanya punya tiga pertandingan lagi di babak kedua World Cup Qualifiers AFC. Masing-masing adalah menantang Thailand, Vietnam, serta Uni Emirat Arab. Namun sebelum tiga laga tersebut, tim Garuda sudah dinanti dua pertandingan uji coba, kontra Afghanistan dan Oman yang bakal berlangsung di Dubai.

Dilihat tabel klasemen sementara Grup G, Indonesia memang sudah tak punya harapan melaju ke babak berikutnya. Kendati demikian, tiga pertandingan tersisa di grup G masih punya peran krusial untuk armada Shin Tae-Yong. Pasalnya tiga pertandingan ini dapat digunakan Indonesia untuk memperbaiki peringkat FIFA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here