Pemerintah Inggris Izinkan Sekitar 60 Ribu Penonton Hadiri Semifinal dan Final Euro 2020

0
44
Pemerintah Inggris Izinkan Sekitar 60 Ribu Penonton Hadiri Semifinal dan Final Euro 2020

Debatbola.com – Akibat pandemi Covid-19 gelaran Euro 2020 tidak dapat digelar dengan menghadirkan banyak penonton. Meski begitu, dalam tiga laga pamungkas kompetisi empat tahunan ini, akan ada berita bagus untuk semua pecinta turnamen ini. Pemerintah Inggris telah mengizinkan sekitar 60 ribu penggemar untuk menonton semifinal dan final Euro 2020 .

Covid-19 Buat Euro Sepi

Dijadwalkan bakal digelar pada bulan Juni 2020 kemarin, turnamen UEFA Euro 2020 akhirnya harus ditunda setahun berikutnya, atau pada Juni 2021. Meski sudah ditunda, turnamen ini tak lantas bisa lepas dari bayang-bayang Covid-19. Covid masih tetap mempengaruhi tingkat keramaian penonton di setiap laga kompetisi empat tahunan ini.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, mayoritas tuan rumah Euro 2020 tidak diperbolehkan mengisi penuh tribun stadion yang mereka miliki. Hal ini dilakukan dengan maksud agar tak ada penyebaran virus yang lebih masif lagi di kawasan Eropa. Tercatat, Puskás Aréna menjadi satu-satunya tuan rumah yang diizinkan mengisi penuh kapasitas kursinya.

Berita Bagus dari Inggris

Meski mayoritas tuan rumah Euro 2020 belakangan tak diperkenankan mengundang banyak penonton, kabar baik hadir jelang bergulirnya babak 16 besar. Kabar baik itu datang dari salah satu tuan rumah turnamen, yakni Inggris. Pemerintah Inggris dikabarkan sudah mengizinkan lebih banyak penonton hadir untuk tiga laga pamungkas turnamen.

Mengutip dari laman BBC, pemerintah Inggris dilaporkan sudah mengumumkan bahwa mereka siap mengizinkan lebih banyak penonton hadir di Wembley. Laporan yang sama mengatakan Wembley boleh mengisi hingga 75 persen dari jumlah kursi mereka. Izin ini diberikan pemerintah Inggris untuk dua partai semifinal, beserta satu partai puncak turnamen.

Wembley sendiri menjadi stadion terbesar di Inggris dengan jumlah kursi mencapai 90 ribu kursi penonton. Artinya, jika Wembley diperkenankan mengisi sampai 75 persen jumlah kursi penonton, maka akan ada kurang lebih 60 ribu penggemar yang akan datang. Ini berarti, laga semifinal dan partai puncak Euro 2020 bakal ditonton oleh kurang lebih 60 ribu orang.

Kabar ini tentu saja menjadi kabar baik bagi Inggris karena dalam akhir-akhir ini kegiatan olahraga mereka terkesan sedang mati. Jika Wembley dapat menghadirkan 60 ribu fans untuk semifinal dan final turnamen Euro 2020, maka ini akan jadi rekor tersendiri. Ini akan jadi event olahraga dengan penonton paling banyak, setidaknya dalam 15 bulan ke belakang.

Presiden UEFA Sambut Gembira

Menyambut izin dari Inggris, presiden UEFA Aleksander Čeferin mengaku senang. Čeferin mengaku bahagia menerima kabar bahwa akan ada lebih banyak penggemar ketika partai semifinal dan final Euro 2020 dilangsungkan. Ia pun menambahkan bahwa turnamen ini akan menginspirasi orang-orang agar bisa hidup normal lagi di tengah pandemi.

“Adalah kabar bagus jika ada banyak fans bisa menyaksikan tiga partai penutup Euro 2020 di Wembley.” Kata Čeferin, dikutip via BBC. “Ajang ini akan jadi teladan bagi orang-orang menuju kehidupan normal. Ini merupakan langkah yang lebih maju untuk menuju kehidupan seperti itu.”

“Saya merasa bersyukur untuk pemerintah Inggris terhadap kinerja mereka demi mewujudkan tugas ini bersama kami. Demi mensukseskan pertandingan final yang akan digelar di Wembley.” Tambah Čeferin, memuji kinerja pemerintah Inggris yang telah membantu tugas UEFA.

Perlu diketahui pula, Inggris menjadi salah satu negara dengan penyebaran Covid-19 yang cukup masif. Saking parahnya, banyak pihak menyarankan laga semifinal dan final dialihkan dari stadion Wembley. Namun, UEFA tak menghiraukannya dan merasa bahwa Wembley masih cukup aman untuk menggelar tiga partai pamungkas Euro 2020 tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here