Pemain Naturalisasi Indonesia Dengan Laga Terbanyak Bersama Timnas

0

Debatbola.com – Program naturalisasi merupakan salah satu cara terbaik PSSI untuk merekrut pemain berkualitas. Saat ini pelatih Indonesia, Shin Tae-yong berusaha memproses beberapa pemain yang akan dinaturalisasikan untuk Indonesia. Namun baru ada dua pemain yang proses naturalisasinya berjalan. Pertama adalah Sandy Walsh, dan yang kedua adalah Jordi Amat.

Sebenarnya PSSI sudah lama melakukan program naturalisasi, hampir setiap tahun ada. Total keseluruhan hingga saat ini ada 35 pemain yang pernah di naturalisasikan PSSI. Namun ternyata tidak semua pemain bisa berkontribusi banyak kepada Timnas. Sejauh ini hanya ada 5 pemain dengan jumlah bermain paling banyak bersama Timnas, siapa saja itu? Ini dia:

1. Cristian Gonzales

Nama Cristian Gonzales nampaknya tidak asing di telinga masyarakat Indonesia saat ini. Pemain ini merupakan kelahiran Uruguay pada tanggal 30 Agustus 1975. Dilihat dari tahun kelahirannya, pemain ini tentunya sudah cukup tua untuk pemain sepak bola. Pemain ini mendapatkan status WNI pada tahun 2010 tepatnya bulan November.

Saat ini Cristian Gonzales sudah pensiun dari Timnas Indonesia. Sejauh ini Cristian Gonzales sudah bermain sebanyak 29 kali bersama Tim Nasional Indonesia. Dari 29 penampilannya tersebut, pemain dengan julukan El Loco ini sudah menyumbangkan 12 gol untuk Timnas.

2. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly merupakan pemain ternama yang diperoleh Indonesia dari proses naturalisasi. Pemain ini memiliki darah keturunan Indonesia dan Belanda, sehingga proses naturalisasinya lebih mudah dibanding pemain lain. Stefano Lilipaly mendapat status WNI secara resmi pada tahun 2011.

Nama Stefano Lilipaly semakin hangat setelah dipromosikan ke tim utama klub asal Belanda, FC Utrecht. Sejauh ini Stefano Lilipaly sudah bermain sebanyak 29 kali bersama Timnas Indonesia. Dari penampilannya tersebut, pemain ini telah menorehkan 7 gol untuk Indonesia.

3. Raphael Maitimo

Raphael Maitimo merupakan pemain naturalisasi Indonesia yang lahir di Rotterdam, Belanda pada 17 Maret 1984. Pemain ini mulai bermain bersama Timnas Indonesia pada ajang piala AFF 2012. Kala itu terjadi kegusaran dikarenakan pemain ini baru dilakukan proses naturalisasi.

Raphael Maitimo sebenarnya sudah bermain di klub Indonesia sejak sebelum dirinya dinaturalisasikan. Sejauh ini Raphael Maitimo sudah memberikan kontribusi sebanyak 21 kali untuk Indonesia. Dengan penampilannya tersebut, pemain ini sudah memberikan 4 gol untuk Indonesia.

4. Beto Goncalves

Beto Goncalves lahir di Brasil pada 31 Desember 1980. Pemain ini mulai bermain untuk Timnas Indonesia setelah proses naturalisasinya selesai pada 6 Februari 2018. Meskipun demikian, Beto Goncalves sudah berpengalaman bermain bersama klub lokal jauh sebelum proses naturalisasinya selesai.

Beto Goncalves menjadi salah satu pemain naturalisasi tersubur untuk Indonesia hingga saat ini. Bagaimana tidak, posisinya sebagai striker tentunya memiliki kesempatan lebih banyak mencetak gol dibandingkan pemain naturalisasi lain. Sejauh ini Beto sudah bermain sebanyak 16 kali bersama Timnas Indonesia dengan perolehan 14 gol.

5. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo lahir di Nigeria pada 10 Oktober 1985. Pemain ini resmi dinaturalisasi pada 10 Oktober 2011. Sebelumnya Victor Igbonefo sudah aktif di liga lokal sebagai pilar lini pertahanan. Victor telah bermain bersama banyak tim lokal, terakhir membela Persib Bandung hingga sekarang. 

Sejauh ini Victor Igbonefo sudah bermain sebanyak 14 kali bersama Timnas Indonesia. Pemain ini sudah banyak berlaga di ajang internasional mulai dari kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 hingga terakhir adalah Piala AFF 2020.

Masih banyak pemain dari program naturalisasi yang tidak bisa disebutkan semuanya. Indonesia patut bangga dan berterimakasih atas kontribusi pemain-pemain tersebut. Tanpa mereka, Indonesia belum tentu menembus final dalam ajang-ajang besar tingkat internasional.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version