Pemain Luar Negeri Berdarah Jawa Yang Dapat Membela Indonesia

0

Debatbola.com – Tim Nasional sepak bola Indonesia saat ini akan bersiap menghadapi negara-negara kuat di Asia. Sebentar lagi Indonesia akan mengikuti ajang Kualifikasi Piala Asia. Untuk itu banyak strategi yang digunakan Indonesia, salah satunya adalah mencari pemain-pemain luar negeri yang bisa dipanggil Indonesia. Ternyata di luar negeri sana banyak pemain yang memiliki darah Jawa.

Apabila sesuai kriteria, bisa saja pemain berdarah Jawa tersebut akan dipanggil PSSI. Namun banyak yang belum tahu siapa saja pemain berdarah Jawa tersebut. Lantas siapa sebenarnya mereka? Berikut daftarnya :

  1. Ivar Jenner

Pemain yang satu ini berlaga bersama klub Eropa asal Belanda. Ivar Jenner saat ini sedang bermain untuk membela FC Utrecht U-18. Sesuai dengan kategori usianya, Ivar Jenner masih berusia 18 tahun. Gelandang merupakan posisi yang cocok untuk Ivar Jenner saat ini, untuk itu di FC Utrecht pemain ini menempati posisi gelandang.

Ivar Jenner memiliki darah Jawa dari ayahnya. Ada hal menarik dari Ivar Jenner, di Instagram pribadinya terpasang bendera Indonesia. Ini tentunya menjadi salah satu tanda bahwa pemain ini bangga dengan tanah kelahiran ayahnya, Indonesia. Pemain ini dapat mengenal lebih jauh mengenai Indonesia dari Bagus Kahfi yang saat ini satu klub dengannya.

  1. Sandy Walsh

Pemain yang satu ini sedang membela klub asal liga Belgia yaitu KV Mechelen. Sandy Walsh menjadi pemain yang paling mungkin membela Tim Nasional Indonesia dalam waktu dekat ini dibanding pemain lainnya. Ini dikarenakan Sandy Walsh sedang dalam proses naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI.

Apabila proses naturalisasi lancar, Sandy Walsh diperkirakan dapat membela Tim Nasional Indonesia pada ajang bergengsi mendatang. Timnas Indonesia akan mengikuti kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022 mendatang. Sandy Walsh memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berdarah jawa berasal dari kakek-neneknya.

  1. Darren Sidoel

Dari namanya saja, tentu pembaca sudah bisa mengira-ngira bahwa pemain ini memiliki darah Betawi. Darren Sidoel memiliki darah Jawa dari sang ayah yang merupakan seorang Jawa. Namun, Darren Sidoel sendiri lahir dan besar di tanah Belanda.

Selama berada di Belanda, pemain ini memiliki banyak sekali pengalaman yang sangat berguna. Bahkan semasa hidupnya hingga sekarang ini, Darren Sidoel  pernah bermain ke berbagai negara besar Eropa. Beberapa negara diantaranya adalah Inggris, Bulgaria, Spanyol, Belgia, dan tentunya Belanda. Namun saat ini Darren Sidoel bermain di SC East Bengal klub asal India.

  1. Robin Soeradhiningrat

Dari namanya saja sudah bisa disimpulkan bahwa pemain ini memiliki darah Jawa dalam tubuhnya. Apabila ditelusuri, darah Jawa pemain ini berasal dari kedua orang tuanya yang saat ini sudah hidup lama di Jerman. Robin Soeradhiningrat merupakan penjaga gawang di sebuah klub kasta lima Liga Jerman.

Pemain ini masih terbilang cukup muda, usianya baru 20 tahun. Robin Soeradhiningrat merupakan keturunan WNI asli yang hanya kebetulan menetap lama di Jerman. Namun ada sebuah situs terkenal TMid_news yang mengatakan bahwa pemain ini berdarah Jerman-Vietnam. Namun pernyataan tersebut dibantah langsung olehnya yang merupakan asli Indonesia.

  1. Jim Croque

Jim Croque adalah pemain yang namanya sama sekali tidak memiliki tanda dari Indonesia apalagi Jawa. Namun siapa sangka, pemain ini memiliki darah Jawa dari sang ayah. Jim Croque merupakan pemain klub Belanda, Vitesse. Pemain kelahiran Belanda 5 Juli 2004 ini mengaku sangat terhormat apabila dipanggil PSSI untuk membela Tim Nasional Indonesia.

Semua itu diungkapkan Jim Croque di salah satu video yang diupload oleh Yussa Nugraha. Namun PSSI sendiri tentunya memiliki standar pemain yang akan dipanggil untuk Tim Nasional Indonesia. Apabila Jim Croque memenuhinya, bukan tidak mungkin akan dipanggil Timnas Indonesia.

Saat ini PSSI sedang berusaha mencari dan menyeleksi beberapa kandidat untuk dipanggil ke Indonesia. Namun sejauh ini dari pemain berdarah Jawa yang disebutkan diatas, hanya ada Sandy Walsh yang sedang proses naturalisasi. Ini karena PSSI memiliki kriteria tersendiri dalam memanggil pemain untuk membela Timnas Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version