Pekan Ke-35, Liga Premier Inggris Menghasilkan Juara

0
266
Manchester City

Debatbola.com – Manchester City mengawali musim ini dengan performa yang cukup buruk. Tim yang diasuh oleh Pep Guardiola ini sempat terperosok hingga ke peringkat delapan klasemen Liga Premier Inggris pada matchday keempat. Lantaran dikalahkan oleh Leicester City dengan skor fantastis 2-5 dan hanya meraih satu poin kala melawan Leeds United.

Tim yang berjuluk The Citizens ini sempat naik ke posisi ketiga pada matchday kelima setelah mengalahkan Arsenal 1-0. Namun tragedi terulang kembali pada pekan kesembilan setelah pasukan Pep bertekuk lutut di tangan Tottenham. Kala itu skuat The Lilywhites masih dilatih Jose Mourinho.

Akan tetapi perlahan-lahan tim mulai bangkit. Para pemainnya mulai menunjukkan kualitas yang sebenarnya walaupun telat panas. Skuat The Citizens berhasil memuncaki klasemen liga pada matchday ke-19, setelah menang atas tamunya, Crystal Palace dengan kedudukan 4-0.

Gelar Liga Ketujuh

Hingga pada matchday ke-35, The Citizens berhasil menyegel langkah mereka menjadi pemenang Liga Premier Inggris pada musim fantastis ini. Rival sekota mereka, Manchester United di posisi kedua tak sanggup menemui kemenangan pada laga melawan Leicester City pada Rabu (12/5). Mereka takluk dengan kedudukan akhir 1-2.

Dengan torehan 80 poin dan hanya tersisa tiga laga lagi, dipastikan sang runner up, Manchester United tidak mampu menyalip. Skuat Setan Merah kini total mengoleksi 70 poin atau berselisih 10 poin dengan tetangganya itu.

Gelar terbaru ini pun otomatis menjadi yang ketujuh kalinya bagi skuat The Citizens. Gelar terakhir dirasakan oleh tim pada 2018/2019 lalu. Sementara bagi Pep, titel Liga Inggris ini menjadi yang ketiga kalinya kala memimpin klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu.

Pep juga telah berhasil meraih gelar Carabao Cup musim ini setelah mengalahkan Tottenham di partai final. Riyad Mahrez dan kawan-kawan berhasil menyegel titel pertamanya itu setelah pada laga final meraih kemenangan tipis 1-0.

Untuk total semua trofi, pelatih asal Spanyol itu telah meraih total sepuluh gelar sejak karir kepelatihannya bersama tim ini. Dengan rincian tiga gelar Liga Premier Inggris, dua Community Shield, empat Carabao Cup dan satu Piala FA.

Rekor Fantastis Pep Bersama Manchester City

Selama musim ini, Pep bersama skuatnya selalu membuat rekor demi rekor. Mereka berhasil meraih rekor 28 laga tanpa sekalipun menerima kekalahan. Selain itu, tim juga mencatatkan rekor kemenangan berturut-turut dalam 13 laga.

Raihan demi raihan positif itu berhasil direngkuh oleh tim asal kota Manchester ini lantaran performa para pemainnya yang sedang membaik. Pemain yang baru bergabung pada awal musim ini, Ruben Dias menjadi pemain yang berpengaruh di tim. Perannya yang vital di jantung pertahanan timnya bersama John Stones menjadikan timnya sulit untuk dikalahkan.

Hingga matchday ke-35 ini, Manchester City menjadi tim yang paling sedikit kebobolan yakni dengan hanya 26 kali saja. Di posisi kedua ada calon lawannya di partai final Liga Champions, Chelsea dengan total 32 kali kebobolan. Selain performa yang mumpuni di liga domestik, skuat Pep pun menunjukkan tajinya di turnamen Eropa.

Selain itu, penampilan lini serang tim juga tidak boleh dilupakan. The Citizens juga memimpin klub-klub Inggris dalam perolehan jumlah gol yang ditorehkan. Kevin De Bruyne dan kawan-kawan berada di posisi pertama dengan jumlah 72 gol.

Boleh dibilang segala lini Manchester City musim ini tampil sangat gemilang. Mulai dari lini belakang, tengah hingga ke lini depan, semuanya menunjukkan permainan yang solid. Ditambah lagi sang pelatih yang punya segudang taktik dan strategi apik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here