Pau Torres – Aymeric Laporte Berpotensi Jadi Duet Bek Baru Timnas Spanyol Pengganti Pique – Ramos

0
283
Pau Torres - Aymeric Laporte Berpotensi Jadi Duet Bek Baru Timnas Spanyol Pengganti Pique - Ramos

Debatbola.com – Pertahanan timnas Spanyol selalu berubah seiring dengan waktu yang juga berjalan. Gelaran Piala Dunia 2010 dimana skuat La Furia Roja menjadi juaranya, jantung pertahanan tim diperkuat oleh wakil Barcelona. Kedua pemain tersebut adalah Gerard Pique dan Carles Puyol.

Masuk ke turnamen EURO 2012 silam, selepas mantan kapten Barcelona, Carles Puyol pensiun pergantian pemain terjadi. Sergio Ramos yang tampil apik bersama klubnya Real Madrid menjadi pasangan duet baru bagi Gerard Pique.

Timnas Spanyol pun berhasil melaju hingga babak final dan bertemu dengan skuat Italia yang diperkuat Andrea Pirlo. Di babak final, skuat juara Spanyol kembali membuktikan jati diri mereka dan menggila di partai pamungkas itu. Mereka berpesta empat gol dan sukses merengkuh trofi kedua EURO secara berturut-turut.

Gerard Pique Pensiun dan Penggantinya

Setelah menjadi pasangan duet di jantung pertahanan Timnas Spanyol selama kurang lebih enam tahun akhirnya Gerard Pique memutuskan untuk pensiun. Keputusan itu diambilnya setelah skuat La Furia Roja tidak tampil mumpuni di ajang Piala Dunia 2018 lalu.

Gerard Pique dan Sergio Ramos yang tampil sebanyak empat pertandingan berturut-turut di kompetisi Piala Dunia tidak mampu membawa jauh timnya. Mereka hanya bertahan hingga fase 16 besar setelah ditekuk tuan rumah, Rusia dengan skema adu penalti.

Kini hingga tahun 2021, pengganti Gerard Pique belum ada pemain yang bisa mengganti mantan punggawa Manchester United tersebut. Inigo Martinez yang dipanggil untuk menemani Sergio Ramos oleh mantan pelatih Roberto Moreno tidak tampil maksimal. Hingga saat ini, sang pemain tidak dipanggil kembali ke ajang EURO 2020.

Selepas itu, pada gelaran UEFA Nations League pada 2020 lalu, Inigo Martinez pun tersingkir dari tim utama. Pau Torres yang tampil gacor bersama Villarreal menjadi penggantinya dan berhak bertandem dengan sang kapten, Sergio Ramos.

Aymeric Laporte Dinaturalisasi

Menjelang EURO 2020, Timnas Spanyol yang memang kekurangan pemain bertahan berkualitas pun mendapatkan angin segar. Lantaran Aymeric Laporte yang dulunya berkebangsaan Prancis berhasil dinaturalisasi dan diubah kewarganegaraannya.

Aymeric Laporte yang sering tampil membela skuat Prancis junior memang tidak pernah diturunkan untuk bermain oleh Didier Deschamps. Atas dasar itulah bek tengah berusia 27 tahun tersebut membulatkan tekadnya.

Sejatinya Aymeric Laporte merupakan kelahiran Agen, Aquitaine, Prancis dan telah memutuskan membela timnas Prancis sejak kecil. Namun menurut aturan jika sang pemain belum pernah diturunkan untuk bermain secara resmi di level senior maka naturalisasi bisa terjadi.

Sebelumnya punggawa Manchester City ini juga pernah menghabiskan kurang lebih tujuh tahun masa bermainnya di Spanyol. Tepatnya dirinya merumput bersama perwakilan dari tanah Basque, Athletic Bilbao. Jadi, tanah Spanyol tidak begitu asing baginya.

Peluang Tandem Baru Di Pertahanan Spanyol

Basis pertahanan timnas Spanyol bakalan berubah kembali. Sebelumnya Sergio Ramos yang tidak dibawa oleh Luis Enrique akibat kurang fit membuat posisi tandem Pau Torres menjadi kosong. Aymeric Laporte yang baru saja merubah kebangsaannya berpotensi besar menjadi pasangan baru.

Sebuah era baru di kubu tim yang berjuluk La Furia Roja ini pun akan terbuka. Sementara itu bek lainnya yang dipanggil oleh Luis Enrique seperti Eric Garcia dan Diego Llorente kurang difavoritkan menjadi pengganti Ramos.

Eric Garcia tergolong pemain yang masih muda dan kurang berpengalaman di gelaran internasional. Bahkan di klubnya, Manchester City, dirinya menjadi bek cadangan di belakang nama Aymeric Laporte. Sementara Diego Llorente tampil menjadi starter di Leeds United namun kualitasnya belum bisa menyaingi bek naturalisasi itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here