Osvaldo Haay Tidak Masuk Starting Eleven, Ini Alasan Angelo Alessio

0
82

Debatbola.com – Nama Osvaldo Haay sebenarnya masih ada dalam daftar pemain Persija Jakarta yang dibawa dalam dua laga terbaru di BRI Liga 1 musim 2021/2022 ini. Akan tetapi sang pemain tidak pernah diturunkan. Ada apakah gerangan?

Tampil Di Bawah Standar

Beberapa waktu terakhir ini karir Osvaldo Haay nampaknya tengah memasuki masa sulit. Pada bulan September 2021 kemarin, pemain asal Jayapura ini membuat gara-gara di Timnas Indonesia. 

Pemain 23 tahun ini kedapatan mangkir dari panggilan pelatih Timnas, Shin Tae-Yong. Akibatnya nama Osvaldo Haay tercoret dari daftar pemain Timnas Indonesia sampai saat ini. Padahal winger milik Persija Jakarta ini merupakan salah satu pemain yang dipandang memiliki kemampuan bermain di atas rata-rata.

Kemudian memasuki bulan Oktober hingga November 2021 kemarin, sang winger diketahui mengalami cedera. Dia mengalami masalah pada tulang keringnya dan terpaksa absen dari laga. Usai cedera yang dialami ini, Osvaldo Haay masih harus absen selama satu bulan untuk pemulihan.

Memasuki Januari 2022 ini, Osvaldo Haay mulai nampak batang hidungnya setelah menjadi starting eleven di partai pertama ketika Persija Jakarta berhadapan dengan PSIS Semarang. Meski demikian penampilannya masih ada di bawah standar dan memaksa pelatih skuad Macan Kemayoran menariknya ketika jeda turun minum tiba.

Hilang Dari Starter Eleven Persija

Menurunnya performa dari Osvaldo Haay akhirnya berbuntut panjang. Dia kemudian kehilangan posisinya dalam tim pada dua partai terakhir. Sang winger kemudian hanya menjadi pemanis bangku cadangan dan tidak mendapatkan kesempatan merumput.

Bahkan untuk menjadi pemain pengganti pun tidak ada kesempatan. Dari dua laga terakhir, skuad Macan Kemayoran diketahui mengalami dua kekalahan beruntun dari Persipura Jayapura dan juga dari Persela Lamongan.

Setelah kehilangan posisinya sebagai winger kiri, Angelo Alessio selaku pelatih lebih mempercayakan posisi tersebut kepada dua pemain lainnya. Kedua pemain yang dimaksud adalah Alfriyanto Nico dan juga Irfan Jauhari. Situasi ini kemudian memunculkan tanda tanya besar apakah Osvaldo Haay mulai tersingkir dari skuad utama Persija Jakarta.

Juru racik serangan Persija Jakarta, Angelo Alessio akhirnya buka suara terhadap situasi yang tengah dialami pemain sayapnya tersebut. Namun pelatih asal Italia ini enggan membahas secara spesifik mengenai absennya Osvaldo Haay di tengah keterpurukan skuad Macan Kemayoran dalam dua laga terakhir.

“Bukan menjadi sebuah alasan yang benar ketika kami mengalami kekalahan karena tidak memainkan pemain A, atau bahkan karena tidak menurunkan pemain B,” kata pelatih Persija yang kemudian diterjemahkan oleh manajer tim, Bambang Pamungkas.

Tidak Menyalahkan Pemain

Dalam dua laga terakhir penampilan Persija menang terlihat cukup buruk. Bahkan mereka gagal menang ketika berhadapan dengan penghuni zona degradasi. Akan tetapi pelatih berusia 56 tahun ini enggan menyalahkan para pemainnya.

“Lalu kenapa pemain A jelek, pemain B jelek, menurut saya ini bukanlah alasan yang tepat. Dalam situasi seperti ini, Persija harus menang. Tidak peduli siapa yang bermain atau pemain itu tampil seperti apa. Yang terpenting adalah siapapun yang tampil harus menyuguhkan yang terbaik dan membawa tim ini menang,” lanjutnya.

“Jika kami hanya mencari alasan, maka ketika Dwiki Arya tampil buruk ketika kami melawan Persipura, maka semua akan menyalahkan dia. Kemudian ketika Osvaldo Haay bermain jelek di partai lain, kami kemudian menyalahkannya. Itu bukanlah tindakan yang tepat,” jelas pelatih asal Italia tersebut.

Kondisi saat ini Persija Jakarta menang memiliki stok pemain sayap yang bisa dibilang melimpah. Selain Osvaldo Haay, masih ada Alfriyanto Nico, Irfan Jauhari dan juga Novri Setiawan. Ketika salah satu berada dalam level permainan di bawah standar, maka pemain lainnya siap untuk menggantikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here