Oscar Ingin Main untuk Tim Nasional China

Debatbola.com – Oscar dos Santos Emboaba Junior atau yang lebih dikenal dengan nama Oscar menyatakan keinginannya untuk membela Tim Nasional China ketika tahun 2021 dirinya bisa mendapatkan paspor China. Keinginannya itu cukup kontroversial mengingat eks gelandang Chelsea tersebut sebenarnya sudah tidak bisa pindah kewarganegaaran karena sempat memperkuat Tim Nasional Brasil.

Dalam aturan FIFA tertulis bahwa seorang pemain yang pernah memperkuat Timnas senior sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA, tidak bisa mengubah kewarganegaaraannya, meski ia bermain hanya satu kali. Berbeda misalnya jika pemain tersebut belum pernah bermain atau hanya bermain di laga tak resmi.

Oscar sendiri tercatat sudah membela Timnas Brasil sejak pertama kali dipanggil pada 2011. Total sudah 47 pertandingan ia jalani bersama Selecao. Pemain yang kini berusia 28 tahun tersebut pernah berlaga di Piala Konfederasi, Copa America, hingga Piala Dunia.

Saat ini Oscar memang tengah menikmati kariernya di China. Per 2017, ia memulai petualangannya di Negeri Tirai Bambu setelah Shanghai SIPG menebusnya dengan nilai transfer 60 juta poundsterling pada Chelsea. 

Alasan Oscar ingin membela Timnas China sendiri lantaran dirinya merasa sulit menembus skuad Brasil lagi. Eks pemain Sao Paulo dan Internacional ini memang sudah tak memperkuat Brasil sejak terakhir kali bermain pada 2015. 

“Sejauh yang aku pikirkan, aku memikirkannya (bermain untuk timnas China). Sekarang sulit buatku untuk bermain di Timnas Brasil karena aku di sini, sementara di China semua orang tahu betapa bagusnya aku bermain,” ujar Oscar pada CGTN.

Saat ini, China sudah punya pemain Timnas yang dinaturalisasi dari Brasil, yakni Elkeson dan Aloisio dos Santos. Keduanya bisa memperkuat Timnas China karena keduanya belum pernah berlaga untuk timnas Brasil. Oscar sendiri menilai China akan lebih kuat jika dirinya bisa juga membela China.

“Pada akhirnya, jika Timnas China membutuhkan seorang gelandang tengah yang bagus, aku bisa membantu jika aku bisa berganti paspor. Aku suka China, aku juga melihat para pemain yang ada, jika mereka berganti kewarganegaraan ke China, akan lebih bagus juga buat mereka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here