Nuno Espirito Resmi Jadi Pelatih Baru Tottenham

0
155
Nuno Espirito Resmi Jadi Pelatih Baru Tottenham

Debatbola.com – Tottenham Hotspur kini telah resmi mendapatkan mantan pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo. Pelatih berusia 47 tahun tersebut mengundurkan diri dari klubnya setelah masa pengabdian yang cukup lama.

Pencapaian Nuno Espirito Santo

Juru taktik berkebangsaan Portugal itu tercatat menukangi Wolverhampton Wanderers sejak Juli 2017. Maka jika dihitung Nuno Espirito Santo telah duduk di kursi kepelatihan The Wolves selama kurang lebih empat musim.

Menurut catatan klub, itu adalah rekor pelatih terlama yang pernah melatih klub tersebut seusai perang dunia kedua. Di musim pertamanya melatih, Wolverhampton Wanderers masih berjuang di divisi kedua Inggris, Divisi Championship. Di akhir musim mereka bisa keluar sebagai juara dan langsung promosi ke Liga Premier Inggris.

Setelah promosi tepatnya pada musim keduanya, Nuno Espirito Santo langsung tancap gas dan berhasil finish di peringkat ketujuh. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan mengingat klub tersebut baru saja promosi.

Semusim kemudian, posisi ketujuh tidak beranjak dari pencapaian akhir klub yang bermarkas di Molineux Stadium ini. Sayang pada musim ini, Conor Coady dan kawan-kawan harus terperosok ke peringkat ke-13 klasemen akhir Liga Premier Inggris.  

Namun terlepas dari itu, Nuno Espirito Santo berhasil mengubah status tim yang baru promosi itu menjadi tim papan tengah. Dimana pada umumnya klub yang baru naik kasta biasanya sangat sulit untuk bisa finish di atas zona degradasi.

Sementara itu pada musim ini, Leeds United sukses menjadi suksesor The Wolves. Yang mana pelatih mereka, Marcelo Bielsa membawa skuat yang baru promosi itu finish di peringkat kesembilan Liga Premier Inggris.

Resmi Menjadi Pelatih

Sepeninggal Jose Mourinho pada April 2021 lalu, Tottenham terus-terusan mengincar pelatih baru untuk menggantikan posisinya. Sebelumnya telah ada kandidat seperti Gennaro Gattuso, Paulo Fonsesca dan bahkan Julen Lopetegui.

Bahkan nama-nama pelatih besar seperti Mauricio Pochettino dan Antonio Conte juga pernah masuk dalam radar The Lilywhites. Akan tetapi pelatih-pelatih tersebut dikabarkan menolak tawaran kontrak itu.

Maka dari itu manajemen Tottenham Hotspurs masih mencari satu nama lagi sebagai suksesor Jose Mourinho. Kabarnya Nuno Espirito Santo telah resmi menukangi klub pada musim depan. Perjuangan direktur tim, Fabio Paratici telah berbuah hasil.

Sang direktur rela secara langsung ingin membujuk pelatih berkebangsaan Portugal tersebut. Klub tidak ingin gagal lagi dalam mendatangkan nama juru taktik barunya. Mendekati musim kompetisi baru menjadikan mereka harus sudah menyiapkan nama peracik strategi.

The Lilywhites sendiri terkesan dengan gaya kepelatihan Nuno Espirito Santo. Dimana seperti tertera di atas bahwa dirinya telah menyulap Wolverhampton Wanderers menjadi salah satu klub yang disegani di Inggris.

Didesas-desuskan, pelatih berusia 47 tahun ini akan mendapatkan kontrak jangka panjang di London Utara. Namun biasanya klub ini seringkali memecat pelatihnya di tengah-tengah kontrak seperti yang terjadi pada Jose Mourinho dan Mauricio Pochettino.

Klub yang bermarkas di White Hart Lane ini juga tengah mengincar gelar untuk musim depan. Mereka selalu saja gagal merengkuh trofi di setiap musimnya. Hal inilah yang membuat striker sekaligus kapten mereka, Harry Kane berniat hengkang.

Bukan tanpa alasan memang, terakhir kali mereka juara adalah pada musim 2007/2008 silam. Gelar yang mereka raih kali terakhir adalah Carabao Cup yang waktu itu masih bernama Carling Cup. Di partai final mereka menang atas Chelsea dengan skor tipis 2-1.

Pertandingan yang harus berlanjut pada babak extra time itu akhirnya mengeluarkan pemenang. Dua gol yang masing-masing diciptakan oleh Dimitar Berbatov dan Jonathan Woodgate memastikan langkah tim menjadi juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here