Newcastle United Pupuskan Harapan Arsenal ke Liga Champions

0

Debatbola.com – Liga Inggris memainkan satu pertandingan di matchday ke-37 dengan mempertemukan pertarungan antara Newcastle United vs Arsenal. Laga antara kedua tim tersebut diselenggarakan di St. James’ Park pada Selasa (17/5) pukul 02.00 WIB.

Menurut statistik pertandingan, Newcastle United yang berstatus sebagai tuan rumah mampu tampil lebih menyerang. Tim berjuluk The Magpies tersebut sukses melancarkan total 16 serangan menuju pertahanan tim tamu.

Dari jumlah 16 serangan tersebut terdapat empat tendangan yang sukses diarahkan tepat sasaran ke gawang Aaron Ramsdale. Sementara Arsenal hanya membalas dengan sebelas serangan ke pertahanan tuan rumah. Mereka melepaskan total dua tembakan on target ke gawang Martin Dubravka.

Segi penguasaan bola kembali dikuasai oleh Newcastle United. Kubu The Magpies berhasil menguasai bola lebih banyak dengan persentase penguasaan bola 51 %. Berbanding 49 % penguasan bola yang dibuat oleh The Gunners.

Babak Pertama, Nihil Gol
Bermain di markas Newcastle United, Arsenal wajib meraih poin penuh agar bisa kembali ke zona Liga Champions. Posisi mereka tersebut sebelumnya telah direbut Tottenham Hotspur, dimana The Lilywhites berhasil mengalahkan Burnley di laga lainnya.

Harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan peluang emas pertama. Arsenal menjadi tim pertama yang menciptakan peluang melalui serangan yang dipimpin Martin Ødegaard dari sisi tengah. Gelandang berpaspor Norwegia itu meluaskan fokus serangan ke sisi kanan.

Di sana ada Bukayo Saka yang telah menunggu bola dan langsung menerobos pertahanan Newcastle United menggunakan kecepatannya. Ruang terbuka di luar kotak penalti lawan dicoba dimanfaatkannya dengan menembak langsung. Sayangnya tembakannya terlalu lemah bagi Martin Dubravka.

Menit ke-36 giliran The Magpies yang mendapatkan kesempatan mencetak gol. Serangan dilaksanakan kubu Eddie Howe dari sisi kiri melalui kaki Allan Saint-Maximin. Winger 27 tahun asal Prancis itu sukses melewati hadangan Takehiro Tomiyasu.

Eksekusi tembakannya juga sudah tepat sasaran dan mengarah ke sudut kanan sarang dari Aaron Ramsdale. Namun kiper berkebangsaan Inggris itu mampu membaca arah bola dengan sempurna dan menepis bola keluar.

Hingga berakhirnya waktu babak awal, kedua tim tidak mampu mencetak satupun gol memanfaatkan peluang. Tanpa gol di babak awal, pertandingan harus ditutup sementara memasuki waktu rehat dengan skor masih 0-0.

Babak Kedua, Newcastle United Cetak Gol
Kembali ke lapangan pertandingan, Newcastle United menemukan cara untuk mencetak gol ke gawang Arsenal. Waktu rehat kemungkinan dimanfaatkan oleh Eddie Howe mengganti strategi dengan yang lebih matang.

Pada menit ke-55 kerja keras pasukan tuan rumah membuahkan hasil manis. Serangan dimulai dari sisi kiri itu sukses berujung gol dan menggetarkan gawang Aaron Ramsdale. Umpan deras dari Allan Saint-Maximin diarahkan kepada Joelinton yang membuka ruang di sisi kiri.

Setelah sekali sentuhan, gelandang bernomor punggung 7 itu langsung mengirimkan crossing ke mulut gawang. Callum Wilson bersiap-siap menyambut crossing tersebut namun Ben White justru lebih dekat ke bola dan berniat membuangnya.

Sayangnya niat Ben White tersebut untuk membuang bola harus pupus karena bola malah bergerak ke gawangnya sendiri. Berkat aksinya, bek tengah yang dibeli mahal oleh The Gunners itu mempersembahkan keunggulan bagi lawannya, 1-0.

Lima menit menjelang waktu normal usai, Newcastle United kembali membuat kepala para pemain Arsenal menunduk. Kubu Eddie Howe menambah gol diinisiasi oleh umpan chip Sean Longstaff. Tetapi Callum Wilson yang dituju gagal mengonversi peluang dan ditahan oleh Aaron Ramsdale.

Bola liar itu langsung dimanfaatkan oleh Bruno Guimaraes dengan hantaman telak ke gawang yang terbuka lebar. Tidak ada satupun pemain yang bisa menghentikan laju bola sehingga The Magpies sukses menciptakan skor 2-0 dan bertahan hingga pertarungan usai.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version