Neville: Taktik Transfer Guardiola Mirip Ferguson

0
268
Neville: Taktik Transfer Guardiola Mirip Ferguson

Debatbola.com – Sejak bergabung dengan Manchester City pada 2016, berderet trofi berhasil diraih oleh Pep Guardiola. Total delapan gelar ditorehkan pelatih asal Spanyol itu bersama The Citizens. Pep pun saat ini disebut-sebut sebagai salah satu pelatih terbaik Premier League.

Menurut mantan pemain Manchester United sekaligus pundit sepakbola Inggris, Gary Neville, salah satu faktor keberhasilan Pep adalah Pep melakukan kebijakan transfer pemain seperti mantan pelatihnya terdahulu, Sir Alex Ferguson. Untuk diketahui, United merajai sepakbola Inggris pada awal 90 hingga awal 2000an berkat kejeniusan Sir Alex.

“Dia [Ferguson] sangat jarang membeli pemain bintang yang benar-benar sudah matang. Itu tak jauh berbeda dengan taktik Guardiola dengan Manchester City saat ini. Sedangkan dalam hal menjual pemain, dia akan menyingkirkan para pemain yang sudah tak cukup baik dan meragukan kendalinya di tim,” ungkap Neville pada Manchester Evening News.

“Dia [Ferguson] kejam dalam hal itu. Dalam setiap pembicaraan, ia menekankan tentang kontrol, wewenangnya, dan disiplin,” sambung Neville. 

Neville menilai, jika melihat apa yang dilakukan Ferguson dahulu dengan Man United, Man City pun bisa meraih kesuksesan serupa dengan Man United era Ferguson. Neville menganalogikan kebijakan transfer Fergie dan Pep ini seperti conveyor yang bergerak lambat.

“Strategi transfer United seperti conveyor yang sangat lambat. Beberapa akan masuk, beberapa lainnya akan pergi. Tidak pernah lebih dari separuh skuad setiap musimnya. Jadi, tidak perlu adaptasi yang terlau sulit.”

“Itu benar-benar dikontrol dengan tim berisi enam atau tujuh pemain muda, sepuluh pemain di usia matang, serta tiga atau empat pemain yang berusia 30-an. Setiap tim yang membangun dinasti memiliki stabilitas seperti ini.” 

Dalam skuad Man City saat ini, sudah tak banyak lagi pemain berusia di atas 30-an, dan hampir semuanya didepak pada era Guardiola. Pemain senior yang tersisa di City tinggal David Silva, Fernandinho, Sergio Aguero, dan Claudio Bravo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here