Negara dengan Perolehan Medali Paling Banyak di Cabang Olahraga Sepakbola Olimpiade

0
153

Debatbola.com – Piala Dunia mungkin menjadi turnamen sepakbola internasional paling prestisius, tetapi medali Olimpiade juga tak kalah prestisius. Memang, banyak orang menganggap Olimpiade jauh lebih membosankan ketimbang kompetisi lain macam Piala Dunia ataupun Euro. Tetapi memenangkan medali di ajang ini tetap saja menjadi prestasi yang membanggakan.

Sejak cabang olahraga sepakbola masuk Olimpiade, banyak negara yang sudah ikut serta ke dalam turnamen ini. Sepakbola tercatat pertama kali masuk ke dalam Olimpiade pada tahun 1900, dan selalu ada di tiap edisi, kecuali pada edisi 1932. Lalu, di antara para negara tersebut, siapa peraih medali paling banyak?

Hungaria, Raja di Sektor Pria

Berbicara soal sepakbola di Eropa, di pikiran kita mungkin akan langsung terlintas nama-nama negara macam Spanyol, Inggris, Jerman, Portugal atau Prancis. Tetapi, di Olimpiade, peraih medali terbanyak ternyata bukan dari negara-negara kekuatan tradisional. Peraih medali terbanyak justru Hungaria.

Medali pertama dimenangkan Hungaria pada pagelaran Olimpiade 1952 Helsinki, Finlandia, dan medali pertama yang mereka menangkan langsung medali emas. Kesuksesan berlanjut di Olimpiade 1960 Roma, Tokyo 1964, Mexico City 1968, dan München 1972. Secara keseluruhan, Hungaria telah memenangkan lima medali di sepakbola Olimpiade.

Britania Raya menjadi negara dengan perolehan medali terbanyak di cabang olahraga sepakbola pria Olimpiade selanjutnya, dengan total tiga medali, dan semuanya adalah emas. Argentina menempati tempat ke-3 dengan perolehan empat medali, dua emas dan dua medali perak.

Soal medali emas, memang Hungaria masih berada di posisi teratas, tapi jika yang dihitung adalah total medali, maka Brazil adalah jawaranya. Brazil tercatat telah mendapatkan enam medali sepanjang keikutsertaan mereka di sepakbola Olimpiade. Rinciannya satu medali emas, tiga medali perak, beserta dua medali perunggu.

Amerika Serikat Masih Bertahta di Sektor Wanita

Dalam sepakbola pria, beberapa negara dengan kekuatan menakutkan kebanyakan berasal dari Eropa, tetapi lain cerita dengan sepakbola wanita. Timnas wanita Amerika Serikat atau juga kerap dipanggil USWNT. USWNT adalah penguasa dunia sepakbola wanita, termasuk di ajang Olimpiade.

Tercatat di media inter303, sepakbola wanita pertama kali diperkenalkan dalam Olimpiade pada tahun 1996. USWNT pun sukses merebut medali emas dalam edisi pertama turnamen sepakbola wanita di Olimpiade tersebut. Dominasi USWNT berlanjut, dan mereka sukses meraih empat medali emas dalam lima edisi pertama Olimpiade dengan sepakbola wanita di dalamnya.

Keseluruhan, USWNT memiliki koleksi lima medali Olimpiade cabang sepakbola wanita. Rinciannya, empat emas yang diraih pada tahun 1996, 2004, 2008 dan 2012, beserta satu medali perak yang mereka dapat pada Olimpiade tahun 2000. USWNT pun mendapat gelar sebagai timnas wanita paling sukses di ajang Olimpiade.

Mengisi tiga besar, ada timnas Jerman dan Norwegia. Jerman sampai saat ini terhitung telah memenangkan total empat medali, rinciannya satu emas dan tiga perunggu. Sementara itu, Norwegia tercatat sudah menangi dua medali di sepakbola wanita Olimpiade. Rinciannya adalah satu medali emas dan satu medali perunggu.

Siapa Pesepakbola dengan Medali Olimpiade Terbanyak?

Jika beberapa negara tadi adalah negara pemenang medali sepakbola Olimpiade terbanyak, maka siapa pemain sepakbola dengan medali Olimpiade terbanyak? Di sektor pria, beberapa negara Amerika Latin masih mendominasi. Ada nama-nama macam Javier Mascherano, José Leandro Andrade, dan Pedro Arispe.

Di sektor sepakbola wanita, Amerika Serikat mengisi hampir seluruh daftar pemain peraih medali Olimpiade terbanyak. Dengan perolehan tiga emas, ada nama-nama macam Shannon Boxx, Christie Rampone, Heather Mitts dan Heather O’Reilly. Sedang dengan perolehan dua emas, ada nama-nama macam Amy Rodriguez, Nicole Barnhart dan Brandi Chastain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here