Nasib Persebaya Usai Berakhirnya Liga 1 2021/2022

0
92

Debatbola.com – Persebaya Surabaya harus menutup pekan ke-34 Liga 1 2021/2022 dengan kekalahan 1-2 dari Borneo FC. Alhasil, anak asuhan Aji Santoso harus rela mengakhiri Liga 1 musim ini dengan finish di posisi kelima dengan torehan 63 poin. Hasil buruk pada pertandingan yang diadakan di stadion Ngurah Rai, Denpasar tersebut sekaligus menghentikan pencapaian apik mereka di sepuluh pertandingan terakhir tanpa kekalahan.

Disalip Arema FC

Selain harus menutup laga dengan kekalahan, Persebaya Surabaya harus menelan pil pahit usai berakhirnya Liga 1 musim 2021/2022. Salah satunya posisi Bajul Ijo harus rela digusur oleh rival abadi mereka yaitu Arema FC. Tim Singo Edan sukses memanfaatkan hasil buruk yang dialami Persebaya Surabaya dengan menduduki posisi empat klasemen.

Seperti diketahui, pada pertandingan pamungkasnya, Arema FC berhasil menundukkan PSM Makassar dengan skor 1-0. Carlos Fortes menjadi satu-satunya pencetak gol Singo Edan pada pertandingan tersebut. Selain berhasil mengantar Arema FC ke posisi empat besar, gol tersebut juga menambah pundi-pundi gol striker asal Portugal tersebut menjadi 20 gol. Raihan tersebut sama dengan pemain Persikabo, Ciro Alves.

Bruno Moreira Hijrah ke Eropa

Usai berakhirnya Liga 1 musim ini, Persebaya Surabaya langsung mengamankan pemainnya dengan memberikan kontrak baru. Perihal tersebut dibenarkan oleh sang pelatih, Aji Santoso, dimana ia menawarkan kontrak anyar kepada para pemain asingnya. Meskipun demikian, Aji juga memberi kesempatan kepada para pemain dalam menentukan masa depannya. Alhasil, beberapa pemain asing dikabarkan tidak akan berseragam Persebaya pada musim depan.

Salah satu pemain yang dikabarkan akan hengkang pada musim ini yaitu Bruno Moreira. Menurut Aji Santoso, Bruno dipastikan tidak akan membela Bajul Ijo di musim depan lantaran ingin mencari tantangan baru dengan bermain di Eropa. Menurut rumor yang beredar, Bruno Moreira akan hijrah ke Liga Yunani usai meninggalkan Persebaya Surabaya.

Taisei Marukawa Resmi Berpamitan

Gol yang dicetak Taisei Marukawa pada Rabu 30/3 lalu ke gawang Borneo FC sekaligus merupakan salam perpisahan untuk Persebaya. Usai berakhirnya Liga 1 musim ini, Marukawa secara resmi mengucapkan salam perpisahan. Melalui akun pribadinya, Marukawa berpamitan kepada para pendukung Persebaya, Bonek.

Pada akun Instagram pribadinya, ia mengabarkan jika pada musim depan tidak akan membela Persebaya Surabaya. Pemain asal Jepang ini juga menjelaskan, berakhirnya hubungan antara dirinya dengan tim Bajul Ijo lantaran tidak menemukan kesepakatan terkait nilai kontrak baru.

Mantan pemain FC Noah Jurmala ini langsung menjadi pemain terbaik Liga 1 pada musim perdananya bermain di Indonesia. Ia juga merupakan salah satu rekrutan tersukses Persebaya Surabaya pada Liga 1 musim ini. Bersama tim Bajul Ijo, Taisei Marukawa sudah melakoni 32 pertandingan dengan durasi 2757 menit.

Ia juga menjelma menjadi momok menakutkan bagi para pemain lawan. Terbukti dari jumlah pertandingan yang dilakoni tersebut, pemain berusia 25 tahun ini telah mengemas 17 gol dengan 10 assist. Berkat angka statistik yang mengesankan tersebut mengantarkan namanya sebagai pemain terbaik Liga 1 musim 2021/2022.

Beredar kabar jika dua tim asal Jawa tengah yaitu PSIS Semarang dan Persis Solo tertarik untuk memakai jasa Marukawa. Bahkan PSIS terlihat sangat serius dengan mengiming-imingi gaji yang jauh lebih tinggi dari yang diberikan Persebaya Surabaya. Meskipun demikian, klub yang akan dibela Marukawa pada musim depan belum dapat dipastikan.

Dua Pemain Muda Berlabel Timnas Masih Bertahan

Meskipun harus rela ditinggal dua pemain bintang mereka di musim depan, namun Persebaya masih dapat bernafas lega karena dua pemain muda mereka bersedia bertahan di Persebaya Surabaya. 

Keduanya yaitu Rizky Ridho dan pemain muda terbaik Liga 1 musim ini, Marselino Ferdinan. Kontrak Rizky Ridho akan berakhir pada bulan Desember 2022 sedangkan Marselino Ferdinan masih terikat kontrak hingga 2024 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here