Nasib berbeda Dua Wakil Indonesia di AFC Cup

0

Debatbola.com – Indonesia mengirim dua perwakilannya untuk mengikuti kompetisi AFC Cup 2023 yaitu Bali United dan PSM Makassar. Bali United ditunjuk sebagai perwakilan lantaran menjadi pemenang dari Liga 1. Sementara PSM Makassar terpilih setelah menjuarai Piala Indonesia terakhir kali.

Tergabung di grup yang berbeda, Bali United dan PSM Makassar juga mendapatkan hasil yang berbeda jauh. Skuad Juku Eja dipastikan lolos ke semifinal AFC CUP 2022 zona Asia Tenggara. Sedangkan sang juara Liga, Bali United harus tersingkir dari kompetisi tingkat Asia tersebut.

Sang Juara Liga 1 Tersingkir

Bali United dipastikan tidak akan berlanjut di Piala AFC tahun setelah dipastikan tersingkir. Hasil tersebut didapat Bali United justru setelah menang dari Kaya dengan skor 1-0 yang tercatat. Bahkan jumlah poin Bali United dengan Kedah dan Visakha yang posisinya diatas klub tersebut.

Berdasarkan hasil akhir di grup G, Kedah, Visakha serta Bali United sama-sama mendapatkan total 6 poin. Namun Kedah berhasil menjadi juara grup G lantaran unggul dalam selisih jumlah gol dengan dua klub lainnya. Sedangkan Visakha berhak menempati posisi runner up lantaran menang di laga head-to-head dengan Bali United.

Sebenarnya, Bali United memiliki bekal yang sangat cukup untuk mengarungi AFC Cup. Bali United merupakan kampiun Liga 1 dua musim beruntun, serta memiliki pelatih yang sudah pengalaman di kompetisi tersebut. Namun kedua bekal itu tidak cukup untuk membawa sang juara Liga berjaya di kancah Asia.

Kegagalan kali ini menjadi kegagalan ketiga dari Bali United di AFC Cup setelah berpartisipasi di tahun 2018 dan 2020 lalu. Sebelumnya, Bali United juga gagal melaju ke babak 8 besar di Piala Presiden 2022. Namun banyak pelajaran yang diambil klub tersebut selama kompetisi berlangsung.

Bali United berhasil menjadi lebih kuat lagi untuk menatap kompetisi selanjutnya yang akan dihadapi. Kini Serdadu Tridatu akan fokus berbenah untuk bisa semakin siap menyambut musim baru. Dengan begitu Bali United akan semakin siap ketika nanti kembali ke kompetisi tingkat Asia.

PSM Makassar Melaju Ke Semifinal

Pertandingan di grup H AFC Cup ditutup dengan kemenangan Kuala Lumpur City atas Tampines Rovers. Hasil tersebut sekaligus mengukuhkan posisi PSM Makassar sebagai juara klub yang sebelumnya juga mengalahkan Tampines. Dengan hasil tersebut, PSM dipastikan lolos ke Semifinal untuk AFC Cup Zona Asia Tenggara untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, PSM Makassar bersaing ketat dengan Kuala Lumpur City yang memiliki statistik sama. Bahkan poin keduanya di pertandingan terakhir juga sama persis yaitu 4 poin dari satu kemenangan dan satu hasil imbang. Beruntung PSM Makassar unggul di selisih jumlah gol sehingga menjadi juara grup.

Kini PSM Makassar satu-satu klub yang lolos ke semifinal AFC Cup Zona Asia Tenggara untuk perwakilan Indonesia. Pasalnya Bali United yang juga mewakili Indonesia harus terhenti lantaran berada di posisi ketiga. Kini PSM Makassar menjadi satu-satunya harapan Indonesia di AFC Cup tahun ini.

Sebenarnya dibandingkan PSM Makassar, peluang Bali United harusnya lebih besar untuk bisa lolos. Bali United merupakan pemenang Liga 1 dua kali beruntun, sedangkan PSM Makassar harus tertatih-tatih di posisi 14. Namun keberuntungan rupanya lebih berpihak pada PSM Makassar dibandingkan Bali United.

PSM Makassar bisa dikatakan menjadi klub yang paling beruntung meskipun awalnya sempat diremehkan. Dianggap akan kesulitan di Piala Presiden dan AFC Cup, PSM Makassar justru berhasil membuktikan diri dan lolos di kedua kompetisi itu. Padahal, kondisi PSM Makassar sedang kurang baik dan ditinggal banyak pemain pilar.

Level Liga 1 Naik di Tingkat Asia

Lolosnya PSM Makassar di babak semifinal rupanya membawa banyak berkah untuk Liga 1. Peringkat Indonesia di tingkat Asia langsung meningkat hingga dua posisi. Kini Indonesia yang awalnya berada di posisi 27 naik ke posisi 25 mengalahkan Filipina dan Suriah.

PSM Makassar selaku juara grup berhasil mencatatkan 3,09 poin setelah dipastikan lolos ke semifinal. Sementara Bali United juga menyumbang sebesar 2,76 poin meskipun gagal lolos. Karena Indonesia mengirimkan dua perwakilan maka poin yang diberikan berdasarkan rata-rata yaitu sebesar 2,925 poin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version