Napoli Resmi Memecat Gennaro Gattuso

0
545

Debatbola.com – Napoli musim ini finish di posisi kelima klasemen akhir Serie A. Mereka hanya kalah satu poin dari Juventus yang mengisi peringkat keempat. Dengan begitu, kesempatan tim untuk lolos ke Liga Champions pupus sudah.

Sebelumnya pada giornata ke-37, tim yang berjuluk I Partenopei ini masih berpeluang besar lolos ke Liga Champions. Pasalnya mereka masih kokoh di posisi keempat klasemen sementara Liga Italia dengan menyisakan satu pertandingan lagi.

Sementara rival mereka dari kota Turin, Juventus juga masih berpeluang untuk tampil di Liga Champions dengan mengisi posisi kelima. Nahas pada laga terakhir justru nasib kedua tim seperti bertukar 180 derajat.

Napoli Turun Tahta

Napoli menghadapi tim dari zona papan tengah Serie A, Hellas Verona di pertandingan terakhirnya di musim ini. Dengan misi mempertahankan posisi sekaligus meraih tiket terakhir lolos ke Liga Champions menjadi fokus mereka.

Pertandingan menjadi sedikit melegakan bagi anak asuh Gennaro Gattuso itu setelah bek Napoli, Amir Rrahmani membawa timnya unggul. Gol dari tendangan kaki kanan itu dilesatkan pada menit ke-60 dan memberi angin segar bagi timnya.

Namun kegembiraan itu hanya bertahan selama sembilan menit saja. Lantaran gelandang sayap Hellas Verona, Davide Faraoni gantian mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan yang sama dari kaki kanan.

Davide Faraoni pun sukses mengimbangi kedudukan lawannya menjadi 1-1 dan hasil itu bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. I Partenopei pun harus tertunduk lesu melihat Juventus di laga lain mencuri poin penuh dari kandang Bologna.

Napoli pun turun peringkat ke posisi lima klasemen akhir Serie A dengan torehan poin 77 poin. Sementara anak asuh Andrea Pirlo mengkudeta I Partenopei di posisi keempat dengan unggul satu perolehan poin.

Berkat kemenangan Si Nyonya Tua itu, skuat asuhan Andrea Pirlo pun berhak merampas tiket Liga Champions terakhir untuk mewakili Italia. Mereka meninggalkan skuat I Partenopei yang masih terheran-heran.

Gennaro Gattuso Terdepak

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso menjadi kambing hitam akibat timnya tidak berhasil lolos ke gelaran paling bergengsi se-benua Eropa itu. Mantan gelandang AC Milan itu disebut-sebut membuang-buang kesempatan skuatnya untuk lolos.

Aurelio De Laurentiis, presiden Napoli telah resmi mengkonfirmasi pemecatan pelatih berusia 43 tahun tersebut. Pria yang juga merupakan produser film Italia itu mengumumkan pemberhentian Gennaro Gattuson langsung di akun media sosialnya.

Aurelio De Laurentiis menyebutkan rasa terima kasihnya kepada pelatih klub yang dimilikinya itu selama dua musim menjadi juru taktik. Tak lupa dirinya juga mengucapkan kesuksesan kepada legenda timnas Italia itu di tempat barunya nanti dan juga menitipkan salam kepada istri dan anaknya.
Dengan begitu usai sudah masa bakti sang badak petarung, Gennaro Gattuso di Napoli. Selama dua musim, mantan pelatih AC Milan ini sukses membawa I Partenopei menjadi kampiun gelaran Coppa Italia edisi 2019/2020 lalu.

Calon Pengganti

Sejak awal bulan Mei, desas-desus mengenai akan hengkangnya Gennaro Gattuso memang menjadi perhatian pecinta sepakbola khususnya penggemar sepakbola Italia. Pasalnya klub yang sudah menawarkan perpanjangan kontrak untuk sang pelatih tersebut selalu menemui ketidaksepakatan.

Maka manajemen klub telah jauh-jauh hari mempersiapkan kandidat pelatih baru untuk mengantisipasi kepergian Gennaro Gattuso. Setidaknya sudah ada dua nama yang disiapkan oleh direksi klub untuk menjadi suksesornya.

Dua nama itu adalah pelatih mantan juru taktik Inter Milan dan AS Roma, Luciano Spalletti yang kini sedang menganggur. Pelatih berusia 62 tahun tersebut dipecat oleh manajemen Inter Milan pada Mei 2019 silam.

Kemudian ada juga nama pelatih Christophe Galtier yang saat ini sedang mengarsiteki LOSC Lille di kancah Ligue 1. Dirinya juga baru saja memenangkan gelar Ligue 1 bersama klubnya tersebut pada musim ini dengan torehan 83 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here