Nama Pemain Timnas Yang Sudah Pasti Tampil Di Kualifikasi Piala Dunia

0
314
Timnas Indonesia

Debatbola.com – Tim Garuda masih melangsungkan training terpusat mereka di Jakarta. Dijadwalkan pada 17 Mei mendatang, skuat Garuda bakal hengkang ke UEA untuk menjalani pertandingan uji coba melawan Oman dan Afghanistan.

Setelah itu timnas bakal melanjutkan pertandingan mereka di babak World Cup Qualifier yang diselenggarakan juga di UEA. Kemenangan menjadi harga mati buat skuat Garuda, perbaikan posisi di peringkat FIFA menjadi alasan utama para pemain.

Banyak pemain yang keluar masuk latihan. Hal itu dilakukan mengingat sang pelatih sedang gencar-gencarnya melakukan seleksi. Persaingan di skuat timnas juga diprediksi sangat ketat, setiap pemain mempunyai peluang yang sama untuk membela negaranya.

Seleksi Pemain

Proses seleksi pemain pun masih gencar dilakukan oleh coach STY. 37 pemain tersebut bakal dikuras hingga menjadi 23 pemain yang rencananya diturunkan di UEA untuk menjalani laga uji coba dan World Cup Qualifier.

Baru-baru ini pelatih berusia 51 tahun tersebut memanggil enam nama baru untuk menjalani latihan. Mereka adalah Ilija Spasojevic, Ady Setiawan, Rizky Ridho, Ady Satryo dan bek Persikabo, Didik Wahyu. Pemain terakhir yang baru bergabung adalah gelandang PSS Sleman, Arthur Irawan.

Penambahan pemain ini dimaksudkan karena terdapat sejumlah pemain yang terkena cedera. Serta juga bek kiri Tira Persikabo, Firza Andika yang memilih meninggalkan TC timnas untuk berfokus mengikuti pelatihan TNI.

Namun nama-nama yang baru bergabung tersebut masih bakalan diseleksi lebih lanjut. Sang pelatih akan bekerja dengan para asistennya untuk memilah-milah pemain yang memang dibutuhkan untuk timnas.

Sementara itu sudah ada dua nama pemain yang diseleksi dan dikeluarkan dari skuat timnas. Mereka adalah bek yang bermain di Liga Thailand, Yanto Basna dan kiper Barito Putera berusia 21 tahun, Muhammad Riyandi.

Nama-Nama Yang Sudah Pasti Tampil

Sang pelatih telah memutuskan untuk membawa hanya 23 pemain dari total 37 nama yang sudah dipanggilnya. Dari 23 nama pemain itu, sudah ada lima nama yang sudah pasti akan lolos seleksi dan tampil membela panji Garuda.

Pemain yang dimaksud adalah pemain yang saat ini berkarir di klub luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Elkan Baggot, Ryuji Utomo, Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman. Kelima pemain tersebut rencananya akan langsung terbang ke Dubai untuk menjalani persiapan lebih lanjut.

Kualitas para kelima pemain tersebut sangat dibutuhkan oleh tim. Dengan pengalaman berkarir di luar negeri menjadikan skuat timnas akan penuh dengan pemain yang mempunyai segudang pengalaman. Sang juru taktik pun diperkirakan bakal memadukan pemain liga lokal dan liga luar tersebut.

Formasi Shin Tae Yong

Setiap pelatih pasti gemar menggunakan taktik maupun formasi tertentu untuk digunakan saat berlaga. Coach Shin Tae Yong sendiri dikabarkan senang menggunakan formasi 4-4-2 ketika memimpin skuatnya bertanding.

Mantan pelatih Seongnam Ilhwa tersebut menyukai umpan-umpan crossing. Dengan taktik tersebut maka dibutuhkan pemain-pemain yang mempunyai badan yang menjulang dan punya kemampuan heading yang mumpuni.

Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli dan Elkan Baggot merupakan pemain-pemain yang ideal bermain menggunakan taktik sang pelatih. Tinggi badan mereka masing-masing berada di atas 180 cm yang memungkinkan mereka menang bola-bola atas.

Asisten coach STY, Nova Arianto mengungkapkan bahwa perkembangan latihan para pemain sudah membuahkan hasil yang baik. Minggu pertama TC timnas, para pelatih memberikan latihan untuk meningkatkan fisik pemain. Secara bertahap latihan tersebut akan ditingkatkan.

Setelah latihan fisik, mereka akan memberikan latihan taktik dan strategi. Namun dirinya menambahkan bahwa latihan tidak hanya monoton begitu-begitu saja. Para pelatih sudah memikirkan agar latihan dibuatkan variasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here