Musim pertama yang indah bagi Erling Haaland

0
158
Musim pertama yang indah bagi Erling Haaland

Debatbola.com – Tentunya tidak ada yang mengira bahwa akan sesederhana ini bagi Erling Haaland untuk dapat berkembang pesat di Manchester City. Para optimis percaya bahwa sebuah tim yang menciptakan begitu banyak peluang adalah pertandingan yang cocok untuk seorang pemain yang terobsesi untuk mencetak gol. Namun, ekspektasi mereka pun terlampaui saat sang pemain Norwegia ini memecahkan rekor individu yang tampaknya tak terkalahkan – dan juga membawa timnya meraih gelar Treble Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champion yang bersejarah.

Rekrutan musim panas dari Borussia Dortmund ini telah mencetak sembilan gol setelah lima pertandingan Premier League, memecahkan rekor bersama Micky Quinn dan Sergio Aguero dengan delapan gol. Dan setelah 19 pertandingan liga, ia telah mengukir empat hat-trick – yang tercepat dalam pencapaian tersebut dengan 46 pertandingan. Pemain nomor sembilan City ini juga menjadi pemain tercepat yang mencapai 25 gol di bawah asuhan Pep Guardiola, mengalahkan Lionel Messi (28) dengan selisih delapan pertandingan. Dan dia meningkatkan warisan Eropa dengan menjadi pemain tercepat yang mencapai 30 gol di Liga Champions, melakukannya dalam penampilan ke-25 di turnamen tersebut, saat dia mencetak lima gol di babak 16 besar.

Haaland telah memecahkan rekor yang tampaknya hanya dia sendiri yang mampu merebutnya dalam waktu dekat. Jumlah 52 golnya di musim ini merupakan yang terbanyak dari pemain Premier League di semua kompetisi, mengalahkan Mohamed Salah dan Ruud van Nistelrooy (keduanya 44 gol). Harry Kane adalah satu-satunya pemain Liga Premier yang menyelesaikan musim dengan selisih 16 gol dari pemain City dan hanya kapten Inggris yang melampaui jumlah gol Haaland untuk tahun kalender 2022, meskipun yang terakhir tidak bermain sampai Agustus.

Catatan hat-trick Haaland menceritakan sebagian besar kisah musimnya sendiri. Dia adalah pemain tercepat yang pernah mencapai tiga hat-trick di Premier League, dan juga empat, ketika dia mencetak tiga gol ke gawang Manchester United dalam penampilan kedelapannya di liga. Dia hanya membutuhkan lima pertandingan liga untuk menjadi pemain keenam di Premier League yang mencetak tiga gol dalam penampilan beruntun, sementara dia juga menjadi pemain pertama dalam sejarah divisi ini yang berhasil mencetak treble dalam tiga pertandingan kandang secara beruntun. Dia telah membawa pulang bola pertandingan sebanyak empat kali di Premier League, melampaui rekor Frank Lampard, Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain terbaik Inggris lainnya. Terakhir, gol ke gawang Leipzig berarti ia bergabung dengan Messi sebagai satu-satunya pemain yang mencetak hat-trick di babak pertama Liga Champions.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here