Musim Panas Depan, Barcelona Siap Bajak César Azpilicueta

0
49

Debatbola.com – Meski winter transfer masih belum dibuka, Barcelona sudah bersiap mendatangkan rekrutan anyar mereka di musim panas. Salah satu pemain yang masuk target mereka adalah kapten sekaligus salah satu bek andalan Chelsea, César Azpilicueta. Barcelona bahkan dikabarkan siap membajak kapten Chelsea itu manakala summer transfer dibuka.

Jadi Bagian Penting Evolusi Pertahanan Chelsea

Kala masih ditangani Frank Lampard, Chelsea seakan menjadi tim dengan segudang masalah lini belakang yang tak pernah teratasi. Kini, di bawah arahan Thomas Tuchel, Chelsea menjadi tim yang hampir tak punya celah di sektor belakangnya. Padahal, komposisi pemain yang dipakai Tuchel masih sama dengan komposisi yang dipakai Lampard.

Entah bagaimana, Tuchel mampu mempersatukan para defender Chelsea yang punya beberapa minus selama masih dilatih Lampard. Di bawah arahannya pula, para defender Chelsea itu bisa membentuk lini bertahan yang solid sekaligus kokoh. Salah satu pemain yang membuat pertahanan The Blues makin kokoh adalah César Azpilicueta.

Sejatinya, Azpilicueta bukanlah seorang pemain yang berposisi sebagai bek tengah, tetapi dalam skema Tuchel, Azpilicueta bisa berperan sangat baik di posisi tersebut. Azpilicueta mampu memimpin lini depan Chelsea yang begitu kokoh. Meski di umur yang sudah tak muda lagi, Azpilicueta masih tetap menunjukkan performa terbaiknya.

Menunggu Azpilicueta Jadi Free Agent

Sayangnya, Azpilicueta akhir-akhir ini santer diberitakan bakal meninggalkan Chelsea karena kontraknya yang hampir tuntas bareng klub London Barat. Azpilicueta termasuk salah satu dari tiga bek yang terancam tinggalkan Stamford Bridge karena kontrak yang hampir usai. Musim panas depan, kontrak Azpilicueta akan selesai, dan ia bisa saja jadi pemain free agent.

Momen Azpilicueta menjadi pemain free agent inilah yang dinanti-nanti sejumlah klub elit Eropa, termasuk raksasa Negeri Matador, Barcelona. Barcelona sampai saat ini diketahui masih mencari tambahan bek baru. Mereka pun mengincar beberapa nama, termasuk tiga pemain Chelsea yang salah satunya tak lain adalah Azpilicueta.

Terhitung, Barcelona saat ini sudah memiliki enam pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Tetapi klub yang kini berada di bawah asuhan Xavi belum puas dan ingin menambah amunisi. Mereka pun menilai Azpilicueta adalah target yang potensial, terlepas dari usia defender asal Spanyol yang sudah tidak muda.

Sosok Azpilicueta yang bakal segera menjadi free agent player juga termasuk kriteria pemain yang dicari Barcelona. Jika Azpilicueta menjadi pemain free agent, praktis Azulgrana tak perlu mengeluarkan dana sama sekali untuk menggaetnya. Kesempatan mendapatkan sang pemain secara gratis inilah yang sedang dicari-cari Barcelona.

Fokus Barcelona, Penyerang Atau Defender?

Dengan kondisi finansial yang sedang kritis, Barcelona memang sedang mengumpulkan para pemain berbanderol murah, bahkan sampai para pemain yang tak berbanderol alias gratis. Defender memang menjadi salah satu sektor yang ingin diperbaiki, tetapi Xavi nampaknya bakal lebih fokus mendapatkan penyerang anyar ketimbang bek anyar.

Raksasa asal Catalan kini punya beberapa opsi striker, tapi tak ada yang menjamin bahwa musim depan, semua striker itu masih akan tetap berkostum Barcelona. Sergio Agüero dipastikan bakal pensiun. Sementara Luuk de Jong dan Memphis Depay kompak diisukan bakal meninggalkan Camp Nou untuk berlabuh menuju klub lain.

Apapun target Barcelona nanti, satu hal yang pasti adalah mereka sampai saat ini terus memantau situasi Azpilicueta. Jika sang pemain positif tak perpanjang kontrak, maka saat itulah Barcelona bakal bergerak. Namun, jika sang pemain positif dapat perpanjangan masa bakti, maka Barcelona mungkin akan beralih fokus mencari penyerang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here