Musim Campur Aduk Bale di Spurs Bisa Untungkan Timnas Wales

0
134
Sumber : Bola.okezone.com

Debatbola.com – Di periode ke-2 nya bersama Tottenham Hotspur, Gareth Bale menjalani karir yang campur aduk. Ia terbilang jarang bermain di masa kepelatihan José Mourinho, tetapi menjadi andalan di bawah asuhan pelatih interim Ryan Mason. Namun, musim yang campur aduk ini dinilai bakal menguntungkan Wales di Euro 2020 mendatang.

Campur Aduk Musim Gareth Bale

Selepas memburuknya hubungan dengan Real Madrid, Gareth Bale akhirnya memutuskan untuk hengkang dan pulang ke rumah lamanya Tottenham Hotspur. Kedatangan Bale awalnya disambut antusias oleh para penggemar. Namun nyatanya, penyerang asal Wales justru jarang dimainkan oleh pelatih Spurs José Mourinho yang sudah dipecat beberapa waktu lalu.

Musim 2020/2021 pun akhirnya menjadi musim yang campur aduk bagi Bale. Pasalnya, selepas kepergian Mourinho, Bale justru terlihat seperti bangkit lagi. Bersama pelatih interim Ryan Mason, Bale telah mencetak enam gol di tujuh laga terakhir bareng Spurs. Ia pun sukses mengantar Spurs memasuki zona UEFA Conference League.

Keuntungan Untuk Wales

Sekilas, dengan situasi yang campur aduk, musim 2020/2021 mungkin menjadi musim yang tak begitu bagus buat Bale. Tetapi musim yang demikian disebut akan memberikan keuntungan bagi timnas Wales di turnamen Euro 2020 mendatang. Setidaknya itu yang disampaikan oleh mantan punggawa timnas Wales, Mark Hughes.

Hughes menilai minimnya kesempatan bermain dan naik turunnya performa Bale bersama klub bisa sangat menguntungkan Wales. Pasalnya, dengan jarangnya Bale bermain di Spurs, maka ia pun bisa lebih siap menghadapi Euro 2020. Sementara pemain lain mungkin akan tampil di turnamen yang sama dengan kondisi tidak bugar sepenuhnya.

“Menurut saya, Gareth memang baru kemarin mendapat lebih banyak kepercayaan untuk benar-benar bermain. Tapi hal itu mungkin akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Wales karena dia mungkin akan tampil dengan kebugaran yang dia perlukan.” Kata Hughes kepada Sky Sport News.

“Banyak pemain papan atas mengakhiri musim ini, dan hanya bermain 50 atau 60 persen dari permainan terbaiknya, tapi Gareth tidak demikian. Kami (Wales) membutuhkan Bale untuk bermain tetap di level tertinggi permainannya. Lalu dia akan membuktikan bahwa dia bisa menjadi aset yang berharga untuk kami.”

“Saya sedikit khawatir mengenai kondisi beberapa pemain senior seperti Ben Davies yang mengalami permasalahan cedera saat ini. Joe Allen juga begitu, dia adalah orang yang ikut terlibat di edisi (Euro) sebelumnya di mana Wales tampil sangat baik. Jadi jelas, anda pasti ingin pemain-pemain senior anda bugar.”

“Kami tidak memiliki kedalaman skuad seperti yang dimiliki Inggris atau negara-negara papan atas lainnya. Anda pasti ingin pemain-pemain papan atas bermain bagus untuk menginspirasi para pemain lain. Jadi kami ingin Bale dan pemain-pemain yang sudah saya sebutkan tadi menampilkan permainan terbaiknya.”

Ingin Ulang Kesuksesan di Euro 2016

Timnas Wales sendiri bakal tergabung di Grup A Euro 2020 mendatang, bersama negara-negara kuat lainnya seperti Swiss, Turki dan Italia. Hughes paham bahwa negaranya bakal menghadapi lawan-lawan sulit. Tapi ia punya keinginan The Dragons bisa terbang tinggi lagi, seperti pada Euro 2016 kemarin di mana mereka sukses mencapai fase perempat final turnamen.

“Kuncinya adalah pertandingan pertama melawan Swiss, dan kami harus meraih hasil positif di pertandingan itu. Jika kami tergelincir, maka kesulitan kami akan bertambah besar. Kemudian, akan sulit bagi kami untuk mengembalikan kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengejar dua negara lainnya (Turki dan Italia).”

“Jika kami bisa melaju ke fase gugur, siapa yang tahu apa yang nanti akan terjadi. Orang-orang Wales punya kenangan luar biasa mengenai apa yang kami lakukan di edisi lalu. Jadi jika kami bisa melakukannya lagi, saya pikir itu akan luar biasa. Mayoritas orang Wales tahu peluang kami, tapi itu bukan berarti kami tak bisa mengulang kesuksesan edisi lalu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here