Mulai Memudar, Posisi David De Gea Terancam Di Timnas Spanyol

0
382
Mulai Memudar, Posisi David De Gea Terancam Di Timnas Spanyol

Debatbola.com – David De Gea saat ini mengalami salah satu musim terburuknya. Timnya, Manchester United gagal meraih satu pun gelar yang sudah diikutinya. Terakhir, trofi Liga Europa tidak mampu tim tersebut dapatkan.

Padahal tim yang dijuluki Setan Merah itu sudah melangkah hingga partai pamungkas. Pada partai final yang dimainkan di Stadion Energa, markas Lechia Gdansk, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer takluk lewat adu penalti.

Manchester United, Dibawah Bayang-Bayang Dean Henderson

Posisi David De Gea di kubu Manchester United pun mulai tertekan. Hal itu terjadi sejak penjaga gawang muda tim, Dean Henderson masuk ke tim senior. Sebelumnya, kiper asal Inggris tersebut mengalami masa peminjaman Sheffield United pada awal musim 2019/2020 lalu.

Dean Henderson yang tampil dibawah asuhan Chris Wilder tampil menggila dan membawa timnya yang baru promosi finish di posisi kesembilan. Kiper berusia 24 tahun tersebut pun akhirnya ditarik kembali ke Manchester United setelah lewat masa peminjaman.

Musim ini memang, David De Gea masih memiliki catatan bermain lebih banyak daripada Dean Henderson. Akan tetapi perlahan-lahan kualitas dari penjaga gawang asal Spanyol itu mulai meredup. Usia yang sudah menginjak kepala tiga kemungkinan besar menjadi alasan utama.

Bahkan di partai final Liga Europa, David De Gea yang tampil sebagai starter tidak mampu tampil dengan impresif. Penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut tidak mampu menunaikan tugasnya sebagai algojo penalti. Tendangannya berhasil dihalau oleh kiper Villarreal, Geronimo Rulli.

Timnas Spanyol, Di Bawah Bayang-Bayang Unai Simon

Lain di klub lain juga di timnas tetapi satu hal yang sama, nasib sang kiper. David De Gea yang selama ini menjadi orang nomor satu di bawah mistar gawang timnas Spanyol berpotensi besar kehilangan tempatnya.

Lagi-lagi seorang kiper muda melancarkan ancaman seriusnya kepada mantan kiper Atletico Madrid tersebut. Adalah Unai Simon, kiper muda yang merumput bersama Athletic Bilbao lah yang menjadi ancaman tersebut.

Penjaga gawang berusia 23 tahun tersebut menjadi andalan Marcelino, pelatih tim yang berjuluk Les Leones itu. Selama musim ini, Unai Simon telah memainkan 43 pertandingan dalam semua ajang kompetisi.

Sementara itu dalam tugasnya di timnas Spanyol, sang penjaga gawang selalu dipanggil oleh sang juru taktik, Luis Enrique. Bahkan dalam gelaran World Cup Qualification pada bulan Maret silam, penjaga gawang kelahiran Vitoria-Gasteiz ini selalu menjadi starter.

Dalam tiga pertandingan internasional yakni saat melawan timnas Yunani, Georgia dan Kosovo, dirinya selalu tampil 90 menit penuh. Sementara itu David De Gea hanya menjadi bertindak sebagai penghangat di bangku cadangan.

Sebelumnya pada gelaran UEFA Nations League yang juga diikuti tim La Furia Roja, Luis Enrique sudah tidak memainkan De Gea. Gelaran tersebut dilaksanakan pada pertengahan bulan November tahun 2020 silam.

Kemungkinan Besar Tidak Dimainkan

Dengan melihat sejarah pertandingan timnas Spanyol sejak tahun lalu, David De Gea kemungkinan besar tidak akan diturunkan. Tampaknya Luis Enrique lebih mempercayakan tugas penjaga gawang kepada kiper mudanya, Unai Simon.

Performanya di klubnya, Athletic Bilbao juga bisa dibilang sangat penting. Selalu menjadi starter dari semua turnamen yang dimainkan klubnya menjadi salah satu alasan utama mantan pelatih Barcelona tersebut.

Namun mampukah Unai Simon yang menggantikan David De Gea tetap menjalankan tradisi juara timnas Spanyol? Sepeninggal kiper legendaris Iker Casillas memang tim ini sudah tidak pernah merasakan gelar juara lagi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here