Mourinho Nilai VAR Buruk untuk Sepakbola

Debatbola.com – Tottenham Hotspur gagal mendulang poin penuh saat menghadapi Sheffield United pada pekan ke-32 Premier League 2019/20. Spurs takluk dengan skor 3-1 pada laga yang berlangsung di Bramall Lane. 

Kontroversi mewarnai laga ini. Saat tertinggal 1-0, Spurs sempat menyamakan kedudukan lewat gol Harry Kane, namun dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR). 

Manajer Spurs, Jose Mourinho, menyesalkan keputusan tersebut. Menurutnya VAR telah merusak keindahan sepakbola.

“Aku tak bisa mengatakan apa yang aku rasakan. Tapi ini bukan lagi soal wasit. Orang yang ada di lapangan kini cuma asisten wasit, tuan dan nona yang memegang bendera sekarang adalah asisten dari para asisten wasit,” ujar Mourinho usai pertandingan.

“Harusnya wasit itu orang yang ada di lapangan. Aku rasa kita sedang berada di jalur yang telah membuat permainan ini menjadi buruk, padahal ini permainan yang indah.”

Meski begitu, Mourinho menilai bahwa kini setiap tim harus mulai terbiasa merespons hal seperti itu. Walau tetap ia kecewa dengan kekalahan yang diterima anak asuhnya.

“Kami harus tampil lebih baik. Kami harus lebih kuat secara mental untuk menghadapi apa yang terjadi di pertandingan. Kami tidak boleh kalah secara mental oleh keputusan Michael Oliver (wasit). Aku rasa tim telah bermain baik pada babak pertama.”

“Aku rasa aku sekarang lebih mengenal profil para pemainku. Aku tahu itu sulit, di babak kedua kami menguasai bola tapi kami tidak bisa menciptakan peluang untuk mengubah permainan. Kami bermain dengan tim yang sangat ofensif ditambah adanya Gio [Lo Celso] dan Moussa [Sissoko] di lini tengah. Kami harus menciptakan lebih banyak peluang dari yang sudah kami lakukan. Aku harus akui kalau aku kecewa.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here