Minim Kiper Berkualitas, Maarten Stekelenburg Dipanggil Timnas Belanda

0
433
Sumber : voetbalprimeur.nl

Debatbola.com – Frank De Boer telah merilis deretan nama pemain yang dibawanya untuk mengarungi kompetisi Piala Euro 2020. Total ada 26 nama pemain yang ditunjuk untuk memperkuat skuat timnas Belanda pada gelaran bulan Juni nanti.

Van Der Sar, Raja Terakhir?

Timnas Belanda untuk urusan penjaga gawang memang sangat kerepotan, terlebih selepas pensiunnya kiper legendaris Van Der Sar. Kini tidak ada pemain yang berposisi kiper yang bisa setara atau bahkan mengungguli kualitasnya.

Van Der Sar selalu menampilkan performa terbaiknya sebagai orang yang paling bertanggung jawab di bawah mistar gawang timnya. Dirinya meraih masa keemasan dua kali, yakni saat membela Ajax dan Manchester United.

Bersama Ajax Amsterdam pada periode 1990 hingga 1999, kiper bertinggi badan hampir dua meter itu meraih trofi Liga Champions pertamanya. Musim 1994/1995 bersama Patrick Kluivert, Frank Rijkaard dan pelatih Belanda sekarang, Frank De Boer mereka menaklukkan Eropa.

Di fase final Liga Champions, Ajax Amsterdam bertemu dengan lawan kuat, AC Milan. Tim pun susah payah melakoni laga tersebut. Berkat satu gol dari Patrick Kluivert lah akhirnya tim yang berjuluk De Godenzonen menjadi jawara.

De Godenzonen hampir saja meraih gelar treble winner pada masa itu. Dimana gelar Eredivisie telah diraih oleh mereka. Akan tetapi sayang gelar juara Piala Belanda gagal diraih oleh tim asal ibukota Belanda ini. Gelar itu malah jatuh kepada Feyenoord Rotterdam.

Sumber : Pinterest

Van Der Sar pun mengulangi raihan yang sama kala membela Manchester United di musim 2007/2008. Pada musim itu, tim yang berjuluk Setan Merah itu memainkan laga ‘All English Final’ melawan The Blues Chelsea.

Skor 1-1 yang bertahan hingga babak perpanjangan waktu membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Kiper asal Belanda itulah yang menjadi penyelamat timnya usai mementahkan tendangan penalti Nicolas Anelka.

Manchester United juga hampir saja meraih gelar treble winner di musim itu. Namun gelar FA Cup malah diraih oleh Portsmouth. Mereka berhasil mengalahkan Cardiff City di babak final yang diselenggarakan di Wembley Stadium.

Kiper Saat Ini

Maarten Stekelenburg menjadi suksesor Van Der Sar seusai kiper bertinggi badan 199 cm tersebut gantung sepatu. Prestasi terbesarnya adalah membawa tim Oranje hingga ke babak final Piala Dunia 2010.

Akan tetapi timnas Spanyol yang waktu itu diperkuat oleh tim bertabur bintangnya lebih digdaya mengatasi timnas Belanda. Tim Oranje dikalahkan dengan pertandingan 90 menit penuh dengan skor tipis 1-0.

Selepas itu ketika performa Maarten Stekelenburg makin meredup, Jasper Cillessen mengambil alih. Hingga saat ini mantan penjaga gawang Barcelona itu tetap menjadi orang nomor satu di bawah mistar gawang timnas Belanda.

Sumber : bleacherreport.com

Maarten Stekelenburg Dipanggil Kembali

Usai gelaran Piala Dunia 2014, Maarten Stekelenburg tak pernah dipanggil lagi oleh skuat timnas Belanda. Namun kini lantaran minimnya kiper berkualitas, tim yang diarsiteki Frank De Boer itu akhirnya memanggil kembali sang kiper.

Menariknya, Maarten Stekelenburg kini berusia 38 tahun dan menjadi kiper ketiga tim Oranje. Di klubnya sendiri, Ajax Amsterdam, dirinya menjadi kiper andalan tim yang berjuluk De Godenzonen itu akibat Andre Onana terjerat kasus.

Tim Krul yang hanya bermain di Divisi Championship juga dipanggil dan diposisikan menjadi kiper kedua. Namanya ada di belakang pemain Valencia, Jasper Cillessen yang menjadi penjaga gawang nomor satu timnas Oranje.

Sementara itu dulunya Jasper Cillessen hanyalah penjaga gawang nomor dua di Barcelona. Dirinya tak mampu mengambil alih posisi utama yang selalu dimainkan oleh Ter Stegen yang justru menjadi kiper kedua Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here