Messi vs Pelé: Siapa yang Lebih Baik?

0
280

Debatbola.com – Di era sepakbola modern seperti sekarang, Lionel Messi mungkin bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Namun, jauh sebelum Messi, ada sejumlah bintang yang juga layak disebut sebagai pemain terbaik dunia, dan salah satunya Pelé. Nama Pelé bahkan masih diakui sebagai salah satu pesepakbola terhebat dunia sampai saat ini.

Sebagai salah satu pemain terbaik era modern, nama Messi kerap kali disanding-sandingkan dengan Pelé. Banyak orang yang berdebat mengenai siapa yang terbaik, Messi ataukah Pelé. Karenanya, guna menjawab perdebatan mengenai siapa yang terbaik, berikut adalah sedikit perbandingan antara sosok Messi dan Pelé.

Kekuatan dan Ciri Khas Permainan

Aktif bermain pada era 1950-an hingga 1970-an dimana sepakbola masih menjadi olahraga yang keras, Pelé pun tumbuh sebagai pemain tangguh. Kekuatan fisik yang luar biasa membuat Pelé dikenal sebagai striker yang tangguh dalam berbagai situasi duel. Pelé juga dikenal memiliki dribble dan akurasi tembakan yang luar biasa.

Adapun Messi, dengan postur terbilang mungil, kecepatan adalah senjata utama bintang asal Argentina tersebut. Saking cepat dan lincahnya Messi, ia sampai mendapat julukan ‘La Pulga’ atau ‘Si Kutu’. Messi juga dikenal memiliki akurasi luar biasa sehingga membuatnya begitu ditakuti dalam situasi bola-bola mati.

Statistik Gol

Jika berbicara mengenai statistik karir, terutama dalam hal mencetak gol Pelé hendaknya tak perlu diragukan lagi. Legenda asal Brazil yang telah memenangkan tiga trofi Piala Dunia tercatat memiliki koleksi 727 gol di semua kompetisi. Beberapa waktu lalu, Santos, mantan klub Pelé, bahkan mengklaim bahwa Pelé sudah mencetak total 1.091 gol bersama mereka.

Sementara itu, Messi yang sampai saat ini masih aktif bermain, berada sedikit di depan Pelé. Pada 23 Desember kemarin, Messi melampaui rekor Pelé sebagai pencetak gol terbanyak untuk satu klub dengan koleksi 644 gol untuk Barcelona. Menurut laman Transfermarkt, Messi tercatat memiliki 757 gol, bersama Barca dan timnas Argentina.

Koleksi Gelar Juara dan Penghargaan

Dalam hal gelar juara dan penghargaan, nama Messi dan Pelé juga lagi-lagi tak boleh diremehkan karena keduanya punya koleksi trofi yang tak terhingga. Namun dalam hal gelar juara, Pelé boleh dibilang lebih unggul daripada Messi. Pasalnya selama berkarir, Pelé sudah memenangkan tiga gelar Piala Dunia, sedangkan Messi belum pernah sama sekali.

Selama berkarir, Pelé membantu Santos menjuarai Campeonato Brasileiro Série A enam kali, serta meraih masing-masing dua trofi Libertadores dan Intercontinental. Pelé juga pernah menjuarai NASL Soccer Bowl bersama New York Cosmos. Selain itu, Pelé juga memiliki sejumlah gelar individu yang terlalu panjang jika disebut satu persatu.

Sementara Messi, memang tak memiliki karir internasional segemilang Pelé, tetapi Messi punya deretan trofi bersama Barcelona. Sepanjang karirnya, Messi telah meraih sepuluh titel La Liga, empat gelar Liga Champions dan tiga gelar Piala Dunia Antarklub. Ia juga memiliki beragam gelar individu, termasuk Ballon d’Or yang ia menangkan enam kali.

Kesimpulan

Dari sumber statistik Wahana888 yang telah disebutkan di atas, mulai dari gaya bermain, catatan gol, hingga gelar juara, Pelé mungkin sedikit lebih unggul dibanding Messi. Tapi tentu, setiap orang termasuk Messi dan Pelé punya kekuatan dan kelemahan tersendiri. Pelé mungkin hebat di level internasional, tapi di level klub, trofi Messi nyatanya masih lebih banyak.

Perdebatan mengenai siapa yang terbaik antara Messi dan Pelé juga sepertinya akan menjadi perdebatan yang percuma karena keduanya bermain di era yang berbeda. Pelé adalah jagoan era klasik, sementara Messi adalah jagoan era modern. Lalu, bagaimana menurut anda? Siapa yang terbaik, Messi, atau Pelé?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here