Debatbola.com – Lionel Messi kini sudah berusia 32 tahun. Kontraknya di Barcelona akan berakhir di pengujung musim 2020/21. Tapi ternyata, sebenarnya, Messi bisa meninggalkan Barcelona kapan saja terhitung mulai musim panas 2020 mendatang.

Hal itu dikonfirmasi oleh Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Kesepakatan atas klausul itu berlaku ketika Messi memperpanjang kontraknya pada 2017 silam. Tapi Bartomeu tak khawatir akan situasi ini karena Barca memang sudah melakukannya pada legenda-legenda Barca yang lain.

“Messi punya kontrak yang ditandatangani dua tahun yang lalu (2017) dan itu berdurasi untuk empat tahun. Sebelum musim terakhirnya, 2020-21, dia boleh meninggalkan Barcelona, entah itu untuk pensiun atau bermain di mana saja,” kata Bartomeu pada laman resmi Barcelona.

“[Andres] Iniesta, Xavi [Hernandez], dan [Carles] Puyol juga punya klausul yang sama. Buat pemain seperti mereka, juga Leo Messi, kami tak pernah khawatir (kehilangan). Aku ragu dia [Messi] ingin bermain untuk klub lain, tapi dia punya kebebasan atas masa depannya. Dia seorang fans berat Barca dan aku yakin dia akan terus bermain sampai 2021 juga kami harap untuk tahun-tahun berikutnya,” sambung Bartomeu.

Bek Barcelona, Gerard Pique, juga berada di posisi yang sama dengan Bartomeu. Ia tidak khawatir atas adanya klausul tersebut.

“Itu sesuatu yang sudah aku ketahui,” ujar Pique pada Cadena SER. “Kami tahu komitmen Leo pada Barca seperti apa dan aku tidak terlalu mengkhawatirkannya. Dia memang layak untuk mendapatkan keleluasaan untuk menentukan masa depannya.”

Apa yang dikatakan Pique dan Bartomeu boleh jadi benar jika melihat karier Puyol, Iniesta, dan Xavi. Puyol mengabdi untuk Barca hingga akhir kontraknya. Sementara Iniesta dan Xavi, meski pindah ke klub lain setelah kontraknya habis, mereka membela kesebelasan yang tidak secara langsung bersaing.

Iniesta hijrah ke Jepang membela Vissel Kobe sementara Xavi membela klub Qatar, Al Sadd. Kemungkinan besar Messi akan membela klub masa kecilnya, Newell’s Old Boys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here