Meskipun Klubnya Terdegradasi, Pemain Ini Masih Sangat Layak di Liga 1

0
49

Debatbola.com – BRI Liga 1 musim lalu berakhir pada bulan Maret tahun ini. Dari serangkaian pertandingan yang dilakoni, ada 3 klub yang rela harus turun kasta ke Liga 2 karena terdegradasi. Klub tersebut adalah Persipura, Persela, dan Persiraja. Namun dari ketiga klub tersebut ada beberapa pemain yang paling layak tetap bermain di BRI Liga 1, diantaranya :

Yohanes Pahabol

Nama Yohanes Pahabol mungkin sering terdengar di telinga pencinta sepak bola khususnya Indonesia. Pasalnya pemain ini bisa dibilang populer dan cukup senior di kancah liga Indonesia. Kini Yohanes Pahabol berusia 30 tahun lebih. Dengan usianya yang bisa dibilang matang, Yohanes Pahabol mampu memberikan kontribusi maksimal kepada tim yang dibelanya, hanya saja sangat disayangkan timnya tidak lolos degradasi.

Liga musim ini memang nampaknya cukup berat dan sulit ditaklukkan oleh Yohanes Pahabol dan rekan timnya. Padahal Yohanes Pahabol bisa memberikan banyak gol dan assist. Dari 31 penampilannya dalam BRI Liga 1, Yohanes Pahabol berhasil mencetak 9 gol dan 5 assist. Tentu ini merupakan salah satu pencapaian yang baik.

Ivan Carlos

Pemain ini merupakan salah satu pemain asing yang harus menanggung pahitnya terdegradasi dari Liga 1 Indonesia. Ivan Carlos merupakan pemain berbakat asal Brasil yang musim lalu membela Persela Lamongan. Pemain ini mencatatkan hasil yang bisa dibilang baik selama mengikuti kompetisi BRI Liga 1. Dari 14 penampilannya, dirinya mampu mencetak 4 gol.

Saat ini Ivan Carlos sudah mengakhiri kebersamaan dengan Persela Lamongan. Apabila dilihat dari performanya pada liga musim lalu, bisa dipastikan banyak tim yang melirik kemampuannya. Sangat disayangkan apabila kemampuan dan pengalaman yang dimiliki Ivan Carlos tidak bisa disalurkan di liga kasta tertinggi Indonesia yaitu di BRI Liga 1.

Malik Risaldi

Sama seperti pemain sebelumnya yaitu Ivan Carlos, Malik Risaldi bermain untuk Persela Lamongan dalam liga musim lalu. Bedanya adalah dari segi kesempatan bermain dan usia. Malik Risaldi memiliki waktu bertanding lebih banyak dibandingkan Ivan Carlos yaitu 32 pertandingan. Namun untuk persentase mencetak gol tentunya lebih banyak Ivan Carlos. Pasalnya Malik Risaldi hanya mampu mencetak 3 gol.

Pemain ini bisa dibilang masih memiliki jalan panjang di dunia sepak bola mengingat usianya baru 25 tahun. Namun dengan turunnya Persela Lamongan ke Liga 2 menjadikan posisi pemain ini sebagai misteri. Entah pemain ini akan diboyong klub lain di Liga 1 atau masih akan tetap membela Persela Lamongan di Liga 2 Indonesia.

Paulo Henrique

Dari namanya saja sudah bisa disimpulkan pemain ini berasal dari luar negeri. Benar saja, pemain ini merupakan penyerang asal Negeri Samba Brasil. Pemain ini muncul di BRI Liga 1 pada musim lalu saat dirinya direkrut Persiraja Banda Aceh dari klub asal Malta yaitu Marsa FC. Meskipun direkrut dengan status bebas transfer, Paulo Henrique bisa bermain dengan mengesankan membela klub asal Aceh ini.

Namun sangat disayangkan, masalah cedera yang dihadapi pemain ini mengharuskan dirinya untuk mengakhiri musim liga lebih cepat. Padahal pemain ini bisa dibilang sangat mampu membela Persiraja Banda Aceh. Buktinya saja dalam 12 laga yang dilakoni, Paulo Henrique mampu mencetak 6 gol. Tentu ini merupakan pencapaian yang menakjubkan untuk pemain debutan dan mengalami masalah cedera.

Gunansar Mandowen

Bisa dibilang pemain ini merupakan harta berharga bagi Tim Nasional Indonesia dan sepak bola tanah air. Pemain berusia 21 tahun ini mampu menunjukkan kualitasnya tatkala diberi kesempatan membela Persipura Jayapura dalam ajang BRI LIga 1 musim lalu. Dengan usia yang masih muda, dirinya mampu memperlihatkan kecepatan dan keakuratan tendangan layaknya pemain senior.

Dalam musim lalu, pemain ini sudah diberi kesempatan membela Persipura Jayapura sebanyak 20 kali. Dari pertandingan tersebut, dirinya berhasil mencetak 2 gol dan 4 assist. Jika dilihat perkembangannya, Gunansar Mandowen masih bisa berkembang dengan pesat mengingat pemain ini masih muda. Bukan tidak mungkin 2 tahun lagi dirinya akan menjadi salah satu pemain terbaik BRi Liga 1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here