Meskipun Bali United Dipastikan Juara, BRI Liga 1 Masih Menarik Untuk Disaksikan Hingga Kompetisi Selesai

0
87

Debatbola.com – BRI Liga 1 musim ini sudah hampir selesai. Bali United sudah dipastikan menjadi juara kompetisi ini. Meskipun juara liga sudah diketahui, bukan berarti sisa laga sudah tidak menarik disaksikan. Pasalnya masih ada persaingan sengit antar klub di sisa laga BRI Liga 1.

Persaingan Sengit Lolos Degradasi

Saat ini terdapat tiga calon tim yang terancam harus turun kasta dari BRI Liga 1 musim depan. Pasalnya masih terdapat tiga tim yang berada di dekat zona degradasi. Tidak hanya itu, jumlah poin dari ketiga tim sangat tipis. Ada Persipura Jayapura dengan 33 poin, Barito Putera dengan 35 poin, dan PSS Sleman dengan 36 poin.

Tiga tim tersebut harus bersaing dengan ketat supaya tidak masuk ke degradasi dan harus turun kasta ke liga 2. Saat ini sudah ada Persiraja dan Persela yang harus turun kasta, menyisakan satu tim lagi untuk ikut menemani di liga 2 Indonesia. Hanya tinggal pilih salah satu dari ketiga tim Persipura Jayapura, Barito Putera, dan PSS Sleman.

Apabila ketiga tim memiliki poin akhir 36, maka sangat dipastikan perhitungan lolos dari degradasi akan semakin rumit. Terlebih ketiga tim memiliki poin sama, head to head saling menang, dan selisih gol tidak begitu banyak. Tercatat PSS Sleman kalah head to head atas Persipura Jayapura. Namun PSS Sleman Unggul dari Barito Putera, padahal Barito Putera Unggul atas Persipura Jayapura.

Perebutan Wakil Asia

Sisa pertandingan BRI Liga 1 juga sangat menarik karena akan memperebutkan tiket sebagai tim yang lolos untuk berlaga di tingkat Asia. Setelah 2 tim lolos yaitu Bali United sebagai juara liga dan Persib Bandung sebagai Runner-up, masih ada satu tiket untuk bermain di ajang Asia. Tiket tersebut akan diperebutkan 3 tim dibawah runner up.

Ketiga tim yang akan bersaing adalah Persebaya Surabaya, Arema FC, dan Bhayangkara FC. Ketiganya merupakan posisi 3,4, dan 5 dalam BRI Liga 1 saat ini. Rincian poin dari ketiga klub tersebut untuk saat ini adalah Persebaya Surabaya (63 poin), Arema FC (62 poin), dan Bhayangkara FC (62 poin).

Namun dari ketiga tim tersebut, Bhayangkara FC nampaknya yang memiliki kesempatan memperoleh tiket Asia tersebut. Pasalnya Bhayangkara FC masih memiliki 2 laga tersisa. Tidak hanya itu, tim berjuluk The Guardians ini juga memiliki catatan juara di paruh musim hingga akhirnya disalip Bali United di musim kedua. Namun bukan tidak mungkin Persebaya atau Arema yang akan merebut tiket Asia.

Perebutan Harga Diri Papan Tengah Klasemen

Persaingan sengit ternyata tidak hanya terjadi di papan atas dan papan bawah zona degradasi. Persaingan papan atas jelas sekali untuk memperebutkan tiket ke ajang yang lebih tinggi. Sedangkan untuk papan bawah adalah lolos dari zona degradasi. Sedangkan untuk papan tengah adalah pertaruhan gengsi dan harga diri.

Papan tengah klasemen saat ini diisi oleh PSIS Semarang, Borneo FC, Madura United, Persija Jakarta, dan Persik Kediri. Dalam kondisi saat ini, Persik Kediri lah yang sangat berambisi menembus sepuluh besar. Klub berjuluk Macan Putih termasuk memiliki keuntungan. Karena lawannya Bali United dipastikan juara Liga 1 musim ini.

Sebelumnya Persik Kediri berhasil menjegal saingan berat Bali United yaitu Persib Bandung dengan skor akhir 0-0. Dengan begitu Bali United bisa menjadi juara lebih cepat karena pesaingnya gagal memenangkan laga. Bukan tidak mungkin Persik Kediri bisa mengalahkan Bali United atau siapa tahu sebagai balas budi, semua bisa terjadi di sepak bola.

Dengan masih adanya persaingan sengit di segala tingkat klasemen, tentunya BRI Liga 1 masih sangat layak disaksikan meskipun sudah tahu siapa yang menjadi juara liga musim ini. Untuk itu sebaiknya para pecinta sepak bola masih mengikuti perkembangan liga satu hingga selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here