Meski Menang, Liverpool Harus Puas Finish di Peringkat Kedua

0
39

Debatbola.com – Liverpool menunjukkan persaingan ketat bagi Manchester City untuk menjuarai titel Liga Premier Inggris. Walaupun berhasil mengunci kemenangan di partai terakhir, kubu The Reds harus menyerahkan titel tersebut kepada sang pesaing.

Pada pertandingan matchday terakhir Liga Premier Inggris musim 2021/2022 Liverpool harus melawan Wolves. Pertarungan antara Liverpool vs Wolves dilaksanakan bertempat di Anfield Stadium pada Minggu (22/5) pukul 22.00 WIB.

Statistik Pertandingan
Menurut statistik pertandingan, Liverpool yang bertindak sebagai tuan rumah mampu tampil lebih menyerang. Kubu berjuluk The Reds tersebut berhasil melepaskan 29 kali serangan menuju pertahanan tim tamu.

Dari total jumlah tersebut terdapat delapan tembakan tepat sasaran yang diarahkan tepat ke gawang José Sá dan John Ruddy. Sedangkan Wolves membalas dengan mengarahkan tujuh serangan ke pertahanan tuan rumah. Mereka sukses menciptakan lima tembakan ke gawang Alisson Becker.

Pada segi penguasaan bola, Liverpool kembali mendominasi jalannya pertarungan. The Reds menguasai bola lewat persentase 63 %. Perolehan itu berbanding 37 % penguasaan bola milik kubu tim tamu, The Wanderers.

Babak Pertama, Skor Sama Kuat
Liverpool pada laga ini tidak hanya membutuhkan kemenangan guna bisa menjuarai Liga Premier Inggris. Namun mereka juga membutuhkan keajaiban agar Manchester City di pertarungan lainnya tergelincir.

Wolves pada laga ini berhasil terlebih dahulu menciptakan gol pada menit ke-2. Gol didapatkan melalui tendangan gawang José Sá yang mampu dikuasai oleh Raul Jimenez. Striker asal Meksiko tersebut mengakhiri pergerakannya di sisi kanan dengan mengirimkan crossing mendatar.

Crossing Raul Jimenez bergerak tepat ke tiang jauh ke posisi Pedro Neto. Striker berkebangsaan Portugal tersebut sukses mengonversi bola menjadi gol. Membuat kedudukan timnya unggul terlebih dahulu dengan skor 0-1.

Luis Diaz, winger Liverpool asal Kolombia nyaris menyeimbangkan kedudukan di menit ke-10. Joel Matip mengirimkan umpan lambung yang langsung mengarah tepat ke wilayah pertahanan Wolves. Sayangnya sang winger gagal mengeksekusi peluang lantaran José Sá sudah menutup ruang tembak.

Wolves kembali menghajar pertahanan tuan rumah dengan melesatkan satu peluang emas. Skema peluang terjadi seperti gol Pedro Neto. Namun kini striker bernomor punggung 7 itu yang bertugas sebagai pengumpan.

Leander Dendoncker menjadi pemain yang dituju oleh sang striker, sayangnya gelandang berpaspor Belgia ini gagal melepaskan tendangan akurat. Bola yang dilesatkannya meleset jauh dari target serangan.

Sadio Mane akhirnya bisa menyeimbangkan kedudukan pada menit ke-24 memanfaatkan umpan ciamik Thiago Alcantara. Tanpa mendapatkan kawalan berarti dari bek Wolves, winger timnas Senegal tersebut sukses menciptakan gol. Skor 1-1 pun menyudahi perlawanan babak awal.

Babak Kedua, Liverpool Comeback
Kembali bertarung di babak kedua, Liverpool melanjutkan permainan menyerangnya. Sadio Mane berhasil merobek gawang John Ruddy yang bertugas sebagai penjaga gawang menggantikan José Sá. Namun wasit harus menganulir golnya karena sang winger sudah terjebak offside.

Butuh waktu hingga menit ke-84 baru gol kembali terjadi. Melalui umpan corner kick Trent Alexander-Arnold, Mohamed Salah bisa menyelesaikan peluang yang hadir. Setelah sebelumnya sempat terjadi kemelut.

Awalnya tendangan Trent Alexander-Arnold mampu disundul dengan keras oleh Joel Matip dan diarahkan ke gawang. Namun Raul Jimenez bisa menahannya menggunakan dada, kemudian bola terpantul mengarah ke Joel Matip kembali dan diteruskan kepada Mohamed Salah.

Menit ke-89 Liverpool berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1. Kerja sama apik antara Roberto Firmino dan Andrew Robertson di sisi kiri mampu menjebol gawang John Ruddy. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Tetapi The Reds gagal menjadi juara Liga Premier Inggris karena pada laga lainnya, Manchester City berhasil menaklukkan Aston Villa. Maka pasukan Jurgen Klopp pun hanya mengakhiri musim sebagai runner up.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here