Menyambut Musim Baru, PSM Makassar Ganti Pelatih

0
71

Debatbola.com – Liga 1 Indonesia kini sudah berakhir dan mengharuskan para klub di Liga tersebut melakukan evaluasi selama menjalani musim ini. PSM sendiri merencanakan perombakan besar-besaran pada klubnya agar bisa menjalani musim depan dengan lebih baik. Kabarnya bukan hanya barisan skuad yang akan dirombak, barisan kepelatihan juga akan mengalami hal yang sama.

Memasuki bursa transfer, pihak PSM mengumumkan keluarnya Joop Gall selaku pelatih beberapa waktu lalu. Pelatih asal Belanda tersebut resmi keluar setelah berhasil menyelamatkan PSM Makassar dari degradasi. Kabarnya pihak klub kini tengah mempersiapkan pengganti pelatih berusia 58 tahun tersebut yang akan menjabat di musim depan.

Joop Gall Diganti

PSM Makassar baru-baru ini menyatakan jika pihaknya akan merombak skuad sebesar 80% dari keseluruhan komponen klub. Berdasarkan hal tersebut, PSM hanya akan mempertahankan 20% saja bagian dari klub di musim ini bisa berpartisipasi di musim depan. Kursi kepelatihan juga ikut terdampak dari keputusan manajemen klub tersebut.

Pihak klub sudah mengklarifikasi jika Joop Gall yang menjabat sebagai pelatih saat ini akan resmi diganti. Hal tersebut dilakukan agar bisa melakoni musim depan dengan lebih baik lagi dibandingkan musim lalu. Belum lagi PSM Makassar juga akan berpartisipasi dalam kompetisi AFC Cup tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada Juni nanti.

Musim ini, PSM cukup tertatih-tatih dan bahkan nyaris berada di zona merah klasemen yang mengharuskan klub tersebut berjuang keras hingga akhir. PSM bahkan hanya mampu finish di posisi 14 klasemen dengan hanya mendapat 38 poin sepanjang musim. Bahkan PSM hanya berjarak 2 poin dengan Persipura yang menjadi tim terakhir yang harus terdegradasi.

Demi bisa memperoleh hasil yang lebih baik di musim depan sekaligus sebagai persiapan AFC Cup, PSM memutuskan mengganti kursi pelatih. Joop Gall resmi dilepas dan pihak klub akan mencari penggantinya secepatnya. Beberapa nama sudah dikaitkan dengan PSM namun belum ada kabar pasti.

Telah Siapkan Pengganti

Baru-baru ini, Munafri Arifuddin selaku direktur PSM memberikan pernyataan terkait pelatih pengganti Joop Gall di klubnya. Menurut Munafri, siapa saja bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bisa melatih PSM. Namun klub tersebut tengah mengkaji nama-nama yang masuk dan melihat kemungkinan untuk bisa merekrut.

Satu hal yang bisa dipastikan oleh sang direktur yaitu jika pelatih PSM di musim depan baik di AFC Cup dan Liga 1 merupakan pelatih asing. Kabarnya, pelatih yang dimaksud tersebut kini masih belum berada di Indonesia. Kini pihak klub tengah berusaha melakukan finishing pada kontrak pelatih baru tersebut.

Kabarnya, pihak PSM Makassar tengah mengusahakan pelatih baru klub tersebut bisa ditentukan kepastiannya di minggu depan. Setelah semuanya selesai, pihak klub akan segera mengenalkan pelatih pengganti Joop Gall itu pada publik. Selanjutnya pihak PSM akan segera mencari asisten pelatih baru karena ada pelatih yang hanya mau dengan asistennya saja dan ada yang tidak.

Pelatih pengganti Joop Gall di musim depan dipastikan akan memiliki tugas yang cukup berat terutama untuk melakoni AFC Cup 2022. Pasalnya musim ini penampilan PSM cukup buruk dan harus melakukan perbaikan jika bisa survive di kompetisi besar tersebut. Belum lagi lawan yang dihadapi PSM di AFC Cup pasti lebih kuat dibandingkan klub-klub Liga Indonesia.

Bukan Salah Joop Gall

Berdasarkan evaluasi, pencapaian PSM Makassar musim ini cukup minus karena hanya mampu finish di posisi 14 saja. Padahal sebelumnya klub tersebut berhasil masuk semifinal Piala Menpora tahun 2021. Seharusnya dengan tambahan amunisi asing di musim ini, klub tersebut setidaknya bisa masuk ke papan tengah meskipun tidak meraih juara.

Menurunnya performa PSM Makassar rupanya bukan sepenuhnya salah Joop Gaal yang baru menjabat di putaran kedua musim ini. Menurut Assegaf Razak selaku pengamat, penyebab utama keterpurukan PSM yaitu kesalahan dalam perekrutan pemain serta minimnya persiapan. Belum lagi materi pemain yang dimiliki PSM bukanlah pilihan Joop Gall yang baru menjabat di tengah musim.

Joop Gall memang juga membawa beberapa pemain saat kedatangannya, namun performa para pemain tersebut tidak lebih baik dari sebelumnya. Kabarnya, PSM juga memiliki masalah internal yang berimbas pada buruknya performa klub. Assegaf juga menambahkan jika kini PSM Makassar membutuhkan Direktur Teknik untuk bisa membantu kinerja dari pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here